TUTORIAL CARA UNTUK MENYIMPAN FILE DI GOOGLE DRIVE

Simpan segala sesuatu yang rapi agar saat kamu butuhkan gampang nyarinya. Mungkin itu salah satu nasehat yang sering diberikan orangtua kepada kita. Memang Ada benarnya sih, kalau kita menyimpan disembarang tempat pasti akan sulit mencarinya. Dalam hal ini termasuk file kamu. Bayangin kalo kita simpan file baik photo, gambar, video maupun file-file kerjaan atau sekolah di hp atau komputer / laptop (kalo punya ya ..) ternyata memorinya terbatas (khusus perangkat Android, iOS dll) nah bingungkan mau nyimpan dimana lagi itu si file.

Yah .. jangan sedih gitu dong, tenang kamu bisa kok menggunakan salah satu dari produk layanan Google yang namanya Google Drive.

Ooohh .. Google Drive !! apa itu ?? *gubrak

Catatan: Tulisan ini ditujukan ke pengguna baru GMail atau yang baru mendengar "Google Drive" jadi buat kamu yang tidak termasuk didalamnya silahkan nikmati segelas kopi yang syantik ya ... bersulaang!!

Sebelum membahas tutorial untuk download / upload file ke server, Singkat aja cgtrend bahas tentang apa yang dimaksud dengan Google Drive


APA ITU GOOGLE DRIVE

Google Drive adalah layanan penyimpanan dan sinkronisasi file yang dikembangkan oleh Google. Diluncurkan pada 24 April 2012, Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan file di server mereka, menyinkronkan file di seluruh perangkat, dan berbagi file. Artinya simpan dan bagikan foto, video, file, dan lainnya dengan aman di cloud. Penyimpanan 15 GB pertama kamu gratis kok dengan syarat mesti memiliki atau telah membuat akun Google. untuk Cara menyimpan file di google drive bisa menggunakan perangkat pc hp Android juga iOS dan perangkat-perangkat lainnya.

Google Drive belum mencapai popularitas yang mengejutkan hanya di belakang penjualan ponsel Android dan Gmail. Ada beberapa hal yang dilakukannya juga atau lebih baik daripada layanan penyimpanan cloud lainnya. Sebagian besar itu berkaitan dengan produktivitas, berkat G Suite untuk Google, Google Documents, dan berbagai aplikasi pihak ketiga.

Jadi kamu bisa menggunakan Google Drive dari Browser. Karena Google Drive dapat diakses melalui browser utama dengan membuka drive.google.com dan masuk menggunakan kredensial akun Google kamu tadi. Itu termasuk Chrome, tentu saja, selain Firefox, Microsoft Edge (hanya Windows) dan Safari (hanya Mac). Namun tentu cara ini bukan untuk menyimpan file di gmail kamu.

Bahkan untuk antarmuka pengguna cukup intuitif, dengan tab navigasi di sepanjang margin kiri untuk:
  • Drive Saya: mengakses file kamu yang tersimpan
  • Komputer: lihat komputer apa yang disinkronkan
  • Dibagi dengan Saya: mengakses file yang dibagikan dengan kamu
  • Terbaru: mengakses file yang terakhir digunakan
  • Foto Google: akses perpustakaan foto kamu
  • Berbintang: lihat file yang ditandai untuk kepentingan
  • Sampah: akses tempat sampah kamu
  • Cadangan: mengakses cadangan kamu
  • Tingkatkan Penyimpanan: beli lebih banyak penyimpanan cloud


Cara Menyimpan File di Google Drive Kamu

Menyimpan atau mengunggah file ke Google Drive kamu melalui browser adalah metode paling mudah yang tersedia dengan cara masuk google drive. Pertama, buka https://drive.google.com. Ini akan menunjukkan kepada kamu semua yang sudah tersimpan di Google Drive kamu. Untuk menyimpan file dari perangkat pc / komputer kamu cukup pilih dari foldernya di komputer kamu dan seret ke jendela Google Drive di browser kamu. Google akan secara otomatis mengunggah file kamu. Hanya itu yang dibutuhkan. Ingat: ukuran file yang berbeda membutuhkan waktu yang berbeda untuk mengunggah, jadi jangan tutup jendela Google Drive kamu sampai diberitahukan bahwa unggahan kamu berhasil. Apalagi jika kamu berniat memindahkan file dari google drive ke hp tentu cara yang mudah pastikan ukuran file tersebut.


Seperti Dropbox, Google Drive memungkinkan kamu mengatur folder di komputer kamu yang secara otomatis disinkronkan dengan penyimpanan online kamu. Daripada perlu mengimpor setiap file atau folder ke Google Drive kamu secara manual, metode ini memungkinkan kamu menyimpan data ke folder di komputer kamu dan menyinkronkannya secara online. Berikut ini cara menyimpannya.

1) Buka https://www.google.com/drive/download/ dan pilih download dari opsi Pribadi.

Tutorial Cara untuk Menyimpan File di Google Drive


2) Setelah download kamu selesai, jalankan file instalasi Backup dan Sync.

3) Ikuti proses instalasi, termasuk masuk ke akun Google kamu. Pastikan saat memilih folder di komputer kamu untuk disinkronkan dengan ada cukup ruang pada mesin kamu untuk menyimpannya. Pilih Folder untuk menetapkan tujuan penyimpanan kamu jika kamu tidak suka yang disarankan Google.

4) Pilih jika kamu ingin foto dan video kamu disimpan pada ukuran aslinya atau dalam kualitas yang dioptimalkan. Opsi Google berkualitas tinggi menyimpan konten kamu pada ukuran file yang diperkecil, membantu kamu meminimalkan penggunaan penyimpanan online kamu. File-file ini tampak hebat tetapi mungkin tidak pada tingkat definisi yang sama dengan file aslinya. Jika kamu menggunakan Google Drive untuk menyimpan fotografi definisi tinggi, kamu ingin memilih kualitas asli. Orang lain kemungkinan besar tidak akan bisa membedakannya.

5) Pilih berapa banyak Google Drive kamu yang akan disinkronkan ke komputer kamu. Mayoritas pengguna tidak perlu mengakses semua yang ada di Google Drive mereka setiap saat. Dengan selektif dengan folder yang kamu sinkronkan, pengguna komputer dapat menghemat ruang berharga di mesin mereka. Di dunia di mana laptop tidak lagi menjadi standar dengan hard drive terabyte, menjadi efisien dengan penyimpanan hard drive kamu lebih penting daripada sebelumnya. Hanya selaraskan folder di Drive kamu yang harus kamu akses tanpa menyalakan browser. Setelah kamu siap, tekan Mulai. Google Drive akan terbuka di komputer kamu dan mulai menyinkronkan file Anda.

6) Saat Anda ingin mengunggah untuk menyimpan file ke Google Drive kamu, cukup pindahkan ke folder yang kamu pilih sebagai tujuan Google Drive Sync kamu. Nanti saat kamu memeriksa Google Drive kamu, file-file itu akan diunggah atau tersimpan secara otomatis.

Somoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "TUTORIAL CARA UNTUK MENYIMPAN FILE DI GOOGLE DRIVE"