MENGENAL FESTIVAL PONGAL DI TAMIL INDIA DAN PONGAL QUOTES

Mengutip wikipedia, Thai Pongal (Tamil: தைப்பொங்கல், / ˈθaɪˈpoʊŋʌl /) adalah Tema panen yang didedikasikan untuk Dewa Matahari. Pongal adalah festival empat hari yang menurut kalender Tamil biasanya dirayakan dari 15 Januari hingga 18 Januari. Thai Pongal berkorespondensi dengan Makara Sankranthi, festival panen yang dirayakan di seluruh India dan Sri Lanka.

Thai Pongal adalah salah satu festival paling penting yang dirayakan oleh orang-orang Tamil di negara bagian Tamil Nadu, Wilayah Puducherry, dan Negara Sri Lanka, serta orang Tamil di seluruh dunia, termasuk yang di Malaysia, Mauritius, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Singapura, Kanada dan Inggris.

Hari itu menandai dimulainya perjalanan matahari selama enam bulan ke utara (Uttaraayanam). Ini juga berhubungan dengan titik balik matahari Indic ketika matahari konon memasuki rumah ke 10 zodiak Makara atau Capricorn India. Thai Pongal terutama dirayakan untuk menyampaikan penghargaan kepada Dewa Matahari atas panen yang sukses. Bagian dari perayaan adalah rebusan beras pertama musim yang dikonsekrasikan ke Matahari - Surya Maangalyam.

Jadi apabila Anda memiliki Teman, Kekasih maupun keluarga berasal dari India terutama keturunan Tamil, mungkin Anda ingin menyampaikan ucapan selamat hari Pongal berupa wishes, maupun Quotes atau kata-kata bijak Happy Thai Pongal mari kenali terlebih dahulu apa itu Festival Pongal.

Mengenal Festival Pongal di Tamil (India) dan Pongal Quotes

Hari Festival Pongal

Pongal adalah festival paling populer di Tamil Nadu, negara bagian India selatan. Festival hari ini juga dikenal sebagai festival panen India. Pongal, salah satu festival Hindu populer paling penting tahun ini dan orang-orang merayakannya selama sekitar empat hari. Festival empat hari ucapan syukur pada alam ini mengambil namanya dari kata Tamil yang berarti "mendidih" dan diadakan di bulan Thai antara Januari hingga Februari selama musim ketika bahan penting dalam masakan Tamil seperti beras, sereal lainnya, tebu, dan kunyit dipanen.

Pertengahan Januari adalah waktu yang penting dalam kalender Tamil. Festival panen, Pongal, jatuh pada tanggal 14 atau 15 Januari dan merupakan 'Festival Tamil' yang klasik bahkan sebagian menyebutnya sebagai festival Tahun Baru Tamil. Acara tradisional bertujuan sebagai kata ucapan bersyukur kepada alam, serta merayakan siklus kehidupan yang memberi kemakmuran. Warga Tamil mengatakan 'Thai pirandhaal vazhi pirakkum', dan percaya bahwa masalah keluarga yang rumit akan diselesaikan dengan munculnya Thai di bulan Tamil yang dimulai pada hari Pongal.

Selama sekitar empat hari Festival Pongal dirayakan dengan kegiatan acara maupun tradisi:

1. Hari pertama Pongal: festival Bhogi

Hari pertama ini dirayakan sebagai festival Bhogi untuk menghormati Dewa Indra, penguasa awan tertinggi yang memberikan hujan. Penghormatan diberikan kepada Dewa Indra untuk panen berlimpah, sehingga membawa banyak dan kemakmuran ke tanah. Bhogi adalah hari pertama festival Makarsankranti empat hari. Menurut kalender Gregorian biasanya dirayakan pada 13 Januari. Bogi adalah festival yang dirayakan secara luas di Karnataka, Maharashtra, Andhra Pradesh dan Telangana.

Pada Hari pertama Bhogi, orang membuang barang-barang lama dan terlantar dan berkonsentrasi pada hal-hal baru yang menyebabkan perubahan atau transformasi. Saat fajar, orang menyalakan api unggun dengan kayu gelondongan, bahan bakar padat lainnya, dan perabotan kayu di rumah yang tidak lagi berguna. Pembuangan hal-hal terlantar memaknai semua tempat dari kebiasaan lama, sifat buruk, keterikatan pada hubungan dan hal-hal material dikorbankan dalam api pengorbanan pengetahuan Rudra, yang dikenal sebagai "Rudra Gita Jnana Yajna". Hari Bogi mewakili realisasi, transformasi dan pemurnian jiwa dengan menyerap dan menanamkan berbagai kebajikan ilahi. Bhogi dirayakan pada hari sebelumnya dan Makar Sankranti. Juga dikatakan bahwa Buddha wafat di Bhogi Pongal pada saat Buddhisme dipraktikkan di seluruh India.

2. Hari kedua Pongal: Thai Pongal

Acara utama, juga dikenal sebagai Thai Pongal, berlangsung pada hari kedua dari empat hari. Hari ini bertepatan dengan Makara Sankranthi, festival panen musim dingin yang dirayakan di seluruh India. Hari itu menandai dimulainya Uttarayana, hari titik balik matahari Indic ketika matahari konon memasuki rumah ke 10 zodiak India yaitu Makara atau Capricorn.

Dalam bahasa Tamil kata Pongal berarti "meluap," menandakan kelimpahan dan kemakmuran.

Selama festival, susu dimasak dalam wadah. Ketika mulai menggelembung dan meluap keluar dari periuk tembikar, butir padi yang baru dipanen ditambahkan ke dalam wadah. Pada saat yang sama peserta lain meniup keong yang disebut sanggu dan berteriak "Pongalo Pongal!" Mereka juga melafalkan "Thai Pirandhal Vazhi Pirakkum" ("dimulainya Thai umtuk membuka jalan buat peluang baru"). Tardisi ini sering diulang selama festival Pongal. Pongal kemudian  secara simbolis ditawarkan kepada dewa matahari bersama dengan persembahan lainnya. Juga disajikan untuk semua orang di rumah bersama dengan rasa dan manisan seperti vadai, murukku, paayasam.

3. Hari ketiga Pongal: Maatu Pongal

Maatu Pongal dirayakan sehari setelah Thai Pongal. Orang Tamil menganggap sapi sebagai sumber kekayaan untuk menyediakan produk susu, pupuk, dan tenaga kerja untuk membajak dan transportasi. Di Maatu Pongal, ternak diakui dan diberikan kasih sayang. Fitur hari ini termasuk permainan seperti Jallikkattu dan penjinakan jantan.

4. Hari keempat Pongal: Kaanum Pongal

Kaanum Pongal, hari keempat festival, menandai berakhirnya perayaan Pongal untuk tahun itu. Kata kaanum dalam konteks ini berarti "mengunjungi." Banyak keluarga mengadakan reuni pada hari ini. Saudara-saudara memberikan penghormatan khusus kepada saudara perempuan mereka yang telah menikah dengan memberikan hadiah sebagai penegasan kasih sayang anak mereka. Bahkan kerabat dan teman menerima ucapan terima kasih atas bantuan mereka mendukung panen.

Sebagai ucapan-ucapan terimakasih, apabila memiliki kerabat dan teman di Tamil maupun relasi dari India kemudian Anda ingin mengucapkan selamat Pongal Festival (Dalam bahasa Inggris: Happy Pongal Festival 2019) berupa Wishes ataupun quotes kata-kata mutiara dalam bahasa Inggris yang artinya sekedar "ucapan- ucapan" atau "Greetings". Kami menulis khusus bagi yang merayakannya.

Happy Pongal 2019 Wishes, Quotes, Status, SMS, Messages Dalam Bahasa Inggris, Bahasa Tamil dan Artinya!


BAHASA INGGRIS:
Knowledge, happiness, success, holiness, success, and all this, let's bring this joy pongal in your life, Happy Pongal !


BAHASA TAMIL:
அறிவு, மகிழ்ச்சி, வெற்றி, பரிசுத்தனம், வெற்றி, இவை அனைத்தும், உங்கள் வாழ்க்கையில் இந்த மகிழ்ச்சி பொங்கலை கொண்டு வரலாம், சந்தோஷமான பொங்கல்!

ARTINYA DALAM BAHASA INDONESIA:
Kebijaksanaan, kebahagiaan, kesuksesan, kekudusan, kesuksesan, semua ini, mari kita bawa pongal manis ini ke dalam hidupmu, Selamat Hari Pongal!

IN ENGLISH :

My warm pongal wishes to you, Convey my regards to everybody enjoy pongal and feast. - Pongal Vazhthukkal


IN TAMIL INDIA

என் சூடான பொங்கல் உங்களிடம் வேண்டுமென்று விரும்புகிறேன், அனைவருக்கும் பொங்கல் மற்றும் விருந்துகளை அனுபவிக்கிறேன். - பொங்கல் வட்டுகள்

ARTINYA:
Salam hangat saya untuk Anda, sampaikan salam saya untuk semua orang merayakan pongal dan pesta. - Pongal Vazhthukkal

Kesimpulan Mengenal Festival Pongal di Tamil (India) dan Pongal Quotes 2019


Kami mengucapkan dan memohon maaf jika terdapat kesalahan dalam kata maupun tulisan dalam artikel mengenai Hari Perayaan pada festival Pongal semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "MENGENAL FESTIVAL PONGAL DI TAMIL INDIA DAN PONGAL QUOTES"