Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Gerakan Pramuka

Fungsi Gerakan Pramuka


Praja Muda Karana yang lebih dikenal dengan Pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah. Salah satu fungsi gerakan Pramuka adalah sebagai wadah untuk pembinaan kepada para siswa sebagai generasi penerus bangsa supaya memiliki karakter kuat serta memiliki jiwa kepemimpinan. Pramuka menjadi kegiatan menarik yang penuh dengan hal-hal positif. Nah, sebagai sebuah kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh tentang Pramuka.


Apa Pengertian Pramuka itu?

Kita sering menyebut ‘Pramuka’ saja tapi ada juga yang mengatakan dengan ‘Gerakan Pramuka’ walaupun sebenarnya secara definisi ada sedikit perbedaan. Apa dan dimana letak perbedaannya tersebut?


1. Pramuka

Pramuka sebenarnya adalah sebutan bagi mereka yang menjadi anggota dari Gerakan Pramuka. Anggota Pramuka dibagi menjadi empat tingkat yaitu Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Kalau kamu duduk di bangku SMP berarti sobat cgtrend telah menjadi Pramuka Penegak.


Selain itu masih ada kelompok anggota dewasa pada Pramuka, yaitu pembina, pelatih, andalan, staf kwartir, pamong saka dan majelis pembimbing. Sebelum resmi menjadi anggota Pramuka seseorang harus mengucapkan janji atau satya terlebih dahulu.


2. Gerakan Pramuka

Sedangkan kalau kita menyebutkan Gerakan Pramuka yang dimaksud adalah organisasinya. Yakni organisasi pendidikan yang sifatnya non formal dan menyelenggarakan kegiatan kepanduan di Indonesia yaitu Praja Muda Karana (Pramuka) yang mempunyai arti rakyat muda yang menyukai karya.


Kamu bisa melihat tentang arti motto gerakan pramuka pada postingan SMA Dwiwarna sebelumnya.


3. Kepramukaan

Sedangkan pengertian Kepramukaan dapat dilihat dalam AD/ART Gerakan Pramuka yaitu proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga melalui berbagai kegiatan yang menarik, terarah, menyenangkan, sehat, praktis dan teratur.


Kegiatan tersebut dilakukan di alam yang terbuka berdasarkan pada Metode Kepramukaan dan Prinsip Dasar Kepramukaan supaya tujuan dan fungsi gerakan Pramuka yaitu membentuk kepribadian positif dan karakter kuat.


Fungsi Gerakan Pramuka

Sebagai sebuah kegiatan yang menjadi ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah tentu saja memiliki fungsi yang cukup penting bagi anggotanya. Secara umum, fungsi dari Gerakan Pramuka adalah :


1. Menjadi Kegiatan Menarik untuk Generasi Muda

Menyelenggarakan sebuah pendidikan melalui cara-cara yang menarik dan menyenangkan adalah metode terbaik supaya mudah dipahami oleh siswa. Pramuka menjadi media atau wadah untuk memberikan sebuah pendidikan yang menyenangkan kepada para siswa.


2. Sarana Pengabdian Orang Dewasa

Bagi para siswa sekolah, Gerakan Pramuka berfungsi sebagai sebuah kegiatan menarik dan menyenangkan. Beda halnya untuk orang dewasa, yang menjadi sarana pengabdian, begitu juga dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Lalu juga menjadi wadah untuk ikhlas mengabdikan diri tanpa pamrih.


3. Alat untuk Organisasi dan Masyarakat

Setiap anggota merupakan alat bagi organisasi dan masyarakat, apakah maksudnya? Pengertiannya adalah bahwa setiap anggota Pramuka haruslah mempunyai andil dan peranan dalam setiap proses pembangunan serta manfaat untuk lingkungan sekitarnya maupun organisasi dimana mereka ikut didalamnya.


Tujuan Gerakan Pramuka

  • Menjadikan anggotanya sebagai manusia yang berwatak luhur dan berkepribadian dengan moral, mental, berbudi pekerti luhur serta memegang kuat agamanya.
  • Menjadikan anggota memiliki kecerdasan dan keterampilan yang tinggi.
  • Membentuk anggotanya sebagai manusia yang kuat dan sehat secara fisik.
  • Membentuk anggotanya sebagai warga negara yang mencintai dan berjiwa Pancasila, patuh serta setia kepada NKRI.
  • Membentuk anggota menjadi anggota masyarakat yang berguna dan turut serta dalam pembangunan.



Sekolah adalah tempat untuk menyelenggarakan kegiatan Pramuka dalam rangka mencapai tujuan dan fungsi tersebut. Ada berbagai manfaat ikut kegiatan Pramuka yang bisa didapatkan oleh siswa-siswi di Sekolah.


Kepramukaan menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler menyenangkan loh sobat cgtrend.blogspot.com selain tentunya pendidikan sekolah sangat penting buat masa depat sobat. Yuk temukan beragam topik ekstrakulikuler yang menarik dan trending, kamu juga bisa membaca berbagai artikel postingan yang lengkap di blog kami loh sobat cgtrend.blogspot.com (cg/sob).

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Gerakan Pramuka"