KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA 19 DESEMBER

CGTREND: Bulan Desember adalah bulan untuk bela negara secara Nasional. Karena pada bulan ini merupakan peristiwa membela negeri sebagaimana catatan sejarah kemerdekaan Indonesia sebagai hari bela negara Indonesia. Hari Bela Negara Indonesia diperingati setiap tanggal 19 Desember. Peringatan 19 Desember adalah momentum sejarah memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatra Barat pada tanggal 19 Desember 1948. Melalui Keppres Nomor 28 tahun 2006 tentang Hari Bela Negara Nasional. Tanggal ini dipilih sebagai Hari Bela Negara atau disingkat HBN dengan latar belakang peristiwa sejarah ketika tanggal 19 Desember 1948, Belanda melancarkan Agresi Militer ke II dengan mengumumkan tidak adanya lagi Negara Indonesia. Ketika itu, Presiden RI Ir. Soekarno memberikan mandat penuh kepada Mr. Syafrudin Prawinegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Padang, Sumatera Barat, guna menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.


Menurut para ahli di Indonesia, mengatakan bahwa pengertian Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.


Hari ini dijadikan sebagai momentum sejarah dalam catatan Nasional dan ditetapkan sebagai Hari Belanegara. Peringatan Hari Bela Negara adalah bukan hari libur yang ditetapkan resmi melalui Keputusan Presiden Republik Nomor 28 tahun 2006, dari latar belakang tersebut kemudian menjadi tradisi perayaan diperingati pada tanggal 19 Desember setiap tahunnya di Indonesia.


Indonesia memperingati Hari Bela Negara yang jatuh pada tanggal 19 Desember telah memasuki ke 71 tahun dalam perjalanan sejarah 19 Desember 1948 - 19 Desember 2019.


Karena hari ini, Rakyat Indonesia memperingati Hari Bela Negara 19 Desember 2019, tentu menjadi hari penting Nasional dalam merefleksi dalam mengenang kepahlawanan, perjuangan dan menghormati para pahlawan dan pejuang dalam membela kemerdekaan Indonesia sebagai aksi atau gerakan bela bangsa juga keutuhan NKRI dengan tujuan menginspirasi diri sendiri termasuk memaknai nilai-nilai dan bentuk upaya pembelaan negara masa kini.


Pada umumnya menyambut Peringatan Hari Bela Negara yang jatuh 19 Desember, beberapa kegiatan acara non-resmi diselanggarakan baik di Sekolah, Pemerintah, rumah, pendidikan bahkan ada juga yang membuat mading, puisi, lomba, pantun, gambar logo dan tema untuk spanduk, billboard, hingga kartu ucapan selamat. Seperti pada tahun 2019, telah resmi ditetapkan tema Peringatan atau perayaan hari Bela Negara yaitu "Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat" diharapkan dapat meningkatkan semangat juang kita untuk Indonesia.


Di masa sekarang, untuk menjadi sosok pahlawan negara dengan membela negara tidak harus mengangkat senjata namun dapat dilakukan oleh semua warga Indonesia apapun profesi dan keahliannya dalam sehari-hari.


Dalam menumbuhkan semangat kecintaan terhadap NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta mengibarkan semangat Merah Putih bagi persatuan Indonesia, umumnya banyak sekali cara yang dapat dilakukan salah satunya menginspirasi diri sendiri sebagai pendidikan wujud kesiapan berkorban demi bangsa dan negara untuk terus menjaga keutuhan tanah air tercinta. Inilah hakekat sebenarnya yang mesti dilakukan dalam menyambut Peringatan hari Bela Negara yang jatuh 19 Desember tahun 2019 yang ke-71 sebagai penghayatan, pengamalan nilai-nilai kecintaan pada tanah air dan ucapan terimakasih untuk para pahlawan Nasional yang rela berkorban membela Indonesia.


Selain ucapan cinta inspiratif untuk Indonesia melalui konsep dan indikator dalam pengertian bela negara dan contohnya bersedia mengorbankan waktu dan pikiran untuk kemajuan bangsa dan negara, bahkan terdapat pula tradisi saling menyapa para sahabat Nusantara dengan mengucapkan selamat memperingati hari Bela Negara di 19 Desember pada media sosial seperti status Facebook, Caption Instagram, Twitter, hingga gambar dp WhatsApp dengan mempromosikan kata semangat, kutipa, quotes bijak juga inspirasi kepada teman seluruh dunia sebagai sambutan Perayaan hari Bela Negara (HBN) ke 71 tahun 2019.

KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA 19 DESEMBER
Gambar kata bijak tema ucapan selamat memperingati hari bela negara thn 2019




Baca:


Selain rangkaian kegiatan acara Peringatan hari Bela Negara (HBN) tahun 2019, umumnya terdapat pula ucapan-ucapan selamat tersebut berisi teks kalimat yang inspiratif dengan kutipan bijak dari kata-kata mutiara tokoh terkenal Nasional hingga Dunia.


Banyak sekali contoh ucapan selamat memperingati atau merayakan hari Bela Negara 19 Desember dibuat dalam bentuk puisi, pantun hingga kumpulan kata-kata mutiara singkat namun bermakna dalam menyambut momentum sejarah Nasional Peringatan HBN 2019 juga HUT Ke-74 Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia untuk membela tanah air.


BERIKUT KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA (HBN) 19 DESEMBER 2019

KATA-KATA MUTIARA TENTANG BELA NEGARA DAN CINTA TANAH AIR

Tanah Air ada disana, dimana ada cinta dan kedekatan hati, dimana tidak ada manusia menginjak manusia lain - kata kata bijak Yusuf Bilyarta Mangunwijaya quote


Pahlawan yang Setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita. - kata kata bijak Bung Hatta


Janganlah kamu mmengucapkan perkataan yang kamu sendiri tidak menyukainya jika mendengar orang lain mengucapkannya kepadamu. - kata kata bijak Ali bin Abi Thalib.


5 Nilai Bela Negara:
  1. Cinta Tanah Air;
  2. Sadar Berbangsa Dan Bernegara;
  3. Yakin Pancasila Sebagai Ideologi Negara;
  4. Rela Berkroban untuk Bangsa Dan Negara;
  5. Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara


Jatuh bangunnya negara ini sangat tergantung dengan bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntai pulau di peta  - kata kata bijak Moh. Hatta quote


Tuhan tidak perlu dibela, Dia sudah Maha Segalanya. Belalah mereka yang diperlakukan tidak adil - kata kata mutiara Gus dur quote


Ikrar Gerakan Nasional Bela Negara:
Kami warga negara Indonesia, menyadari sepenuhnya bahwa, dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa demi kelangsungan NKRI berikrar untuk selalu bersikap dan berperilaku:

  1. Cinta Tanah Air;
  2. Sadar Berbangsa dan bernegara;
  3. Yakin pada Pancasila sebagai Ideologi Negara;
  4. Rela berkorban demi bangsa dan negara;
  5. Mampu melaksanakan bela negara baik secara fisik maupun non fisik



Kumpulan kata kata bijak dari tokoh terkenal pahlawan Nasional untuk Bela Negara Indonesia diatas akan sangat bermakna dalam menyambut momentum sejarah Perayaan HBN (Hari Bela Negara ) 2019 disertai dengan ucapan selamat 19 Desember.



KATA UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA

cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat peringati hari Bela Negara 2019, 19 Desember. Mari teladani sifat-sifat kepahlawanan pejuang pembela Negara yang rela berkorban tanpa pamrih, jujur dan berjiwa nasional tinggi.


Selamat Peringatan hari Bela Negara 19 Desember 2019!. Tunjukkan Upaya Bela Negara dengan Karya dan Usaha.


Selamat Perayaan hari Bela Negara 19 Desember 2019!. Jangan lelah terus menjaga keutuhan tanah air tercinta. Apalah Indonesia Tanpamu, Kawan.


Selamat Ke 71 Tahun Hari Bela Negara 2019, tumbuhkan rasa nasionalisme dari dalam diri untuk Indonesia yang lebih baik.


Engkau tidak terlalu ekspresif dalam ucapan, tetapi tindakanmu berbicara lebih keras daripada kata-kata, karena ada sejuta alasan untuk bangga menjadi Indonesia. Bersatu dalam keragaman, wujudkan rumah kebanggaan bersama. Selamat Hari BelaNegara 2019 19 Desember!


Selamat 2019 19 Desember Hari BelaNegara!. Pahami, amalkan, kembangkan, yakin dan percaya Pancasila sebagai ideologi bangsa.


19 Desember cgtrend mengucapkan selamat Hari BelaNegara Indonesia 2019!. Indonesia kuat, rakyat kuat


Cinta tanah air, wajib bela negara. Selamat  Hari Bela Negara. Rakyat bersatu, Negara kuat, aman dan sejahtera.


BelaNegara ditandai degan kesiapan berkorban demi bangsa dan negara. Sudahkah Sahabat cgtrend memiliki kemampuan awal bela negara?


Bersedia mengorbankan waktu dan pikiran utntuk kemajuan bangsa dan negara merupakan indikator bela negara. Selamat Peringati Hari Belanegara Nasional 19 Desember



HARI BELA NEGARA 19 DESEMBER DENGAN TEMA KUMPULAN KATA BIJAK TENTANG BELANEGARA

  • Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat - Tema ke 71 tahun Hari Bela Negara 2019;
  • cgtrend.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari Bela Negara dan Hari Ibu kepada seluruh Ibu di Indonesia!
  • Pepatah/bijak jawa pernah berkata : " Sadumuk bathuk saknyari bumi " Yang artinya sikap "Bela Negara" haruslah kita tanamkan dalam hati nurani untuk kejayaan NKRI!!!.
  • Salah satu hak dan kewajiban saya, kamu, kalian, kami warga negara Indonesia ialah membela tanah airnya. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2019 yang ke 71 Tahun!!!
  • Sebagai ucapan terimakasih kepda pahlawan nasional negara Indonesia, Mari terus belajar dan menghargai perjuangan semua pihak yang turut mempertahankan kemerdekaan Indonesia!!!
  • Dengan diperingatinya Hari Bela Negara ini, semoga kita sebagai warga negara terus belajar dan menghargai tentang perjuangan semua pihak yang turut mempertahankan kemerdekaan Indonesia!!
  • Hari ini 19 Desember 2019, Semoga kesadaran Bela Negara terus terpatri dalam jiwa rakyat Indonesia dengan senantiasa mencintai dan yakin Pancasila Sebagai Ideologi Negara di tengah gencarnya ancaman perpecahan Negara tercinta!.


Jadi itulah contoh kumpulan kata bijak ucapan selamat memperingati hari Belanegara Nasional Indonesia 19 Desember yang ke 71 tahun 2019!  dari cgtrend.blogspot.com semoga bermanfaat!!!

Posting Komentar untuk "KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA 19 DESEMBER"