ISRA MIRAJ 2023/2024| JATUH PADA TANGGAL 18 FEBRUARI TAHUN 1444 HIJRIYAH, APA HIKMAHNYA?

Selamat memperingati Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW, cgtrend.blogspot.com, - Setiap Tahun tgl 27 Rajab dalam penanggalan Hijriyah umat Islam akan memperingati hari bersejarah juga bermakna bagi kaum muslim di seluruh dunia yaitu Isra Miraj. Isra Mi'raj bahkan ada yang mengatakan Isro Mi'roj, Isra Mikraj ataupun Isra'wal Miraj dalam bahasa Arab secara umum disebut dengan istilah rajaban adalah salah satu perayaan keagamaan terbesar yang terdapat di Indonesia.


Hari Peringatan Acara Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW biasanya akan diisi dengan kegiatan bermanfaat dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan konsep acara sholawat, menghadiri tabligh akbar dan pengajian. Isra Mi'raj adalah memiliki maka yang sesungguhnya sangat mendalam bagi Islam, Apalagi makna dari Kisah Isra Mi'raj terdiri dari dua bagian utama.


Bagian pertama dari cerita dimulai dengan Nabi Muhammad di Mekah. Nabi Muhammad dikunjungi oleh dua malaikat utama yang memberinya kuda bersayap yang disebut Buraq. Buraq membawa Nabi ke 'Baitul Maqdis', yang diyakini oleh umat Islam sebagai masjid Al Aqsa di Yerusalem, tempat Nabi SAW bergabung dengan para nabi di masa lalu dalam doa / Shalat. Nabi kemudian naik ke surga di mana beliau diberitahu oleh Allah SWT tentang kewajiban bagi umat Islam untuk shalat lima waktu sehari yang menjadi bagian dari rukun Islam. Bagian kedua dari perjalanan ini biasa disebut sebagai Miraj, sebuah kata Arab yang berarti "naik ke atas." Kata singkat dalam pengertiannya, Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan suci, dan bukan sekadar perjalanan “wisata” biasa bagi Rasul. Sehingga peristiwa ini menjadi perjalanan bersejarah yang akan menjadi titik balik dari kebangkitan dakwah Rasulullah SAW.


https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar Hikmah: contoh tema ucapan hari isra miraj nabi muhammad saw



Di Indonesia, Hari Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW atau Isra Miraj Nabi telah ditetapkan sebagai hari libur Nasional. Telah menjadi tradisi selain saling memberi ucapan sebagai doa, bagi umat Islam Indonesia memperingati Isra Miraj Nabi dengan berbagai kegiatan Isra Miraj atau rajaban termasuk thn 2023 1444 H. Peringatan acara Isra Miraj dilakukan oleh setiap daerah seperti acara rajaban sebagai tradisi marhabanan pada peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad dengan cara-cara masyarakat merayakan atau memperingati sesuai dengan tradisi daerahnya.


Diluar dari Tradisi Isra Mi'raj dan 2023 dan 2024. Berikut ini Hikmah yang bisa didapatkan dari peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Adapun hikmah-himkah tersebut sebenarnya banyak namun pada uraian sekarang cgtrend memiliki beberapa hikmahnya sebagai bahan referensi.


Isra ’dan Mi‘raj tidak dimaksudkan hanya untuk membuat kita merasa baik; peristiwa ini adalah puncak dari periode panjang perjuangan yang sulit untuk membangun hiruk-pikuk Allah (swt) di bumi. Kita harus bertanya: mengapa Allah SWT menempatkan Rasul tercinta melalui banyak cobaan dan kesengsaraan? Tentunya, Allah SWT tidak bermaksud Nabi SAW untuk menderita begitu banyak! Allah SWT ingin menunjukkan kepada kita bahwa dalam proses mendirikan Islam, akan ada tantangan, beberapa sangat sulit, didampingi oleh banyak pengorbanan. Ini dimaksudkan untuk membedakan yang benar-benar dilakukan dari mereka yang hanya mengungkapkan kepercayaan mereka.


Islam tidak didirikan dalam sehari. Nabi SAW harus berjuang selama 23 tahun; 13 pertama dihabiskan dalam keadaan yang sangat sulit dan sulit. Bahkan setelah Nabi dan teman-temannya bermigrasi ke Madinah dan mendirikan Negara Islam, tidak ada jeda. Musyrik Makkan juga sekutu Yahudi mereka melanjutkan taktik mengganggu mereka, berulang kali menyerang Madinah untuk menghilangkan kehadiran kekuatan Islam. Rasulullah SAW dan pengikutnya yang berkomitmen melakukan pengorbanan besar demi Islam - dengan kekayaan mereka dan dengan hidup mereka. Hanya setelah pengorbanan dan perjuangan ini, Islam mendapatkan basis kekuatan di Semenanjung Arab.


Apabila beberapa Muslim percaya bahwa dengan melakukan hari peringatan saja, mereka akan dapat membangun Islam, maka mereka tidak tahu apa-apa tentang pesan Al-Qur'an dan Sunnah dan pesan Rasulullah SAW. Perayaan Isra ’dan Mi‘raj akan menjadi ritual lain yang mereka nikmati tanpa membuat perbedaan dalam hidup mereka. Inilah saatnya untuk bergerak melampaui ritual.


Sekarang sudah tidak bingungkan kalo bulan rajab untuk Isra Miraj 2023 jatuh pada hari bulan apa. Jadi menyambut Isra Mir'raj di 2023/2024 yang jatuh pd hari Sabtu tanggal 18 Februari 2023 atau 27 Rajab 1444 Hijriyah ini maka penting kita mendapatkan hikmah dari Isra Miraj Nabi tersebut. Demikianlah artikel yang dapat dishare penulis cgtrend.blogspot.com, Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "ISRA MIRAJ 2023/2024| JATUH PADA TANGGAL 18 FEBRUARI TAHUN 1444 HIJRIYAH, APA HIKMAHNYA?"