12 HAK ANAK YANG SETIAP ORANG HARUS KETAHUI

November 20, 2021. cgtrend.blogspot.com - Ada 8 juta lebih anak di Indonesia, dan mereka semua memiliki kesamaan - hak-hak mereka! 20 November menandai Hari Anak Sedunia juga dirayakan secara Nasional di Indonesia. Ini adalah waktu untuk merayakan hak-hak anak-anak dan anak remaja dan memperbarui komitmen kita untuk menegakkan perlidungan terhadap hak mereka.


Konvensi PBB tentang hak-hak anak melindungi hak-hak ekonomi, sosial, budaya, perdata dan politik anak-anak. Berikut adalah 12 bidang hak anak yang harus diketahui semua orang termasuk pengunjung cgtrend.blogspot.com:

https://cgtrend.blogspot.com/


1. Non-diskriminasi

Setiap anak berhak atas perlakuan yang sama - terlepas dari identitas gender mereka, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, agama, penampilan fisik, kemampuan, status sosial ekonomi, kebangsaan, suku, bangsa, ideologi, atau identitas pribadi lainnya.


Anak-anak penyandang cacat memiliki hak untuk menerima akomodasi yang mereka butuhkan untuk berkembang. Pengungsi juga harus menerima bantuan dan mempertahankan hak yang sama dengan anak-anak yang lahir di negara yang sekarang mereka tinggali. Anak-anak dari masyarakat minoritas, dan masyarakat adat memiliki hak untuk mempraktikkan agama, bahasa, budaya, dan kebiasaan mereka.


2. Keluarga

Setiap anak memiliki hak untuk hidup bersama keluarga mereka. Keluarga dapat dari struktur apa pun, tetapi keluarga harus menanamkan rasa memiliki, dan menyediakan lingkungan yang penuh kasih dan pengasuhan. Anak-anak dan remaja termasuk Perempuan layak untuk merasakan keterikatan pada pengasuh mereka, siapa pun pengasuh mereka.


Anak-anak tidak boleh dipisahkan dari orang tua mereka kecuali satu atau kedua orang tua kasar atau lalai, atau lingkungan rumah mereka tidak aman. Anak-anak yang orang tuanya tidak hidup bersama harus tetap berhubungan dengan kedua orang tua kecuali jika kontak membahayakan anak. Jika seorang anak tinggal di negara yang berbeda dari orang tua mereka, anak dan orang tua harus diizinkan untuk bepergian sehingga mereka bisa bersama.

Topic lain: KATA MUTIARA UCAPAN HARI ANAK SEDUNIA YANG DAPAT ANDA BAGIKAN UNTUK MERAYAKAN HARI INI

3. Kesehatan

Setiap anak memiliki hak untuk hidup. Orang-orang muda layak mendapatkan perawatan kesehatan terbaik, makanan bergizi, pakaian, air bersih, listrik, dan perumahan yang aman. Anak-anak harus belajar kebiasaan kesehatan dan kebersihan yang baik di sekolah dan rumah mereka.


Anak-anak harus memiliki kesehatan mental, psikologis, emosional, dan fisik diperiksa secara teratur, terutama jika mereka jauh dari rumah. Pemerintah juga memiliki tanggung jawab untuk membantu keluarga yang tidak mampu membayar biaya kesehatan.


4. Perlindungan dari bahaya

Setiap anak berhak mendapatkan kebebasan dari pelecehan. Anak-anak harus bebas dari pekerjaan yang berbahaya, obat-obatan, pelecehan seksual, perdagangan manusia, hukuman fisik, pelecehan emosional dan psikologis, penahanan berbahaya, perang, dan segala bentuk eksploitasi lainnya.


Anak-anak memiliki hak untuk mencari bantuan hukum dan medis jika mereka terluka atau disalahgunakan. Mereka harus bebas untuk mengajukan keluhan tentang pelecehan kepada pihak ketiga, dan pelaku anak-anak harus menerima penuntutan sepenuhnya dari hukum.


5. Identitas

Anak-anak harus didaftarkan ketika mereka dilahirkan. Pemerintah nasional harus mengenali nama anak dan identitas nasional, dan anak-anak harus diberi tahu tentang identitas mereka.


Anak-anak memiliki hak untuk menerima, mengakses, dan mengirimkan dokumen identitas mereka sendiri. Catatan resmi harus mencakup nama, tempat dan tanggal lahir, dan hubungan keluarga mereka. Jika dokumentasi dihancurkan atau jika identitas nasional anak-anak dikompromikan, pemerintah harus membantu anak dalam mendapatkan kembali identitas mereka.


6. Pendidikan

Setiap anak memiliki hak atas pendidikan. Pendidikan dasar harus gratis. Pendidikan menengah harus dapat diakses oleh setiap anak - setiap anak harus menerima tingkat pendidikan tertinggi yang tersedia bagi mereka.


Pendidikan harus mempersiapkan anak-anak untuk berpartisipasi sebagai warga negara aktif, mengajar mereka tentang tanggung jawab dan rasa kenersamaan. Mereka juga harus mengembangkan kepribadian, bakat, keterampilan, hak, dan kemampuan mereka sambil belajar untuk menghormati otonomi, hak, budaya, dan perbedaan orang lain.


7. Kebebasan berpikir

Anak-anak memiliki hak untuk berbicara, mengekspresikan, dan berbagi apa yang mereka pelajari, pikirkan, dan rasakan. Mereka dapat menggunakan segala cara ekspresi kreatif yang tersedia bagi mereka kecuali ekspresinya entah bagaimana membahayakan orang lain.


Anak-anak dapat menentukan pikiran mereka, sarana ekspresi, pendapat, ideologi sosiopolitik, dan keyakinan agama dan spiritual, asalkan pikiran mereka tidak melanggar hak-hak orang lain. Orang tua harus mengajar anak-anak untuk mengekspresikan diri dan menghormati pendapat orang lain.


Anak-anak memiliki hak untuk bergabung atau membuat kelompok dan organisasi. Mereka memiliki hak untuk bertemu dengan orang lain dan mengadvokasi perubahan, selama mereka tidak membahayakan orang lain.


Anak-anak memiliki hak untuk memberikan pendapat mereka tentang masalah yang memengaruhi mereka. Orang dewasa harus mengambil kekhawatiran dan pendapat anak-anak dengan serius.


8. Akses ke informasi

Anak-anak memiliki hak untuk mentransmisikan dan menerima informasi melalui Internet, radio, telepon, televisi, buku, dan sumber daya lainnya. Orang dewasa harus memastikan bahwa anak-anak informasi mentransmisikan dan menerima tidak berbahaya. Namun, mereka harus mendorong dan mengajarkan cara untuk mengakses dan memproses informasi secara kritis.


Pemerintah harus membuat akses ke informasi sebebas mungkin. Mereka harus berbagi informasi dari berbagai sumber dan dalam berbagai bahasa.


9. Privasi

Setiap anak berhak mendapatkan privasi. Undang-undang harus melindungi privasi anak-anak di semua bidang, termasuk online. Dokumentasi pribadi anak-anak tidak boleh dipublikasikan.


Keluarga, rumah, komunikasi pribadi dan reputasi anak harus dilindungi. Korban pelecehan seharusnya tidak memiliki nama, wajah, atau informasi yang dipublikasikan.


10. Budaya

Setiap anak memiliki hak untuk terlibat dalam kegiatan budaya dan kreatif. Anak-anak dari populasi minoritas memiliki hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang merupakan populasi mayoritas negara mereka tidak berpartisipasi.


Kegiatan budaya dan karya kreatif harus mewakili anak-anak dari semua latar belakang. Anak-anak harus bebas dari seni yang dirancang untuk trauma, memprovokasi atau mengganggu mereka. Namun, mereka harus menerima akses ke dan diizinkan untuk membuat seni.


11. Reparasi

Jika seorang anak menjadi korban, trauma, terlantar, dipisahkan dari orang tua mereka, atau dikenakan bahaya, mereka harus menerima reparasi dan rehabilitasi. Anak-anak memiliki hak untuk menerima bantuan setelah menanggung segala jenis rasa sakit, trauma atau pengabaian, sehingga mereka dapat memperoleh kembali kesehatan, martabat dan identitas mereka.


Setiap anak memiliki hak untuk menerima bantuan hukum dan perawatan yang adil. Pemerintah harus menyediakan uang dan sumber daya untuk membantu anak-anak dari komunitas miskin dan hak keputusan.


12. Tanggung jawab pemerintah

Pemerintah harus melakukan segala yang mungkin untuk memastikan bahwa anak-anak menikmati semua hak mereka yang tidak dapat dicabut dan berkembang dalam masyarakat yang aman dan bebas. Pemerintah harus memprioritaskan hak-hak anak ketika mempertimbangkan kebijakan utama apa pun.


Jika hukum suatu negara melindungi hak-hak anak lebih baik daripada Konvensi PBB tentang Hak-Hak Anak, undang-undang tersebut mengambil prioritas yang lebih tinggi. Pemerintah harus melakukan upaya aktif untuk memberi tahu anak-anak tentang hak-hak mereka.


Bagikan Topic sumber daya pada hak anak

Anak-anak berhak diperlakukan sebagai warga negara. Mereka layak tumbuh dalam masyarakat yang mencintai, peduli, menghormati dan melindungi mereka. Anak-anak berhak atas haknya sama seperti orang dewasa.


Anda dapat melakukan sesuatu untuk meningkatkan kesadaran tentang hak-hak anak. Ambil tindakan untuk mendukung hak-hak anak di Indonesia hari ini. Bagikan upaya dukungan Anda pada tumbuh kembang Anak-anak Nasional pada kolom komentar cgtrend.blogspot.com.

Posting Komentar untuk "12 HAK ANAK YANG SETIAP ORANG HARUS KETAHUI"