MAKNA WAISAK DAN 7 UCAPAN BUDDHA UNTUK DIBAGIKAN

cgtrend.blogspot.com Hari ini, Senin (13/5) adalah memperingati 3 peristiwa penting: lahirnya pangerah Siddharta pada tahun 623 SM, penerangan agung pageran Siddharta menjadi Buddha di tahun 588 SM, dan peristiwa wafatnya Buddha Gautama pada tahun 543 SM, yang menjadi hari penting bagi umat Buddha, selain Magha Puja, Asadha, Kathina, dan Ulambana. Ya, hari ini adalah hari trisuci menjelang Hari Waisak di tahun 2566 yang jatuh pada tanggal 16 Mei 2022.


Menyambut hari trisuci ini umat Buddha memperbanyak amalan-amalan kebaikan. Selain Doa dan merenung dengan tenang, umat Buddha juga disarankan untuk banyak membaca tipitaka kitab suci Agama Buddha atau Tipitaka Chanting. Hari Waisak adalah Hari Buddha, oleh karena itu di hari peringatan Waisak kita sesungguhnya tidak hanya dibatasi untuk hanya mengenang tiga peristiwa: kelahiran calon Buddha, yaitu Pangeran Siddhartha Gotama, di Taman Lumbini; tercapainya Penerangan Sempurna, yaitu Petapa Gotama menjadi Buddha, di Buddha Gaya; dan Mahaparinirwana Buddha, yaitu Buddha Gotama meninggalkan dunia ini, di Kusinara, tetapi kita juga dapat mengenang kehadiran Buddha di dunia ini secara lebih utuh.

https://cgtrend.blogspot.com/


Kehadiran Buddha yang penuh kasih, kehadiran Buddha yang telah menerangi dunia. Dan kita akan benar-benar menyadari bahwa kasih Buddha menerangi dunia.


Karena kasihNya kepada dunia, Buddha telah menunjukkan kepada kita melalui lakon perjuangan Pangeran Siddhartha dan Petapa Gotama, bahwa manusia itu mampu menjadi Buddha. Selanjutnya, setelah menjadi Buddha, karena kasihNya Beliau mengajarkan Dharma yang merupakan jalan pembebasan total dari duka, jalan untuk mencapai Kebahagiaan Sejati. Sanggha yang Beliau bentuk adalah komunitas harmonis dari para praktisi Dharma, yang melalui kasih Buddha, Sangha yang secara turun temurun masih berlanjut hingga kini adalah komunitas pelestari Dharma.


Makna lain dari Waisak adalah bertujuan untuk mengingat kembali ajaran sang Buddha, menyontoh perilaku sang Buddha dan melaksanakan ajaran agama Buddha. Bagi umat Buddha, hal tersebut berarti menaati peraturan moral, seperti menghindari pembunuhan makhluk hidup, mencuri, berbuat asusila, berbohong dan mabuk-mabukkan. Selain kelima larangan tersebut, umat Buddha ketika hari Waisak biasanya mengembangkan cinta-kasih dengan cara membantu fakir-miskin atau mereka yang membutuhkan, melepas hewan (biasanya burung) sebagai simbol cinta-kasih dan penghargaan terhadap lingkungan, serta merenungkan segala perbuatan yang telah dilakukan apakah baik atau buruk sehingga diharapkan di masa mendatangkan tidak mengulangi perbuatan yang buruk yang dapat merugikan.


Peringatan Waisak juga kerap disebut Hari Buddha ini merupakan peristiwa penting dalam perjalanan hidup Buddha. Dalam memperingati Hari Waisak banyak ucapan baik yang bisa kita bagikan dalam kehidupan. Dan cgtrending topic coba merangkum ucapan yang biasa dibagikan pada hari raya suci umat Buddha ini. Diantaranya :

https://cgtrend.blogspot.com/


teman-teman dan keluarga besar cgtrend.blogspot.com menyampaikan ucapan-ucapan Selamat Hari Waisak 2022. Semoga Kita Bisa Mendapatkan Kesempurnaan Buddha dan kedamaian hidup.


Waisak mengenang tiga peristiwa: kelahiran calon Buddha, yaitu Pangeran Siddhartha Gotama, di Taman Lumbini; tercapainya Penerangan Sempurna, yaitu Petapa Gotama menjadi Buddha, di Buddha Gaya; dan Mahaparinirwana Buddha, yaitu Buddha Gotama meninggalkan dunia ini.


Selamat Merayakan Waisak 2566 BE : Sebuah peristiwa Agung yang Sarat Akan tujuan.


Semoga Momentum Waisak Memperkuat Amalan Kita dengan menyadari bahwa kasih Buddha menerangi dunia.


Mengingat kembali ajaran sang Buddha Dengan Semangat Waisak mati Kita Menyambut hari trisuci di Tahun 2566BE / 2022 M.


Dengan Perayaan hari Buddha atau Hari Waisak, Marilah Kita Jadikan simbol cinta-kasih dan penghargaan terhadap lingkungan, serta merenungkan segala perbuatan yang telah dilakukan apakah baik atau buruk sehingga di masa mendatangkan tidak mengulangi perbuatan yang buruk yang dapat merugikan.


Selamat merayakan hari raya Waisak untuk saudaraku umat Buddha dimanapun berada.


Masih banyak topic kata-kata dan ucapan selamat Waisak terbaik lainnya yang sangat menyentuh untuk diucapkan antar sesama dan dalam menyongsong hari raya ini. Namun demikian semoga tulisan pesan cgtrend.blogspot.com ini dapat melengkapi tema yang akan digunakan dalam pesan-pesan pada saat memperingati 3 peristiwa penting tersebut, semoga bermanfaat!!!

Posting Komentar untuk "MAKNA WAISAK DAN 7 UCAPAN BUDDHA UNTUK DIBAGIKAN"