APA ITU BUKA PUASA DAN SAHUR SELAMA BULAN RAMADHAN?

cgtrend.blogspot.com: Selama bulan Ramadhan, buka puasa adalah waktu berbuka puasa setelah matahari terbenam. Biasanya, orang akan menikmati kurma, aprikot kering dan jus Ramadhan, sebelum menuju ke sholat malam.


Baca : UCAPAN SELAMAT BERBUKA, KATA SAHUR DAN DOA


Setelah itu, makan bersama adalah noma juga tradisi, biasanya dengan keluarga dan teman. Sahur adalah makanan yang dilakukan sebelum matahari terbit, sebelum hari puasa dimulai atau sesuai jadwal imsak untuk wilayah sendiri.


Banyak hotel yang menyelenggarakan prasmanan kecil, kegiatan tradisional, dan lainnya untuk merayakan sampai jam-jam pagi.


Ramadhan tahun ini jatuh pada awal hari Sabtu 2 April hingga hari Minggu 1 Mei sambil menunggu pengumuman resmi sidang Isbat Kementerian Agama - kemenag Indonesia.

https://cgtrend.blogspot.com/


Selama waktu itu, populasi Muslim dunia akan mengambil bagian dalam Bulan Suci - dengan puasa dari matahari terbit hingga terbenam menjadi salah satu dari lima rukun Islam.


Trending Topic telah menghasilkan panduan pemula yang berguna untuk memberi Anda semua detail dan membantu Anda memahami waktu penting ini.


APA ITU RAMADHAN?

Ini adalah Bulan Suci dalam Kalender Islam, ketika umat Islam berpuasa (juga dikenal dalam bahasa Arab sawm) dari matahari terbit hingga terbenam selama sekitar 30 hari. Melakukan hal itu adalah salah satu dari lima rukun Islam. Tanggal berubah setiap tahun karena mereka ditentukan oleh penampakan bulan baru - bagi banyak Muslim, di Indonesia. Awal dan akhir Ramadhan akan diumumkan sehari sebelumnya.


BISAKAH NON-MUSLIM TERLIBAT?



Pastinya. Di berbagai wilayah maupun daerah banyak acara buka puasa dan sahur diadakan di seluruh negeri sebagai cara untuk menyatukan seluruh komunitas. Bahkan jika Anda belum berpuasa, Anda tetap dapat bergabung. Berikut adalah beberapa cara Anda bisa terlibat ...
  • Saling bertukar ucapan salam Ramadhan, terutama di awal bulan. Kata ‘Kareem’ dalam frasa / kalimat ‘Ramadhan Kareem’ adalah sama dengan ‘dermawan’, jadi ungkapan itu berarti ‘saya mengucapkan selamat Ramadhan yang murah hati’.
  • Ikuti semangat amal selama Bulan Suci dengan menyumbang ke kamp Ramadhan, paket perawatan, dan organisasi amal lainnya.
  • Berpuasa bersama dengan kolega Muslim Anda selama satu atau dua hari dan berbuka bersama saat buka puasa.



TANGGAL

Kapan Ramadhan? Ada yang melaksanakan di Sabtu 2 April maupun Minggu 6 April 2022


Kapan Hari Raya Idul Fitri? Pada atau sekitar hari Senin 2 Mei maupun hari Selasa 3 Mei 2022


Kapan Hari Raya Idul Adha? Pada atau sekitar hari Sabtu 9 Juli maupun Minggu, 10 Juli 2022


APA ETIKA YANG TERKAIT DENGAN MAKANAN DAN MINUMAN JIKA ANDA TIDAK BERPUASA?


Selama Ramadhan, minum dan makan di depan umum dianggap sangat ofensif dan bahkan dapat menyinggung. Jika seseorang ingin makan atau minum di siang hari selama bulan Ramadhan, itu harus dilakukan di dalam ruangan dan di luar penglihatan atau di tempat-tempat tertutup yang ditunjuk di tempat-tempat umum.


APAKAH ADA PENGECUALIAN DIMANA DAPAT DITERIMA UNTUK BERBUKA PUASA DI DEPAN UMUM?

Umumnya, puasa tidak dianjurkan untuk orang yang menderita kondisi medis atau wanita yang sedang hamil. Namun, aturan yang sama juga berlaku untuk mereka - untuk tidak makan atau minum di tempat-tempat umum dan menggunakan area khusus yang disaring di tempat umum yang tersembunyi dari pandangan.


APA ATURAN TENTANG PAKAIAN SELAMA BULAN SUCI RAMADHAN?


Disarankan agar pria dan wanita berpakaian konservatif selama bulan Ramadhan. Tidak melakukannya dapat menyinggung orang-orang yang berpuasa. Individu harus menahan diri untuk tidak mengenakan pakaian yang terbuka dan / atau ketat dan paling tidak memastikan bahu dan lutut tertutup dengan baik selama Bulan Suci.


APAKAH ORANG DIIZINKAN MENDEGARKAN MUSIK SELAMA BULAN RAMADHAN?

Orang-orang pada umumnya harus menahan diri dari mendengarkan musik dengan keras selama Bulan Suci, karena dapat menyinggung orang-orang yang berpuasa. Namun, Anda dapat mendengarkan musik di ponsel cerdas Android atau iPod dengan bantuan headphone.


DENGAN SEBAGIAN BESAR POPULASI BERPUASA, APA YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN ORANG SAAT MENGEMUDI?

Saat matahari terbenam mendekat, banyak orang akan menuju tempat berbuka atau masjid untuk berbuka puasa dan berdoa. Selama waktu ini, sebaiknya bersikap ekstra hati-hati di jalan - jadi cobalah untuk tidak menggunakan klakson jika seseorang membuat Anda marah. Juga, jangan memutar musik keras di mobil Anda.


APA PENTINGNYA AMAL SELAMA BULAN RAMADHAN?

Amal adalah bagian yang sangat penting dari Islam dan bahkan lebih signifikan selama bulan Ramadhan. Namun, Anda tidak harus menjadi Muslim untuk memberi selama Bulan Suci. Ada banyak inisiatif amal, kamp Ramadhan, kamp buka puasa, paket perawatan dan banyak lagi, yang semuanya dapat dikontribusikan selama Bulan Suci.


APA ITU HARI RAYA LEBARAN DAN MENGAPA ADA DUA?

Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha adalah dua perayaan lebaran Islam tahunan utama. Idul Fitri dimaknai sebagai 'festival berbuka puasa' dan terjadi segera setelah Ramadhan, dengan perayaan, pesta siang hari dan pertemuan keluarga. Biasanya, keluarga dan teman-teman mengenakan pakaian lebaran baru dan mengunjungi rumah masing-masing dengan membawa hadiah. Di Indonesia lalu lintas akan meningkat di hari-hari menjelang ini, karena orang-orang bergegas untuk mendapatkan pakaian baru, potongan rambut, pacar dan membeli semua bahan untuk pesta mereka hingga mudik ke kampung halaman. Banyak keluarga juga akan mengunjungi orang miskin dan membutuhkan di komunitas mereka sendiri untuk memastikan mereka memiliki cukup makanan dan air untuk merayakan diri mereka sendiri. Amal dikenal sebagai zakat, salah satu dari lima rukun Islam, dan sangat penting selama Ramadhan dan Idul Fitri.


Idul Adha adalah perayaan lebaran kedua di tahun ini dan diterjemahkan sebagai 'festival pengorbanan'. Dan seperti itulah, secara tradisional selama waktu ini, hewan seperti domba dan kambing disembelih. Ini sekitar 70 hari setelah akhir Ramadhan, dan menandai akhir dari Haji, ziarah tahunan ke Mekah (Rukun Islam lainnya). Bagi banyak orang, itu diperlukan untuk melakukan penyembelihan sendiri dan sering dianggap sebagai ritual untuk anak laki-laki Muslim. Secara tradisional, sepertiga dari daging disimpan untuk keluarga, sepertiga lainnya diberikan kepada teman dan kerabat, dan sepertiga terakhir adalah diberikan kepada yang kurang beruntung. Kedua Idul Fitri adalah hari libur nasional yang biasanya berlangsung selama tiga hari (seringkali lebih lama untuk beberapa sektor), jadi harap departemen pemerintah, toko, dan bisnis tutup.





JADWAL IMSAK PUASA RAMADHAN

Meskipun waktu tiap wilayah sering bervariasi untuk jadwal imsakiyah begitu juga banyak bisnis akan memiliki waktu pembukaan dan penutupan yang berbeda, termasuk pusat perbelanjaan, toko kelontong, bioskop dan banyak lagi. Periksa dua kali sebelum Anda pergi untuk menghindari kekecewaan.


KALIMAT YANG BERGUNA

Terkesan rekan-rekan dan teman-teman Muslim Anda atau cukup ingin belajar tentang beberapa kalimat frasa yang sederhana namun bermakna mudah digunakan ini selama bulan Ramadhan:
  • Ramadan mubarak = Ramadhan yang Diberkati
  • Ramadhan kareem = Senang / murah hati Ramadhan
  • Selamat berbuka puasa = dalam bahasa Arab : Iftar shahy
  • Semoga Anda mendapatkan berkah bulan ini = terjemahan arab: Mubarak aleik al shahr
  • Semoga setiap tahun berlalu dan Anda baik-baik saja = artinya: Kil aam wa inta fee kheir



LAILATUL QADAR

Mengutip wikipedia, Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ, malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an. Laylat al-Qadr diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai Night of Decree, Night of Power, Night of Value, Night of Destiny,  atau Night of Measures, adalah malam keyakinan Islam ketika ayat-ayat pertama Al-Quran diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. Ini adalah salah satu malam dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Posting Komentar untuk "APA ITU BUKA PUASA DAN SAHUR SELAMA BULAN RAMADHAN?"