HARI NELAYAN NASIONAL 2019 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

Hari Nelayan Nasional diperingati atau dirayakan setiap tahun pada 6 April di seluruh Indonesia oleh komunitas nelayan. Hari ini umumnya dirayakan melalui aksi unjuk rasa, lokakarya, pertemuan publik, program budaya, drama, pameran, pertunjukan musik, dan demonstrasi untuk menyoroti pentingnya menjaga perikanan juga peran penting nelayan nasional. Hari Nelayan Nasional membantu menyoroti pentingnya kehidupan manusia, air dan kehidupan yang ditopangnya, baik di dalam maupun di luar air. Air membentuk sebuah kontinum, baik yang terkandung di sungai, danau, dan laut. Kadang secara ini juga dikatakan sebagai hari pesta nelayan. Walaupun demikian pesta ini bukan hanya untuk berhura-hura namun ungkapan syukur juga mengapresiasi atas jasa para nelayan Indonesia dalam upaya pemenuhan kebutuhan Protein dan Gizi seluruh masyarakat. Oleh sebab itu menjelang pesta hari nelayan nasional banyak mengangkat tema permasalahan tentang kesejahteraan nelayan dalam arti tema ditentukan seperti tahun sebelumnya diharapkan bisa mempromosikan penghargaan terhadap nelayan-nelayan untuk kehidupan mereka yang lebih baik dan masa depan bukan sekedar kata ataupun ucapan.

HARI NELAYAN NASIONAL 2019 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI


Pesta Perayaan Hari Nelayan Nasional jatuh pada tanggal 6 April setiap tahu sejak tahun 1960. Asal usul perayaan pertama dari Hari Nelayan Nasional bermula dari tradisi turun-temurun untuk mengungkapkan syukur atas kesejahteraan hidup yang diberikan. Sejak masa pemerintahan Orde Baru kemudian ini dijadikan sebagai hari penting di bulan April untuk merayakan profesi Nelayan yang merupakan salah satu aset nasional dalam menunjang perekonomian nasional termasuk sektor perikanan dan kelautan Indonesia. Maka dari itu pemerintah masa itu menjadikan 6 April 1960 sebagai Hari Nelayan Nasional pertama.


HARI NELAYAN NASIONAL 2019

Hari Nelayan Nasional 2019 dalam bahwa Inggris National Fisherman Day in Indonesia akan dirayakan secara nasional pada tanggal 6 April, pada hari Sabtu.

Untuk tahun 2019 ini masih terdapat usulan juga permintaan dari beberapa pihak melalui Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) agar pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 21 Mei sebagai Hari Nelayan Nasional. Hal tersebut dilakukan agar nelayan nasional bisa terayomi.

HARI NELAYAN NASIONAL 2019 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI


HNSI meminta 21 Mei ditetapkan sebagai Hari Nelayan sebagai bentuk perhatian negara terhadap para nelayan dan berharap ini ditetapkan sebelum pemilu tahun ini.

Artinya apabila pengumuman ditetapkannya hari nasional untuk nelayan jatuh pada 21 Mei maka hari ini akan menjadi awal resmi penetapan hari penting tersebut dibawah pemerintah pada masa sekarang.


SEJARAH HARI NELAYAN NASIONAL

Berdasarkan sejarah singkat Hari Nelayan Nasional memaknai tujuan untuk mengungkapkan syukur atas kesejahteraan hidup yang diberikan kepada penduduk Indonesia yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Selain itu melalui partisipasi dalam kegiatan pembelajaran pengalaman dan proyek aksi pada hari khusus ini, kaum muda dapat didorong untuk berkontribusi pada kesehatan ekosistem perairan dan kualitas hidup para nelayan Indonesia. Karena pemuda harus bisa atasi masalah lingkungan hidup mencakup air, hutan, kelautan melalui penelitian tujuannya tentu ini bukan sekedar berbicara tentang satu ekosistem dimana setiap ekosistem memiliki jaring-jaring makanan yang saling terkait termasuk dalam hal laut yang juga berdampak kepada kesejahteraan nelayan secara nasional. Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) juga diperlukan sehingga nelayan dapat berperan lebih optimal dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan.

Seperti diketahui Indonesia dengan kekayaan laut yang dimiliki berbanding terbalik dengan kondisi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Untuk itu, Hari Nelayan Indonesia menjadi pengingat untuk bersyukur sekaligus pendorong untuk memajukan kesejahteraan nelayan.

Pada tahun 2019, HNSI meminta 21 Mei yang sebelumnya dirayakan 6 April ditetapkan sebagai Hari Nelayan sebagai bentuk perhatian negara terhadap para nelayan dan berharap ini ditetapkan sebelum pemilu tahun ini.

Ini mencakup pengertian bahwa Hari Nelayan Nasional adalah telah dimasukkan dalam kalender oleh pemerintah di era pemerintahan sekarang sebagai visi Presiden Joko Widodo yaitu menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan laut sebagai masa depan bangsa. Dimana untuk petani sudah ada Hari Pangan. Dan untuk perikanan diahrapkan adanya ketetapan Hari Nelayan yang dirayakan secara Nasional.


MENGAPA HARI NELAYAN NASIONAL DIPERINGATI

Hari Nelayan Nasional yang diperingati tanggal 6 April, merupakan momen yang tepat bagi pemerintah untuk lebih memperhatikan kesejahteraan nelayan. Melalui program terkait kesejahteraan nelayan, diharapkan negara mampu membawa kehidupan yang lebih baik bagi nelayan.

Ini artinya tidak salah jika kita memperingati hari Nelayan Nasional karena sebgian besar penduduk Indonesia berprofesi sebagai nelayan, dan sudah saatnya nelayan berkembang dengan teknologi, aman melaut, dan kaya informasi. Tujuannya supaya nelayan sejahtera dan lepas dari belenggu kemiskinan, memiliki kompetensi, dan berpendidikan.

Program pemerintah terkait kesejahteraan nelayan baik yang sudah maupun akan diterapkan, diharapkan dapat berjalan dengan baik. Tidak seperti momen pemilihan umum (Pemilu) yang ramai di awal dengan membawa banyak harapan, lalu hilang diembus angin kemudian.


BAGAIMANA HARI NELAYAN NASIONAL DISELENGGARAKAN

Pada tanggal 6 April setiap tahunnya konon para nelayan di Pelabuhan Ratu Sukabumi mengadakan berbagai aktivitas yang meriah seperti pesta rakyat, ritual adat, lomba-lomba dan sebagainya. Bahkan menjelang pesta nelayan ke-59 Palabuan ratu panitia Hari Nelayan Nasional Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan kontes pemilihan dan seleksi Putri Nelayan Palabuan ratu tahun 2019.

Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor PER.14/MEN/2011 Tentang Usaha Perikanan Tangkap, Nelayan adalah orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan.

Tema untuk Hari Nelayan Nasional 2019 adalah beragam akan tetapi tujuannya sama yaitu; Melindungi dan mensejahterakan Nelayan dan perempuan Nelayan di seluruh Indonesia. Sesungguhnya tidaklah mudah untuk mendefinisikan nelayan dengan berbagai keterbatasannya seperti contoh apakah berdasarkan pekerjaan, tempat tinggal, maupun status pekerjaan. Namun menurut Widodo; 2006, Nelayan dapat didefinisikan sebagai orang atau komunitas orang yang secara keseluruhan atau sebahagian dari hidupnya tergantung dari kegiatan menangkap ikan. oleh karena itu berbagai acara yang diselenggarakan untuk perayaan hari Nelayan Nasional termasuk kegiatan acara, konferensi, berbagai pameran, simposium, debat tentang topik terkait dan banyak lagi. Tokoh masyarakat dan masyarakat umum juga terlibat dalam perayaan itu. Upacara ini juga diisi dengan tarian tradisional dan pelepasan sajen ke laut dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan semakin meningkat. akan tetapi, berbeda dengan jaman dulu, sajen yang digunakan sekarang ini berupa benih ikan, tukik (anak penyu) sampai benur (bibit udang) diteluk Pelabuhan Ratu Banten.


TEMA HARI NELAYAN NASIONAL

Berikut kumpulan tema tema untuk perayaan hari Nelayan Nasional yang menurut cgtrend sebagai tema-tema terbaik tiap tahun yang dikutip dari berbagai sumber.
  • Tingkat Kesejahteraan Nelayan di Indonesia, Dan Jadikan Nelayan Nasional yang berpendidikan.
  • Hari Syukuran Nelayan momentum bersyukur atas karunia Tuhan yang diberikan melalui Laut Indonesia.
  • Lindungi dan Sejahterakan Nelayan dan Perempuan Nelayan.
  • Kehidupan Nelayan dan Masa Depan Maritim Indonesia.
  • Hari Nelayan Nasional Momentum Sejahterakan Pahlawan Bahari.
  • Apresiasi terhadap Perjuangan dan Pengorbanan para Nelayan yang Turut dalam Pembangunan Perekonomian Indonesia.
  • Kita Wujudkan Nelayan Sejahtera, Produktif dan Berakhlak Mulia Demi Tercapainya Laut Lestari.
  • Mewujudkan Desa Nelayan Mandiri.
  • Perlindungan Nelayan dalam Penataan Ruang Laut.
  • Gorong Royong bersama Nelayan Mewujudkan Keselamatan dan Kemanan Laut
  • Hari Nelayan Sebagai Momentum Pelestarian Budaya dan Solidarisme Dalam Upaya Mendukung Penetapan Geopark Ciletuh oleh UNESCO Menuju Kabupaten Sukabumi Lebih Baik.


UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI NELAYAN NASIONAL

Berikut merupakan contoh-contoh dari kumpulan ucapan selamat yang dapat digunakan untuk mengucapakan selamat hari Nelayan Nasional. Adapun ucapan-ucapannya berupa kata bijak / mutiara sebagai berikut.

cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati Hari Nelayan Nasional. Jayalah Nelayanku... terima kasih atas jasa-jasa yang tak ternilai.

Selamat Memperingati Hari Nelayan Nasional. Mari kita jaga nelayan dan laut kita.

Selamat Memperingati Hari Nelayan ke-59. Setiap orang memiliki hak untuk bekerja, untuk bebas memilih pekerjaan, untuk kondisi kerja yang adil dan menguntungkan dan untuk perlindungan terhadap pengangguran. Setiap orang, tanpa diskriminasi apa pun, memiliki hak atas pembayaran yang sama untuk pekerjaan yang sama. Setiap orang yang bekerja memiliki hak atas upah yang adil dan menguntungkan yang memastikan bagi dirinya dan keluarganya keberadaan yang layak untuk martabat manusia, dan ditambah, jika perlu, dengan cara lain perlindungan sosial. etiap orang memiliki hak untuk membentuk dan bergabung dengan serikat pekerja untuk melindungi kepentingannya. Hak-hak dasar buruh ini adalah hak asasi manusia, dan mereka juga harus menjadi hak nelayan!

Selamat Memperingati Hari Nelayan Nasional yang ke-59 2019. jaga laut indonesia untuk kesejahteraan nelayan.

Selamat Memperingati Hari Nelayan ke-59 6 April 2019. Terima kasih Bapak dan Ibu Nelayan. semoga sektor perikanan dan kelautan Indonesia dapat berjaya dan perekonomian para nelayan semakin meningkat.

Selamat Memperingati Hari Nelayan 2019 yang ke-59. Sejahtera terus nelayan Indonesia

Selamat Hari Nelayan Nasional. Nelayan Sejahtera Indonesia jaya. Kunci dari cita-cita Indonesia untuk menjadi Poros Maritim Dunia adalah dengan menyejahterakan nelayan.

Selamat Hari Nelayan Nasional 2019. Kita pernah besar sebagai bangsa Bahari jadi Mari tingkatkan kepedulian kita Untuk nelayan Indonesia.

Selamat Hari Nelayan Nasional 2019 ke-59, Bagi nelayan, cantrang atau dogol merupakan alat penangkap ikan yang penuh kontroversi.

Selamat Hari Nelayan Nasional dan Selamat Hari Maritim Hidup 2019. Hiduplah dengan ramah dengan menghargai hidup sesama termasuk ekosistem dunia ini.

Selamat Hari Nelayan dan Selamat Hari Pangan Sedunia 2019. Makanan dan Manusia, Ikan dan Protein, Sehat dan gizi untuk generasi Indonesia lebih baik.

Selamat Hari Pesta Nelayan 6 April. Semoga kehidupan nelayan menjadi sejahtera dan terentaskan dari kemiskinan serta semakin memakmurkan kehidupan maritim nusantara.

Selamat Hari Nelayan dan Selamat Hari Ikan Nasional 2019. Sampah semakin hari semakin menggunung di bahari, biota laut mulai tersakiti oleh perilaku tidak bertanggunga jawab, masri sadar lingkungan untuk bahari Indonesia.



KESIMPULAN HARI NELAYAN NASIONAL 2019 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

Mungkin hari Nelayan Nasional belum begitu dikenal oleh banyak khalayak, memalui tulisan mengenai tanggal, sejarah, tema dan ucapan selamat memperingati hari Nelayan ini semoga memberikan sedikit ulasan juga wawasan dalam mempromosikan peringatan tersebut. Semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "HARI NELAYAN NASIONAL 2019 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI"