MAKNA PERAYAAN TRI HARI SUCI

Pekan suci merupakan pekan yang diawali dari Minggu Palma. cgtrend.blogspot.com, - Hari suci umat Katolik dikenal sebagai tri hari suci yang terbagi menjadi Kamis Putih, Jumat Agung, dan ditutup dengan Sabtu Suci sebelum perayaan Minggu Paskah. Jadi Apa arti dari setiap ketiga hari-hari tersebut? Mari kita telaah maknanya bersama-sama.

Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI JUMAT AGUNG TERBARU

https://cgtrend.blogspot.com/


Pertama, Kamis Putih. Di hari Kamis Putih, semua umat mengenang momen saat Yesus sedang makan Paskah bersama murid-muridNya. Dan di momen itulah, kata-kata konsekrasi pertamakali dikumandangkan, yakni,”Inilah tubuhKu yang diserahkan bagimu” dan “Inilah darahKu, darah perjanjian baru dan kekal, yang akan ditumpahkan bagimu, dan bagi semua orang, demi pengampunan dosa. Lakukanlah ini, untuk mengenangkan Daku”.


Kamis Putih juga merupakan hari rekonsiliasi. Pada hari ini Gereja menyambut para petobat yang kembali berdamai dengan Allah dan jemaat.


Sesudah Perayaan Ekaristi meriah, diadakan perarakan Sakramen Mahakudus dan tuguran (malam berjaga) di hadapan Sakramen Mahakudus.


Perayaan Kamis Putih ditata sebagai berikut: Pembukaan, Liturgi Sabda, Pembasuhan Kaki, Liturgi Ekaristi, Pemindahan Sakramen Mahakudus.


Kedua, Jumat Agung. umat Agung adalah hari kedua dari Tri Hari Suci.Tidak ada misa di hari ini, yang ada adalah rangkaian ibadat sabda yang dilaksanakan di pukul 15.00 sore, bertepatan dengan jam di mana Yesus wafat di kayu salib. Di hari Jumat Agung ini, Gereja Katolik mengenang sengsara dan wafat Yesus.


Pada hari ini tidak ada perayaan Ekaristi; Gereja menjalani puasa Paskah yang dipandang penting. Bila mungkin, puasa ini diperpanjang sampai hari Sabtu Suci supaya kita dapat merayakan kegembiraan kebangkitan Tuhan.


Ibadat Jumat Agung terdiri dari tiga bagian: Liturgi Sabda, Penghormatan Salib dan Komuni.


Ketiga, Malam Paskah. Sabtu Suci sebelum perayaan Malam Paskah adalah malam suci kebangkitan Tuhan, yang juga merupakan puncak dari rangkaian Tri Hari Suci. Pada malam ini, Gereja berjaga-jaga demi menantikan kemenangan Yesus atas maut.


Pada Malam Paskah ini, Gereja juga membaptis para katekumen. Kebiasaan ini didasarkan pada keyakinan bahwa dengan dibaptis, pada katekumen ambil bagian dalam misteri Paskah: mati dan bangkit bersama Kristus. Sebagaimana Kristus wafat, dikubur, lalu bangkit, demikian pula para baptisan mati terhadap dosa, dikuburkan (ditenggelamkan dalam air), dan bangkit (keluar dari air) untuk hidup baru sebagai anak Allah.

Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA PAKAH TERBARU

Dalam hubungan ini pula, kaum beriman diajak membarui janji baptis dalam Perayaan Malam Paskah. Maka Perayaan (Malam) Paskah juga selalu menjadi perayaan kebangkitan kita sebagai orang beriman: mati terhadap dosa, dan hidup baru sebagai anak Allah.

https://cgtrend.blogspot.com/


Liturgi Malam Paskah disusun sebagai berikut:
  • Upacara Cahaya yang berpusat pada Kristus Sang Cahaya.
  • Liturgi Sabda, yaitu merenungkan karya-karya agung Allah sejak awal mula.
  • Liturgi Baptis, di sini Gereja membaptis para katekumen dan membarui janji baptis.
  • Liturgi Ekaristi, dimana kita diundang ke perjamuan Tuhan, yakni perjamuan sukacita karena kebangkitan-Nya.


Baca: KATA UCAPAN SELAMAT TRI HARI SUCI TERBARU

Masing-masing liturgi Kamis Putih, Jumat Agung dan Malam Paskah tidak dipandang sekedar sebagai perayaan dari peristiwa-peristiwa yang terpisah, melainkan ketiganya sungguh dipandang sebagai satu misteri keselamatan. Oleh sebab itu, Misa Perjamuan Malam Terakhir Tuhan pada hari Kamis Putih tidak diakhiri dengan berkat penutup; melainkan berkat diberikan di akhir Misa Malam Paskah.


Penulis cgtrend.blogspot.com mengucapkan Selamat menjalani Tri Hari Suci, God bless us all!!!

Posting Komentar untuk "MAKNA PERAYAAN TRI HARI SUCI"