PERINGATAN HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2022

CGTREND: Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus.


Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.


Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa negara kita telah berhasil mengembangkan jiwa Iptek yang inovatif yang kemudian menghasilkan produk inovasi nasional yang membanggakan sampai ranah internasional. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran seluruh komponen bangsa terhadap pengembangan iptek dan inovasi dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan.


Dua puluh satu tahun berlalu sejak penerbangan perdana N 250 tersebut, semangat dan jiwa kebangkitan teknologi terus dan akan terus dihidupkan pada bidang-bidang yang merupakan ranah iptek dan inovasi. Untuk itu setiap tahun pada saat peringatan Hakteknas, ditetapkan tema dan sub tema yang relevan dengan tuntutan masyarakat saat itu, terkait dengan pencapaian Bangsa Indonesia dalam bidang iptek serta inovasi-inovasi yang telah dihasilkan.


Peringatan Hakteknas ke-27 ini mengangkat fokus Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi.


Konsep kedaulatan pangan mensyaratkan berkembangnya sistem pangan yang cocok dengan kondisi sumber daya yang ada, baik dari sudut lingkungan (termasuk lingkungan alam, lingkungan sosial, dan budaya), teknologi (termasuk budaya, kebiasaan dan praktek-praktek keseharian lainnya), maupun sumber daya manusianya. Dalam hal ini, sistem dan struktur sosial, budaya, politik, dan ekonomi pangan perlu dikembangkan, dibangun dan disesuaikan dengan sumber daya lokal (indigenous). Dalam hal ini, sumber daya lokal (indigenous resources) diberi batasan sebagai "set of knowledge and technology existing and developed in, around and by specific indigenous communities (people) in an specific area (environment)." Dalam hal ini, ada empat (4) variabel lokal yang saling terkait dalam konteks yang khas, yaitu knowledge, technology, people dan environment. Keempatnya harus selalu dijadikan sebagai modal utama pengembangan sistem pangan. Itu sebabnya, konsep kedaulatan pangan menjadikan peran serta aktif masyarakat lokal sebagai indikator penting.


Upaya peningkatan Kedaulatan Pangan dan Energi perlu secara sadar, sistematis, dan terstruktur diupayakan, baik oleh pemerintah maupun oleh masayarakat.


Secara umum, kondisi Kedaulatan Pangan dan Energi bisa dievaluasi dan dimonitor melalui capaian indikator-indikator yang telah ditetapkan.


Dengan memperhatikan indikator-indikator tersebut, maka akan dilihat bahwa riset dan teknologi mempunyai peranan sangat penting untuk meningkatkan Kedaulatan Pangan dan Energi melalui peranannya dalam meningkatkan dan menjamin ketersediaan, keterjangkauan, konsumsi, kemandirian, maupun Kedaulatan Pangan dan Energi.


Dan inilah yang menjadi tujuan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di Tahun 2022.


HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2022

Peringatan Hakteknas ke 27 tahun dengan mengusung tema Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi ini dituangkan dalam logo sebagai gambaran dari tujuan memperingatinya.


Adapun logo Hari Kebangkitan Teknologi Nasional disingkat Hakteknas, sebagaimana tampak pada tulisan di bawah Cgtrend.blogspot.com:

https://cgtrend.blogspot.com/


SEJARAH SINGKAT

Penerbangan perdana pesawat N-250 pada tanggal 10 Agustus Tahun 1995 merupakan kulminasi dari upaya panjang sejumlah ilmuwan Indonesia untuk menjadikan bangsa ini sebagai bangsa terhormat di mata dunia.


Dengan cara bermitra dan berkerjasama dengan perusahaan CASA Spanyol, ahli-ahli Indonesia berkreasi dan berinovasi untuk membuat produk baru dengan merancang bangun dan memproduksi pesawat CN-235 yang berkapasitas 35 orang penumpang.


Pesawat N-250 adalah pesawat komuter turboprop rancangan asli IPTN (sekarang PT. Dirgantara Indonesia). Pesawat ini menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.


Keberhasilan komunitas iptek menerbangkan pesawat N-250, dan untuk lebih menyemangati masyarakat agar terus menghasilkan, mengembangkan, dan memajukan hasil teknologi dalam negeri, pada tanggal 6 Oktober 1995 Presiden Republik Indonesia menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) melalui Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995.


PERINGATAN

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus.


Peringatan di tahun 2022 ini bertujuan untuk mencapai Kedaulatan Pangan dan Energi skala Nasional. ***

Posting Komentar untuk "PERINGATAN HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2022"