HARI AIR SEDUNIA 2022: TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

cgtrend.blogspot.com: Hari Air sedunia dirayakan atau diperingati secara Internasional termasuk Indonesia setiap tahun jatuh pada pada tanggal 22 Maret bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah air. Perayaan ini merupakan acara tahunan yang diperingati setiap tahun hasil inisiatif Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Saat ini, 1 dari 10 orang tidak memiliki akses ke air bersih dan aman, masalah yang berdampak langsung pada ekonomi, kesehatan populasi, dan kesejahteraan wanita dan anak-anak di seluruh dunia. Dengan mengangkat permasalahan pengelolaan Air tersebut umumnya tema ditentukan seperti tahun sebelumnya tentunya diharapkan bisa mempromosikan penghargaan terhadap air untuk kehidupan yang lebih baik dan masa depan bukan sekedar kata ataupun ucapan.


Peringatan Hari Air Dunia dimulai pada tanggal 22 Maret setiap tahun sejak tahun 1993. Perayaan pertama dari Hari Air sedunia secara resmi dimulai sebagai suatu hari internasional untuk merayakan air tawar direkomendasikan pada Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan (UNCED) 1992 di Rio de Janeiro. Majelis Umum PBB menetapkan 22 Maret 1993 sebagai Hari Air Dunia pertama.



https://cgtrend.blogspot.com/


TANGGAL HARI AIR SEDUNIA 2022

Hari Air Sedunia dalam bahasa Inggris World Water Day 2022 akan dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 22 Maret, pada hari Jumat.


SEJARAH

Berdasarkan sejarah singkat Hari Air Sedunia memaknai tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah air seperti masalah sanitasi dan kekurangan air di banyak bagian dunia. Saat ini, 1 dari 10 orang tidak memiliki akses ke air bersih dan aman, masalah yang berdampak langsung pada ekonomi, kesehatan populasi, dan kesejahteraan wanita dan anak-anak di seluruh dunia.


Pada tahun 1992, Hari Air Sedunia diusulkan pada Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan. Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menanggapi usul ini pada tahun 1993 dengan menyatakan 22 Maret sebagai Hari Air Sedunia. Setiap tahun, badan Air PBB mengalokasikan tema yang sesuai dengan tantangan saat ini atau potensial untuk Hari Air Sedunia


Ini mencakup pengertian bahwa Hari Air Sedunia adalah telah dimasukkan dalam kalender oleh “Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio De Janeiro pada tahun 1992. Perayaan Hari Air Dunia Pertama adalah pada tanggal 22 Maret 1993. Hari ini adalah tentang pengelolaan air tawar dan juga penghematan sumber daya yang merupakan anugerah alam. Ini adalah tujuan utama dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dibuat pada tahun 2015 untuk dicapai pada tahun 2030 secara universal.


MENGAPA HARI AIR SEDUNIA DIPERINGATI

Menurut situs resmi PBB untuk Air, Hari Air Sedunia adalah peringatan internasional dan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang masalah terkait air, terinspirasi untuk memberi tahu orang lain dan mengambil tindakan untuk membuat perbedaan. Setiap tahun, Badan Air PPB mengoordinasikan pekerjaan mereka khusunya tentang air dan sanitasi juga menetapkan tema untuk Hari Air Sedunia yang terkait dengan tantangan saat ini atau masa depan. Kampanye keterlibatan dikoordinasikan oleh satu atau beberapa Anggota mereka dengan mandat terkait.


BAGAIMANA HARI AIR SEDUNIA DISELENGGARAKAN

Sambut hari Air Sedunia, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 22 Maret, adalah hari merayakan air, untuk membantu membuat perbedaan bagi mereka yang menderita masalah terkait air, dan hari untuk mempersiapkan masalah air di masa depan.


Tema untuk Hari Air Sedunia 2022 adalah "Groundwater" atau Air Tanah. Air adalah hak asasi manusia, oleh karena itu berbagai acara yang diselenggarakan untuk perayaan hari Air Sedunia termasuk kegiatan acara, konferensi, berbagai pameran, simposium, debat tentang topik terkait dan banyak lagi. Tokoh masyarakat dan masyarakat umum juga terlibat dalam perayaan itu. Upacara penghargaan diselenggarakan untuk mendistribusikan hadiah untuk prestasi khusus terkait dengan penelitian juga pelestarian maupun mengelolaan Air Tanah.


Beberapa contoh Acara kegiatan penyelenggaraan untuk memperingati atau merayakan sambut hari Air Sedunia:

1.Bersihkan sumber air lokal Anda

Ajak dan motivasi beberapa teman dan diri Anda sendiri untuk membersihkan selokan air. Ini mungkin tampak seperti langkah kecil dan tidak signifikan, tetapi sampah dan limbah sangat berbahaya bagi satwa liar baik dihutan ataupun lingkungan hidup kita. Juga, sungai-sungai kecil dan sungai-sungai di dekat Anda kemungkinan mengalir ke badan air yang lebih besar. Jika Anda tidak mengambil sampah yang dibuang, itu bisa menemukan jalannya ke laut dan menjadi berita yang sangat buruk bagi seekor ikan atau burung camar.

2. Cobalah untuk menghemat air Anda

Mungkin sepertinya Anda tidak menggunakan banyak air dalam kehidupan sehari-hari, tetapi Anda akan terkejut betapa banyak air yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas rumah tangga. Rata-rata kamar mandi di Indonesia menggunakan sekitar 17 galon air, sedangkan satu toilet flush menggunakan 7 galon ini sangat mengejutkan. Jika Anda tertarik untuk mengurangi penggunaan air harian, ada banyak alat seperti toilet aliran rendah dan kepala pancuran yang dapat membantu Anda melakukan hal itu.

3. Atur acara untuk meningkatkan kesadaran

Jika Anda ingin melihat dampak besar dan langsung, Anda dapat mengatur acara amal. Di seluruh dunia, masyarakat mengadakan acara untuk Hari Air Sedunia. Anda dapat fokus hanya pada peningkatan kesadaran tentang sejumlah masalah terkait air yang kita hadapi, atau Anda bahkan dapat mengumpulkan sumbangan untuk daerah-daerah dengan kebutuhan ekstrim.



TEMA HARI AIR SEDUNIA

Tema peringatan hari air sedunia

TAHUN
TEMA
1993 Pertama kali perayaan Air - tema umum
1994 Peduli terhadap Sumber daya Air adalah Tanggng Jawab Setiap Orang
1995 Air dan Perempuan
1996 Air bagi Kota-kota yang Kehausan
1997 Air Dunia: Apakah Cukup?
1998 Air Tanah-Sumber Daya yang Tidak Terlihat
1999 Setiap Orang Tinggal di Kawasan Hilir
2000 Air untuk Abad 21
2001 Air untuk Kesehatan
2002 Air untuk Pembangunan
2003 Air untuk Masa Depan
2004 Air dan Bencana
2005 Air untuk Kehidupan
2006 Air dan Kebudayaan
2007 Menanggulangi Kelangkaan Air
2008 Berkaitan dengan tahun sanitasi internasional
2009 Air Lintas Batas
2010 Air Bersih Untuk Dunia yang Sehat
2011 Air untuk Perkotaan
2012 Air dan Ketahanan Pangan
2013 Tahun Kerja sama Air Internasional
2014 Air dan Energi
2015 Air dan Pembangunan Berkelanjutan
2016 Hubungan Air dan Pekerjaan yang Dimiliki
2017 Air Limbah: Sumber Daya yang Belum Dimanfaatkan
2018 Solusi Berbasis Alam untuk Air
2019 Leaving no one behind
2020 Air dan Perubahan Iklim dalam bahasa Inggris: Water and Climate Change
2021 Menghargai Air
2022 Air Tanah
2023



UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI AIR SEDUNIA

Berikut merupakan contoh-contoh dari kumpulan ucapan selamat yang dapat digunakan untuk mengucapakan selamat hari Air sedunia. Adapun ucapan-ucapannya berupa kata bijak / mutiara sebagai berikut dalam artikel cgtrend.blogspot.com:


cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati hari Air. Air, Pusat Kehidupan. Air adalah materi dan matriksnya, ibu dan medium. Air adalah zat yang paling luar biasa yang diberikan Tuhan dalam kehidupan


Selamat Memperingati Hari Air. Air menghubungkan lingkungan hidup, ekosistem, hutan dan semua elemen alam baik di bumi juga langit karena alam ini karunia Tuhan yang mesti diletarikan.


Selamat Memperingati Hari Air ke-30. Ribuan orang hidup tanpa cinta, tidak ada yang tanpa air


Selamat Memperingati Hari Air yang ke-30 2022. Dengan air, kita memberikan kehidupan untuk segalanya. Jadi letarikan Bumi, Lestarikan Alam, Lestarikan Hutan Dunia Lestarikan Air untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.


Selamat Memperingati Hari Air ke-30 22 Maret 2022. Tidak ada yang memiliki lebih banyak motivasi dengan tantangan besar kecuali Anda ahli Air. Jangan abaikan ketika limbah mengotori, Jangan menutup mata ketika bumi dan air mulai berselimut polusi.


Selamat Memperingati Hari Air 2022 yang ke-30. Jika Anda tidak ingin hidrasi mental maka pikirkan konservasi air.


Selamat Hari Air Sedunia 2022. Embun adalah Tanda kuasa Tuhan yang dikaruniai melalui setiap jengkal tanah di hutan juga dunia, membuka setiap gumpalan, dan menghancurkan keseluruhannya.


Selamat Hari Air dunia 2022 ke-30, Jadikan Matahari, Bumi Air, dan Cuaca tetap indah dengan menjaga alam bumi ini termasuk air, hutan serta seisi bumi.


Selamat Hari Air Internasional dan Selamat Hari Lingkungan Hidup 2022. Hiduplah dengan sehat dengan menghargai hidup sesama termasuk ekosistem bumi ini.


Selamat Hari Air dan Selamat Hari Hutan Sedunia 2022. Setetes air bernilai lebih dari sekarung emas untuk orang yang haus


Selamat Hari Air Sedunia 22 Maret. Air semakin menipis, berkali-kali lebih cepat daripada yang bisa diisi oleh alam. - Maude Barlow


Jutaan orang kita meninggal setiap tahun karena penyakit yang ditularkan melalui air. Jadi jangan cemari dia dengan polusimu.


Selamat Hari Air dan Selamat Hari Hutan Internasional 2022. Air adalah satu-satunya zat yang darinya bumi tidak bisa menyembunyikan apa pun, ia menghisap rahasia terdalamnya dan membawanya ke bibir kita.


Baca:



KESIMPULAN HARI AIR SEDUNIA 2022: TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

Mungkin hari Air sedunia belum begitu dikenal oleh banyak khalayak, memalui tulisan mengenai tanggal, sejarah, tema dan ucapan selamat memperingati hari air ini semoga memberikan sedikit ulasan juga wawasan dalam mempromosikan peringatan tersebut. Semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "HARI AIR SEDUNIA 2022: TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI"