HARI NYEPI 2022 TAHUN SAKA 1944

CGTREND: Hari Nyepi adalah hari libur Nasional juga masuk dalam daftar SKB 3 Menteri karena ini merupakan perayaaan tahun baru saka yang dirayakan oleh umat Hindu. Pada tahun 2022, Hari Tahun baru saka untuk hari raya nyepi jatuh pada hari Kamis, 3 Maret dan akan menjadi hari memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta) dengan dimulai menyepi. Dalam sejarah Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Dalam pengertian bahwa kata nyepi adalah sepi (sunyi, senyap).


Nyepi adalah "Hari Keheningan" dalam bahasa Inggris a Balinese "Day of Silence" yang diperingati setiap Isakawarsa (tahun baru Saka) menurut kalender Bali (pada 2019, jatuh pada 7 Maret). Ini adalah perayaan Hindu yang terutama dirayakan di Bali, Indonesia. Nyepi, hari libur umum di Indonesia, adalah hari keheningan, puasa dan meditasi bagi orang Bali. Hari setelah Nyepi juga dirayakan sebagai Hari Tahun Baru. Pada hari ini, pemuda Bali di desa Sesetan di Bali Selatan mempraktikkan upacara Omed-omedan atau 'The Kissing Ritual' untuk merayakan tahun baru. Hari yang sama dirayakan di India sebagai Ugadi.


Ini juga merupakan hari yang disediakan untuk refleksi diri. Berbeda dengan kegiatan perayaan lainnya karena bertujuan untuk refleksi diri walaupun di hari raya nyepi akan ada juga yang memberi ucapan selamat namun terdapat beberapa kegiatan nyepi yang perlu Anda ketahui termasuk rangkaian kegiatan juga apa yang dilakukan oleh umat hindu saat hari raya nyepi di 2022, baca lengkapnya di cgtrend.blogspot.com

https://cgtrend.blogspot.com/


Daftar Isi:
  1. Hari Raya Nyepi
  2. Ritual


Hari Raya Nyepi

Apa itu Nyepi? Berbeda dengan banyak negara lain, Bali tidak merayakan Tahun Baru (Isakawarsa) pada bulan Januari pertama tetapi selama enam hari pada titik selanjutnya di tahun tersebut.


Hari raya berubah setiap tahun, jadi pastikan untuk memeriksa kalender Bali saka untuk Nyepi 2020, jatuh pada 25 Maret, untuk Nyepi 2021 adalah 14 Maret dan untuk Nyepi 2022 adalah 3 Maret). Menurut cgtrend Festival Tahun Baru ini adalah bagian dari agama Hindu dan dimaksudkan untuk keheningan, puasa, dan meditasi.


Tujuan Nyepi Bali adalah untuk bermeditasi dan melalui ini tidak hanya untuk lebih dekat dengan diri sendiri tetapi yang paling penting dengan tuhan, Hyang Widi Wasa. Melalui doa dan refleksi diri, orang Bali Hindu melihat lebih dekat nilai-nilai mereka, termasuk cinta, kebenaran, kesabaran, kebaikan, dan kemurahan hati.


Satu mitos mengatakan bahwa efek keheningan total yang menyelimuti pulau itu juga berfungsi sebagai pembasmi bagi roh-roh jahat yang diperdaya untuk meyakini Bali akan ditinggalkan.


Baca: HARI NYEPI 2021-2022 | GAMBAR KATA UCAPAN SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA NYEPI TAHUN BARU SAKA 1944

Ritual

1. Melasti

Sebelum melaksanakan ibadah Tawur Kesanga dan Catur Bhrata Penyepian atau Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka, umat Hindu di seluruh dunia akan melaksanakan suatu ritual wajib, Melasti atau Mekiyis. Ritual ibadah ini dilaksanakan di pura yang berdekatan dengan sumber air kehidupan (tirta amertha), seperti laut, danau, atau sungai.


Ritual Melasti dilakukan 3-4 hari sebelumnya. Ini didedikasikan untuk Sanghyang Widhi Wasa. Ritual ini dilakukan di Pura (candi Bali) di dekat laut (Pura Segara) dan dimaksudkan untuk memurnikan Arca, Pratima, dan Pralingga (benda suci) milik beberapa kuil, juga untuk memperoleh air suci dari laut.


Singkatnya, Melasti dapat didefinisikan sebagai nganyudang malaning gumi ngamet tirta amertha yang berarti menghanyutkan atau membuang segala kotoran alam menggunakan air suci. Kotoran yang dimaksud adalah segala kotoran (dosa), baik dalam diri manusia (wan alit) maupun yang ada di dunia (wan agung). Selain itu, Melasti juga dilakukan sebagai wujud membersihkan Pralingga atau alat-alat persembahyangan.


Dalam pengertian bahwa upacara Melasti adalah ritual ibadah yang dilaksanakan satu tahun sekali sebelum umat Hindu menyambut Tahun Baru Saka dan melaksanakan ibadah Tawur Kesanga. Makna dari upacara ini adalah sebagai proses pembersihan diri lahir bathin manusia dan alam.


Jika Anda bertanya dimanakah upacara melasti dilaksanakan? tentu Ini umumnya dilaksanakan di tepi laut, danau atau pada sumber mata air.


2. Bhuta Yadnya

Ritual Bhuta Yadnya dilakukan bertujuan untuk mengalahkan elemen-elemen negatif serta menetralkan kekuatan jahat bhuta kala (roh jahat) yang sering membawa kemalangan, kekacauan, penyakit, bahkan kematian dan menciptakan keseimbangan dengan Tuhan, Manusia, dan Alam. Ritual ini juga dimaksudkan untuk menenangkan Batara Kala dengan persembahan Pecaruan korban hewan hidup. Menjelang matahari terbenam, upacara "Pengrupukan" dimulai di halaman rumah dengan membenturkan pot dan wajan dan tabung bambu bersama dengan pembakaran obor daun kelapa kering untuk mengusir setan.


Sebagian besar desa di agama Hindu Bali membuat ogoh-ogoh, patung iblis yang terbuat dari bambu, kain, perada, dan styrofoam yang kaya melambangkan elemen negatif atau roh jahat atau bahkan karakter dari mitologi Hindu. Setelah ogoh-ogoh diarak keliling desa, mereka dibakar di kuburan meskipun banyak yang dipajang di depan aula komunitas selama sebulan atau lebih dan kadang-kadang bahkan dibeli oleh museum dan kolektor.


https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar kata bijak hari raya nyepi tema tahun baru saka



3. Nyepi

Ritual Nyepi dilakukan sebagai berikut:
  • Amati Geni: yang artinya Tidak ada api atau cahaya, termasuk tidak ada listrik
  • Amati Karya: yang artinya Tidak berfungsi
  • Amati Lelunganan: yang artinya Tidak bepergian
  • Amati Lelanguan: yang artinya Tidak ada pesta pora / hiburan sendiri
Inilah yang dilakukan oleh umat hindu saat hari raya nyepi untuk setiap tahun baru saka termasuk tahun baru saka 1444 di tahun 2022 ini.



Baca:




4. Yoga 

Ritual Yoga / Brata adalah berjalan selama 24 jam dari jam 6 pagi sampai 6 sore, penduduk lokal Hindu Bali yang taat menghabiskan hari ini untuk bermeditasi dan untuk refleksi diri.


5. Upacara Ngembak Agni / Labuh Brata

Ritual Ngembak Agni / Labuh Brata dilakukan untuk semua umat Hindu untuk saling memaafkan dan untuk menyambut hari-hari baru yang akan datang.


Ini berarti Satu hari setelah Nyepi menandai hari pertama resmi Tahun Baru. Kebanyakan orang Hindu Bali akan mengunjungi tetangga, teman, dan keluarga untuk saling memaafkan sebagai awal yang baru. Kegiatan lain seperti membaca naskah kuno serta ritual ciuman oleh pemuda Bali juga dilakukan.


6. Dharma Shanti

Ritual Dharma Shanti dilakukan setelah semua ritual Nyepi selesai. Artinya, Setelah semua prosedur upacara terkait Nyepi selesai, ritual terakhir ini dilakukan untuk menandai kesimpulan dari minggu suci dalam kalender Bali.

Posting Komentar untuk "HARI NYEPI 2022 TAHUN SAKA 1944"