HARI KESEHATAN DUNIA 2020 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

cgtrend.blogspot.com: Hari Kesehatan Dunia adalah hari kesadaran kesehatan global / Internasional yang dirayakan setiap tahun pada 7 April, di bawah sponsor dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), serta organisasi terkait lainnya. Perayaan ini merupakan acara tahunan yang diperingati setiap tahun oleh hampir seluruh organisasi yang peduli kesehatan di seluruh dunia dan juga komunitas kesehatan di seluruh dunia internasional dengan menggunakan tema pilihan terbaik tahun ini untuk memperingati sejarah pertama Majelis Kesehatan Dunia Pertama untuk terus mengawasi masalah hak, kesehatan, gizi dan hal terkait dengan kesehatan masyarakat supaya memiliki kehidupan yang sehat, lebih baik dan masa depan bukan sekedar kata ataupun ucapan.


Pada tahun 1948, WHO mengadakan Majelis Kesehatan Dunia Pertama. Majelis memutuskan untuk merayakan 7 April setiap tahun, dengan efek dari tahun 1950, sebagai Hari Kesehatan Dunia. Hari Kesehatan Sedunia diadakan untuk menandai pendirian WHO, dan dipandang sebagai peluang oleh organisasi untuk menarik perhatian dunia pada subjek yang sangat penting bagi kesehatan global setiap tahun. WHO menyelenggarakan acara internasional, regional dan lokal pada Hari yang berkaitan dengan tema tertentu. Hari Kesehatan Dunia diakui oleh berbagai pemerintah dan organisasi non-pemerintah dengan minat dalam masalah kesehatan masyarakat, yang juga mengorganisir kegiatan dan menyoroti dukungan mereka dalam laporan media, seperti Dewan Kesehatan Global.


Hari Kesehatan Dunia adalah salah satu dari delapan kampanye kesehatan global resmi yang ditandai oleh WHO, bersama dengan Hari Tuberkulosis Dunia, Pekan Imunisasi Dunia, Hari Malaria Dunia, Hari Tanpa Tembakau Dunia, Hari AIDS Sedunia, Hari Donor Darah Dunia, dan Hari Hepatitis Dunia.







1. HARI KESEHATAN DUNIA 2020

Hari Kesehatan Dunia 2020 dalam bahasa Inggris World Health Day akan dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 7 April, pada hari selasa.

HARI KESEHATAN DUNIA 2020: TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

2. SEJARAH HARI KESEHATAN DUNIA

Mengutip dari WHO, Pada tahun 1948, Majelis Kesehatan Dunia Pertama menyerukan penciptaan "Hari Kesehatan Dunia". Sejak 1950, Hari Kesehatan Dunia dirayakan pada tanggal 7 April setiap tahun. Tujuan Hari Kesehatan Dunia adalah untuk meningkatkan kesadaran global akan tema kesehatan tertentu untuk menyoroti area prioritas yang menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hari ini berfungsi sebagai peluncuran untuk program advokasi jangka panjang yang kegiatannya akan dilakukan dan sumber daya yang disediakan melampaui 7 April.



3. MENGAPA HARI KESEHATAN DUNIA DIPERINGATI

Hari Kesehatan Dunia bukan tentang mencuci tangan dan makan sehat. Ini adalah hari yang diperingati di seluruh dunia oleh pemerintah dan organisasi kesehatan non-pemerintah yang berfokus pada mempromosikan kebiasaan hidup sehat yang meningkatkan harapan hidup orang-orang di seluruh dunia. Ada kegiatan yang terorganisir, janji, dan rencana dukungan seperti konferensi untuk petugas kesehatan, pengarahan untuk politisi lokal, pameran informasi untuk anak-anak dan remaja, pawai dan demonstrasi publik, serta akses gratis atau mudah ke tes kesehatan. Perdebatan tentang topik terkait, pameran seni, penulisan esai, kompetisi dan upacara penghargaan juga berlangsung pada Hari Kesehatan Dunia. Hari istimewa ini telah menjadi aksi kolektif yang bertujuan melindungi kesehatan dan kesejahteraan manusia secara global.



4. BAGAIMANA HARI KESEHATAN DUNIA DISELENGGARAKAN

Acara dan Hal yang Dapat Dilakukan Hari Kesehatan Sedunia:
  1. Periksa tekanan darah Anda! Tekanan darah tinggi adalah pembunuh diam-diam yang dikenal secara besar-besaran meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  2. Kurangi konsumsi garam dan alkohol. Konsumsi alkohol dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan peningkatan penyakit jantung, kerusakan otak, kanker dan penyakit hati. Konsumsi garam dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan penyakit jantung, penurunan fungsi otak dan masalah ginjal.
  3. Bermain olahraga atau berolahraga. Olahraga meningkatkan detak jantung, membakar kalori, melepaskan endorfin dan membantu menjalani gaya hidup sehat untuk memerangi penyakit.
  4. Pesan janji temu untuk pemeriksaan tahunan Anda.
  5. Belajarlah mengenali gejala diabetes. Temui dokter Anda dan diskusikan risiko diabetes Anda.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda tetap sehat dan bahagia di tempat kerja. Adapun cara-cara tersebut:
  • Tetap bebas kuman! Cuci tanganmu. Ribuan kuman hanya menunggu untuk membuat Anda sakit. Keluarkan desinfektan dan bersihkan ponsel, keyboard, dan apa pun yang sering Anda gunakan. Hindari kontak langsung dengan rekan kerja yang sakit.
  • Makan sarapan! Telah terbukti bahwa orang yang sarapan lebih sehat.
  • Pikirkan olahraga! Jika Anda menggunakan transportasi umum, turunlah lebih awal, naik tangga daripada lift, parkir lebih jauh di tempat parkir.
  • Minum air! Tetap terhidrasi membuat Anda tetap berenergi dan mencegah Anda berpikir Anda lapar.
  • Jangan melewatkan makan siang! Makan siang yang sehat adalah bagian penting dari diet seimbang.
  • Waspadai kelelahan mental! Jaga benda-benda yang indah dan pribadi agar terlihat - mereka memiliki cara untuk menenangkan saraf yang tegang.
  • Jangan abaikan stres! Gejalanya meliputi jantung berdebar atau jantung berdebar, mulut kering, sakit kepala, sakit dan nyeri yang aneh.
  • Hindari otot yang terlalu banyak bekerja dan istirahat teratur! Cedera regangan berulang lebih mungkin terjadi jika Anda menghabiskan waktu lama tanpa istirahat. Duduk dengan benar dan gunakan speaker ponsel, dudukan bahu, atau gunakan headset di kantor saat Anda menggunakan ponsel.
  • Bangun dan bergerak! Istirahat pendek yang sering lebih baik untuk punggung Anda daripada yang lama. Menjadi gelisah, berjalan-jalan, kunjungi rekan kerja daripada telepon, gunakan mesin fotokopi, dapatkan sinar matahari.



5. TEMA TAHUNAN HARI KESEHATAN DUNIA

Setiap tahun sejak 1995, tema tahunan dipilih yang menyoroti tahun-tahun sebagai bidang prioritas yang menjadi perhatian. Salah satu tema Hari Kesehatan Dunia yang paling efektif adalah Pemberantasan Polio Global pada tahun 1995. Berkat upaya tahun itu, tingkat kesadaran polio telah meningkat pesat dan sekarang di banyak bagian dunia orang dibebaskan dari penyakit yang menakutkan ini.


Tema penting lainnya yang diadopsi oleh WHO adalah:

TAHUN
TEMA
1995 Penghapusan Polio Global
1996  Kota Sehat untuk Kehidupan yang Lebih Baik
1997 Perkembangan Penyakit Menular
1998 Ibu yang Sehat
1999 Penuaan Aktif Membuat Perubahan
2000 Darah yang Sehat Dimulai dari Saya
2001 Kesehatan Jiwa: Hentikan Pengucilan, Pedulilah
2002 Gerakan Kesehatan
2003 Bentuk Masa Depan Kehidupan: Lingkungan Sehat untuk Anak
2004 Keselamatan jalan
2005 Jadikan setiap ibu dan anak berharga
2006 Kerja sama untuk kesehatan
2007 Keamanan kesehatan internasional
2008 Lindungi kesehatan dari efek merugikan perubahan iklim
2009 Selamatkan jiwa. Jagalah Rumah Sakit saat Keadaan Darurat
2010 Urbanisasi dan kesehatan: Ciptakan kota yang lebih sehat
2011 Kekebalan anti-mikroba: Tanpa aksi hari ini, tidak ada kesembuhan besok
2012 Kesehatan yang baik menambah masa hidup
2013 Tekanan Darah Tinggi
2014 Penyakit yang ditularkan melalui vektor: gigitan kecil, ancaman besar
2015 Keamanan yang sehat dan Aman
2016 Menghentikan kenaikan: mengalahkan diabetes
2017 Depresi: Ayo bicara
2018 Cakupan Kesehatan Universal
2019 Kesehatan universal: Semua Orang, Di Mana Saja
2020 Mendukun Para Perawat dan Bidan (dalam bahasa Inggris: Support nurses and midwives)
2021

Tema tahun ini untuk Hari Kesehatan Dunia 2020 adalah Perawat dan Bidan.


6. UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI KESEHATAN DUNIA

Berikut merupakan contoh-contoh dari kumpulan ucapan selamat yang dapat digunakan untuk mengucapakan selamat hari kesehatan se dunia dalam tulisan blog cgtrend.blogspot.com. Adapun ucapan-ucapannya berupa kata bijak / mutiara sebagai berikut.

cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati hari kesehatan. Mereka yang berpikir mereka tidak punya waktu untuk berolahraga akan cepat atau lambat harus mencari waktu untuk sakit

Pada 7 April, Hari Kesehatan, cgtrend harap Anda semua memiliki kehidupan yang panjang, bahagia dan sehat! Selamat Hari Kesehatan Dunia!

Selamat Memperingati Hari Kesehatan Dunia. Tawa yang baik dan tidur yang lama adalah obat terbaik di kamar dokter

Selamat Memperingati Hari Kesehatan sedunia 2020. Jiwa yang sedih bisa membunuhmu lebih cepat dari kuman.

Baca:


Selamat Memperingati Hari Kesehatan 7 Maret 2020. Makan dengan benar, berolahraga secara teratur, tetap sehat.

Selamat Hari Kesehatan dan Selamat Hari Keselamatan Kerja. Keceriaan adalah promotor kesehatan karena itu teman terbaik untuk pikiran dan tubuh.


7. KESIMPULAN HARI KESEHATAN SEDUNIA 2020: TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI


Mungkin topic hari kesehatan dunia belum begitu dikenal oleh banyak khalayak, melalui tulisan mengenai tanggal, sejarah, tema dan ucapan selamat memperingati hari kesehatan ini semoga memberikan sedikit ulasan juga wawasan dalam mempromosikan peringatan tersebut secara nasional di cgtrend.blogspot.com. Semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "HARI KESEHATAN DUNIA 2020 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI"