HARI KEANEKARAGAMAN BUDAYA UNTUK DIALOG SEDUNIA

21 Mei setiap tahun diperingati atau dirayakan sebagailangkah unyuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan kita terhadap budaya yang berbeda.

Hari Dunia untuk Keanekaragaman Budaya, dilakukann dengan Dialog dan Pembangunan memberikan kesempatan untuk memperdalam pemahaman kita tentang nilai-nilai keanekaragaman budaya dan belajar untuk "hidup bersama" dengan lebih baik. Informasi lebih lanjut tersedia pada halaman web Hari Keanekaragaman Budaya Internasional PBB.

Salah satu cara untuk merayakannya adalah melalui kampanye ‘Lakukan Satu Hal Untuk Keanekaragaman dan Inklusi’, yang mendorong orang dan organisasi dari seluruh dunia untuk mengambil tindakan nyata untuk mendukung keberagaman. Ini menyarankan 10 hal sederhana yang dapat Anda (sekolah atau kelas Anda) lakukan untuk merayakan Hari Keanekaragaman Budaya Dunia:
  • Kunjungi pameran seni atau museum yang didedikasikan untuk budaya lain
  • Pelajari tentang agama lain
  • Jalankan pertunjukan film internasional
  • Dengarkan tradisi musik dari budaya yang berbeda
  • Mainkan olahraga yang terkait dengan budaya yang berbeda (Karate, Criquet,dll ...)
  • Masak makanan tradisional dari budaya yang berbeda
  • Pelajari tentang perayaan tradisional dari budaya lain
  • Menjadi Relawan dengan organisasi yang bekerja untuk keberagaman dan inklusi
  • Belajar bahasa lain

Sebarkan berita di sekitar Anda, keluarga, teman, dan undang orang dari budaya yang berbeda untuk berbagi kebiasaan Anda.

Jika Anda ingin lebih banyak ide untuk membantu sekolah Anda merayakan Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia, Anda dapat menelusuri sumber-sumber yang tercantum di database cgtrend di bawah topic yang mengaangkat tema: 'Budaya' atau 'Keragaman dan inklusi'.

Tiga perempat dari konflik utama dunia memiliki dimensi budaya.

HARI KEANEKARAGAMAN BUDAYA UNTUK DIALOG SEDUNIA


Menjembatani kesenjangan antara budaya sangat mendesak dan perlu untuk perdamaian, stabilitas dan pembangunan.

Keragaman budaya adalah kekuatan pendorong pembangunan, tidak hanya sehubungan dengan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga sebagai sarana untuk memimpin kehidupan intelektual, emosional, moral, dan spiritual yang lebih memuaskan. Ini ditangkap dalam tujuh konvensi budaya, yang memberikan dasar yang kuat untuk mempromosikan keanekaragaman budaya. Keragaman budaya dengan demikian merupakan aset yang sangat diperlukan untuk pengurangan kemiskinan dan pencapaian pembangunan berkelanjutan.

Pada saat yang sama, penerimaan dan pengakuan terhadap keanekaragaman budaya - khususnya melalui penggunaan media dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang inovatif - kondusif untuk dialog antar peradaban dan budaya, rasa hormat dan saling pengertian.



1. PENGERTIAN KEANEKARAGAMAN BUDAYA

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

Banyak ahli mengemukakan bahwa Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti budi atau akal. Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat yang beragam.



2. SEJARAH HARI KEBERAGAMAN BUDAYA

Berdasarkan sejarah, Pada tahun 2001, UNESCO mengadopsi Deklarasi Universal tentang Keanekaragaman Budaya dan pada bulan Desember 2002, Majelis Umum PBB, dalam resolusi 57/249, menyatakan 21 Mei sebagai Hari Dunia untuk Keanekaragaman Budaya untuk Dialog dan Pembangunan.

Hari ini memberi kita kesempatan untuk memperdalam pemahaman kita tentang nilai-nilai keanekaragaman budaya dan untuk memajukan empat tujuan Konvensi UNESCO tentang Perlindungan dan Promosi Keanekaragaman Ekspresi Budaya yang diadopsi pada 20 Oktober 2005:
  • Mendukung sistem tata kelola berkelanjutan untuk budaya
  • Mencapai aliran barang dan jasa budaya yang seimbang dan meningkatkan mobilitas seniman dan profesional budaya
  • Integrasikan budaya dalam kerangka kerja pembangunan berkelanjutan
  • Mempromosikan hak asasi manusia dan kebebasan mendasar


3. HARI KEANEKARAGAMAN BUDAYA UNTUK DIALOG DAN PENGEMBANGAN 2019

Hari Keanekaragaman Budaya untuk Dialog dan Pembangunan sedunai tahun 2019 diadakan
pada 21 Mei 2019 dimulai setelah Deklarasi Universal Perbedaan Budaya UNESCO. Ini adalah hari untuk menciptakan kesadaran tentang pentingnya hidup harmoni di tengah-tengah berbagai budaya dan agama.



4. HARI KEANEKARAGAMAN BUDAYA UNTUK DIALOG DAN PENGEMBANGAN 2019 : TANGGAL

Topic tanggal Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan 2019 jatuh setiap tanggal 21 Mei sekarang. Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan diperingati pada tanggal 21 Mei setiap tanggal di tahun seterusnya. Sejak, dimulai pada tahun 2002, hari itu telah dirayakan dengan penuh antusiasme. Tanggal Hari Keanekaragaman Budaya untuk Dialog dan Pengembangan sama di seluruh dunia. Banyak acara budaya dan pameran dipandu oleh UNESCO di berbagai tempat dan acara.

Sederhananya, dengan merayakan  Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia Internasional, bertujuan untuk mengedarkan kata bijak berupa pesan ucapan serta ajakan hidup harmonis dengan wilayah dan budaya lain.


5. HARI KEANEKARAGAMAN BUDAYA UNTUK DIALOG DAN PENGEMBANGAN 2019 : TEMA

Topic Tema Hari Budaya Dunia Internsaional 2019 sekarang. Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan 2019 bertujuan untuk mempromosikan beragam budaya dari seluruh dunia. Tema untuk 2019 adalah "Pembangunan Budaya dan Berkelanjutan" yang menjadi alasan Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan 2019 disebut Hari Budaya Dunia.


6. HARI KEANEKARAGAMAN BUDAYA UNTUK DIALOG DAN PENGEMBANGAN 2019 : AKTIVITAS

Topic tanggal Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan 2019 sekarang. Kita selalu hidup dan belajar tentang budaya, Apakah itu ada buku yang menyerap semua itu? Ya, tidak mungkin melalui berbagai peristiwa bersejarah teak tercatat dalam sejarah hanya dibutuhkan untuk kita belajar tentang berbagai warna budaya kita.

Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan 2019 dengan demikian
dirayakan sebagai pengganti penyebaran informasi tentang beragam budaya yang berada diselurh dunia. Ini juga bertujuan untuk menyebarkan keharmonisan dan kedamaian masing-masing
budaya dan tradisi lain di hati orang. Di bawah ini tercantum beberapa hal-hal indah untuk dilakukan sebagai Kegiatan untuk memperingati Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan 2019.

Mengunjungi museum

Museum adalah tempat terbaik untuk belajar tentang budaya masing-masing dan lainnya
agama. Mereka adalah lambang kisah-kisah bersejarah yang akan memberi Anda banyak
informasi tentang masa lalu.

Dengarkan Musik Berbagai Budaya

Apakah Anda memperhatikan bagaimana lagu Spanyol "Despacito" menjadi kemarahan di antara semua tempat-tempat di dunia. Lagu ini sebenarnya membuat orang sadar akan lagu tersebut
indahnya musik Spanyol. Karenanya, Anda juga dapat mendengar musik budaya yang berbeda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai hal yang sama.

Baca Buku dari budaya yang berbeda

Buku adalah media terbaik untuk mendapatkan informasi tentang tradisi budaya yang berbeda. Anda dapat membaca sejarah atau cerita pendek tentang budaya tempat yang berbeda.

Tonton Film dari budaya yang berbeda

Baiklah, izinkan cgtrend memberi tahu Anda bahwa sangat menarik untuk menonton film dan pertunjukan budaya dan pertunjukan yang berbeda. Anda dapat memilih untuk menonton mana budaya Anda.

Berdialog atau Bicaralah dengan Orang-orang dari budaya yang berbeda

Sangat menarik untuk berdialog dengan orang-orang multi-budaya dan tahu bagaimana kita semua
sama dari dalam tetapi memiliki set kebiasaan dan tradisi yang sama sekali berbeda.



7. HARI KEANEKARAGAMAN BUDAYA UNTUK DIALOG DAN PENGEMBANGAN 2019 : BAGAIMANA CARA MERAYAKAN

Topic bagaimana cara merayakan Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog 2019. Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan 2019 merayakan inisiatif UNESCO, untuk menciptakan hubungan yang harmonis antar berbeda budaya di seluruh dunia. Dirayakan di seluruh dunia, Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan jatuh pada 21 Mei setelah itu dinyatakan sebagai peristiwa yang diakui pada Desember 2002.

Jika Anda ingin merayakan Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan, berikut adalah beberapa ide tentang cara merayakan hari itu sendirian.
  • Anda dapat merayakan Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pengembangan 2019 dengan menjadi sukarelawan di museum budaya atau lokal.
  • Anda dapat mengatur acara kecil yang menampilkan budaya Anda sendiri negara bagian atau kota masing-masing.
  • Kunjungi acara yang menggambarkan budaya dan tradisi dari seluruh dunia.
  • Anda dapat menonton berbagai pertunjukan yang menggambarkan budaya negara-negara yang berbeda



8. APA ITU BUDAYA DAN KERAGAMAN?

Apa itu Budaya dan Keragaman? Definisi Budaya dan Keragaman berjalan seiring. Mereka berbeda dari satu sama lain tetapi memiliki arti yang sama secara keseluruhan. Budaya didefinisikan sebagai kebiasaan, tradisi, dan gagasan masing-masing masyarakat tertentu. Karena mereka berbeda untuk masing-masing dan setiap tempat di dunia, Keanekaragaman menang. Budaya adalah elemen warna-warni itu yang berlaku di lingkungan yang beragam dan mempengaruhi perilaku sosial orang
tinggal di sana.

Sederhananya, cara kita hidup disebut Budaya suatu tempat. Mari kita ambil contoh dari contoh sehari-hari. Di sebagian besar tempat di dunia, budaya harus berdoa sebelumnya kamu makan. Adat istiadat ini diteruskan ke generasi mendatang dan ini adalah bagaimana mereka terus berjalan.

Tetapi budaya tidak sama di setiap tempat dan di situlah tempat Keragaman muncul. Ada banyak budaya dan adat yang beragam di dalam dan di seluruh dunia termasuk suku bangsa Indonesia yang berbeda satu sama lain dalam banyak hal. Terkadang, ini mengarah pada perbedaan pendapat orang-orang yang berasal dari budaya yang berbeda.

Baca : Macam Macam Suku di Indonesia, Persebaran & Penjelasannya



9. KESIMPULAN HARI KEANEKARAGAMAN BUDAYA UNTUK DIALOG SEDUNIA

Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pembangunan 2020 akan jatuh pada 21 Mei sebagai tanggal Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pembangunan tidak berubah. Perayaan akan dilakukan oleh UNESCO.

Anda juga dapat merayakan Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pembangunan untuk meningkatkan hubungan yang damai dan harmonis antar budaya.

Akhir kata cgtrend mengucapkan Selamat Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pembangunan 2019 untuk semua!

Posting Komentar untuk "HARI KEANEKARAGAMAN BUDAYA UNTUK DIALOG SEDUNIA"