MAULID NABI 2021/ 2022 | JATUH PADA TANGGAL 19 OKTOBER TAHUN 1443 HIJRIYAH, APA HIKMAHNYA?

Cgtrend: Setiap Tahun tgl 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah umat Islam akan memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi secara umum disebut Maulud (Bulan Mulud) merupakan salah satu perayaan terbesar yang terdapat di Indonesia.


Hari peringatan Maulid Nabi bisanya akan diisi dengan acara maulid dengan konsep acara sholawat, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Maulid Nabi sendiri sebenarnya tradisi yang dilakukan secara turun-temurun bertujuan baik. Oleh sebab itu merayakan maulid Nabi Muhammad SAW bukan bagian dari kewajiban akan tetapi ini memiliki hikmah tersendiri sebagai penyampaian doa dengan materi bacaan rawi, maupun doa syukur atas diutusnya Rasulullah ke dunia. Dalam sejarah kata singkatnya, Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (wilayah Irak sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 Hijriyah.


Baca: 20 KATA INSPIRASI MAULID NABI


https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar Ucapan: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW



Di Indonesia, Hari lahir Muhammad SAW atau Maulid Nabi telah ditetapkan sebagai hari libur Nasional. Telah menjadi tradisi selain saling memberi ucapan, bagi umat Islam Indonesia memperingati Maulid Nabi dengan berbagai kegiatan Maulid termasuk thn 2021-2022 1443 H. Jadwal Maulid Agung dilakukan oleh setiap daerah seperti jadwal maulid kanzus sholawat pekalongan, Tabligh akbar Jakarta, serta masih banyak lagi contoh bertema Jadwal majelis hari ini (Maulid Nabi). Biasanya majelis-majelis memiliki penjadwalan berbeda.

Baca: Kumpulan Quotes Ucapan Maulid Nabi Untuk Kata Selamat Memperingati

contoh tema ucapan maulid nabi muhammad saw
Gambar Hikmah: contoh tema ucapan maulid nabi muhammad saw

Baca: Bulan Mulud: Contoh Tema & Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW

Diluar dari Jadwal maulid akbar 2021-2022. Berikut ini Hikmah yang bisa didapatkan dari peringatan Maulid Nabi, Adapun hikmah-himkah tersebut sebenarnya banyak namun pada uraian sekarang saya memiliki beberapa hikmahnya sebagai bahan referensi pada rangkuman cgtrend.blogspot.com:


1. Meneguhkan kembali kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Kecintaan adalah keniscayaan sebagai konsekuensi dari keimanan sebagai umat Islam.


2. Meneladani sikap, perilaku hingga perbuatan mulia yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana rukun iman, bahwa kita wajib mengimani Nabi dan Rasul salah satu caranya dengan mencontoh, memotivasi diri supaya mengikuti jejak beliau.


3. Sebagai cara untuk melestarikan ajaran dan misi dari perjuangan Nabi Muhammad SAW. Tujuan inilah yang menjadi inspirasi bagi umat Islam untuk terus melakukan perbaikan diri, sebagaiman Rasulluah SAW berpesan kepada umatnya "ada 2 hal agar kita tidak tersesat di kehidupan ini, yaitu Al-Qur'an dan sunnah Nabi Muhammad SAW.


Sekarang sudah tidak bingungkan kalo bulan mulud 2021 jatuh pada bulan apa.

Topic Lainnya


Jadi menyambut maulid Nabi di 2021/2022 yang jatuh pd hari Selasa tanggal 19 Oktober 1443 Hijriyah ini maka penting kita mendapatkan hikmah dari Maulid Nabi tersebut. Itulah yang dapat dishare cgtrend.blogspot.com!

Posting Komentar untuk "MAULID NABI 2021/ 2022 | JATUH PADA TANGGAL 19 OKTOBER TAHUN 1443 HIJRIYAH, APA HIKMAHNYA?"