TAHUN BARU IMLEK 2022/2023, JATUH PADA TANGGAL 1 FEBRUARI, APA TUJUAN PERAYAAN SINCIA 2573?

CGTREND: Setiap Tahun hari pertama kalender Cina orang Tionghoa akan merayakan hari tahun baru Imlek. Tahun Baru Imlek atau Hari Imlek secara umum disebut Sincia merupakan salah satu perayaan terbesar termasuk di Indonesia. Hari perayaan Tahun Baru Imlek biasanya akan diisi acara Imlek dengan konsep acara maupun Festival unik bahkan terdapat pula tema sincia with love, ini ini mengisi hari Valentine sekaligus Imlek. Tahun Baru Imlek sendiri sebenarnya tradisi yang dilakukan secara turun-temurun bertujuan baik. Oleh sebab itu merayakan hari tahun baru Imlek bukan bagian dari kewajiban akan tetapi ini memiliki hikmah tersendiri sebagai penyampaian doa dengan harapan kesuksesan dalam resolusi Kalender suryacandra Tionghoa. Dalam sejarah kata singkatnya, Perayaan Tahun baru Imlek mengangkat atau telah dipengaruhi oleh budaya Han. Namun tahukah Anda ternyata selain perayaam malam tahun baru terdpat pula daftar hari besar Imlek.


Baca: Ucapan Imlek untuk Kata Selamat Tahun Baru Cina

https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar Photo: Perayaan Tahun Baru Imlek (Sincia)


Mengutip wikipedia, untuk daftar hari besar Imlek adalah daftar tanggal jatuhnya hari besar Imlek dalam Kalender Masehi.

Hari Besar
Tanggal
Tahun baru Imlek
chūnjié
1 Cia Gwee
Festival Lampion
yuánxiāojié
15 Cia Gwee
Festival Perahu Naga
duānwǔjié
5 Go Gwee
Festival Meminta Ketrampilan
qǐqiǎojié
7 Cit Gwee
Festival Hantu
zhōngyuánjié
15 Cit Gwee
Festival Pertengahan Musim Gugur
zhōngqiūjié
15 Peh Gwee
Festival Yang Ganda
chóngyángjié
9 Kauw Gwee
Festival Xia Yuan
xiàyuánjié
15 Cap Gwee
Festival Masakan Arwah
xièzào
23 Cap Ji Gwee


Baca: SEBELUM MENGUCAPKAN SELAMAT IMLEK, KETAHUI DAHULU FAKTA TENTANG TAHUN BARU CINA



https://cgtrend.blogspot.com/


Di Indonesia, Hari Raya Imlek atau Tahun Baru Imlek telah ditetapkan sebagai hari libur Nasional. Telah menjadi tradisi selain saling memberi ucapan, bagi Masyarakat keturunan Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek dengan berbagai kegiatan Imlek termasuk thn 2022-2023 2573 Kongzili. Jadwal dan susunan acara puncak malam perayaan Imlek oleh setiap daerah dilakukan berbeda. seperti susunan acara pawai, hingga susunan acara kirab budaya diberbagai daerah dengan contoh bertema memeriahkan bagaimana jalannya acara perayaan tahun baru imlek. Singkat kata, biasanya perayaan-perayaan memiliki penjadwalan berbeda.

Baca:


Diluar dari Jadwal hari raya Imlek Sincia 2573 2022. Berikut ini Tuuan dan manfaat yang bisa didapatkan dari perayaan Tahun Baru Imlek, Adapun tujuan-tujuan tersebut sebenarnya banyak namun pada uraian sekarang saya memiliki beberapa tujuannya sebagai bahan referensi.

1. Intropeksi. Bagi umat Buddha dan warga Tionghoa untuk dapat memetik hikmah yang terkandung dalam setiap perayaaan Imlek yakni hikmah intropeksi, kebersamaan, dan saling memberi serta kegembiraan.

2. Berbagi Kegembiraan dan Kebahagiaan. Saling memberi berarti tidak menjadi orang yang serakah, kaya atau berbahagia sendiri tetapi dapat berbagi kebahagiaan dengan orang miskin dan perlu bantuan.

3. Meningkatkan persatuan dan kesatuan. Kondisi yang aman dan kondusif ini harus dapat dipertahankan terus menerus dengan meningkatkan persatuan dan kesatuan serta saling toleransi antara sesama warga tionghoa dan masyarakat sekitarnya.

4. Menumbuhkan tali persaudaraan. Hari raya Imlek menjadi pondasi umat Buddha dan warga Tionghoa untuk mempererat jalinan tali silaturrahmi, semangat gotong royong, setia kawan, saling tolong menolong, dan menumbuhkan persaudaraan.

5. Sebagai cara untuk melestarikan tradisi maupun budaya khususnya kebudayan Cina untuk Imlek. Tujuan inilah yang menjadi inspirasi bagi umat Buddha dan warga Tionghoa untuk terus melakukan perbaikan diri, sebagaimana kalender caka maupun perayaan Imlek menganut pesan kepada yang bermakna.

Sekarang sudah tidak bingungkan kalo Sincia 2573 Kongzili Tahun Baru Imlek 2022 jatuh pada bulan, tanggal dan hari apa. Jadi menyambut tahun baru Imlek di 2022/2023 yang jatuh pd hari Selasa tanggal 1 februari di 2573 Sincia ini maka penting kita mendapatkan hikmah dari Tahun Baru tersebut. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "TAHUN BARU IMLEK 2022/2023, JATUH PADA TANGGAL 1 FEBRUARI, APA TUJUAN PERAYAAN SINCIA 2573?"