KATA-KATA UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 2022/ 2023, 1 MUHARRAM 1444 HIJRIAH

https://cgtrend.blogspot.com/
Kata-kata Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2022/2023 dengan doa, niat, dan harapan. [Cgtrend]


cgtrend.blogspot.com- Kata-kata Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2022/2023 dengan doa, niat, dan harapan. Hanya dalam hitungan hari, bulan Dzulhijjah akan berakhir ini menandakan sebentar lagi malam pergantian tahun. Malam pergantian tahun ditandai dengan berakhirnya bulan Dzulhijjah disambut dengan hari pertama dalam tarikh Islam dengan nama lain Hijriyah. Penanggalan tarikh Islam dengan nama lain Hijriyah berbeda dengan perhitungan tanggal Masehi meskipun kedua tahun tersebut memiliki jumlah bulan yang sama yaitu dua belas setahun.


Tahun Hijriyah atau tarikh Islam memiliki 12 nama-nama bulan dari bahasa Arab seperti:
  1. Muharram
  2. Safar
  3. Rabi’ul Awal
  4. Rabi’ul Akhir
  5. Jumadil Awal
  6. Jumadil Akhir
  7. Rajab
  8. Sya’ban
  9. Ramadhan
  10. Syawal
  11. Dzulka’dah
  12. Dzulhijah



Dari 12 nama-nama bulan Tahun Hijriyah kalender Islam tentu memiliki arti dan maknanya sendiri, seperti contoh Dzulhijjah dan Muharram.


Muharram adalah bulan awal dalam kalender Hijriah. Tanggal 1 Muharram diperingati oleh Islam sebagai tahun baru. Dalam bulan ini terdiri dari 30 hari. Arti kata Muharram sendiri adalah yang diharamkan atau yang tidak diperbolehkan. Dalam pengertian ini, Anda juga bisa menyebutkannya sebagai bulan pantangan. Ini memaknai bahwa bulan ini merupakan awalan baru dan tidak boleh dimulai dengan peperangan. Dalam sejarah ini memang ditaati dan di Arab sendiri, perang tidak pernah terjadi saat Muharram. Sedangkan Dzulhijjah adalah bulan terakhir di kalender Hijriah. Tanggal akhir dirayakan atau diperingati oleh Islam sebagai akhir tahun untuk memulai tarikh baru. Dalam bulan ini menandakan bulan suci untuk menunaikan ibadah haji yang merupakan rukun Islam. Tepatnya puncak ibadah haji ini dilakukan pada Idul Adha yang bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijjah Kalender Islam Hijriyah.


Menurut para ahli dari Badan pengembangan bahasa dan perbukuan kemdikbud, tentang makna kata Hijrah Dan Hijriah (Hijriyah) berpendapat bahwa Kata hijrah yang digunakan dalam kalimat seperti Tahun baru Hijrah jatuh pada tanggal 1 September 2022/2023 dan Tahun 1444 Hijrah akan kita tinggalkan, tidaklah tepat.


Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia kita tidak menemukan kata hijrah dengan makna ‘nama tarikh Islam’, tetapi yang kita temukan makna:
  1. pemutusan pertalian Nabi Muhammad saw. dengan suku bangsa di Mekah (Nabi Muhammad saw. meninggalkan Mekah, berpindah ke Medinah)’ dan;
  2. ‘mengungsi dan berpindah’.Di dalam bahasa Arab cara yang digunakan untuk membentuk adjektiva yang bermakna ‘berhubungan, berkaitan, bertalian dengan kata dasarnya, adalah dengan menambahkan akhiran -iy (ya nisbab) dan -iyah pada nomina. Jika kata dasarnya berupa nomina yang tergolong maskulin (muzakkar), akhiran yang digunakan umumnya akhiran -i. Kata Masih, Malik, dan Iraq, jika diberi akhiran yang menyatakan nisbah, masing-masing menjadi Masihi (Masehi) yang berarti:
    • ‘yang mengikuti Isa Almasih’ dan;
    • ‘perhitungan tanggal yang berdasarkan kelahiran Almasih’ Maliki yang berarti ‘pengikut atau mazhab yang didasarkan atas lmam Malik’, Iraqi yang berarti ‘orang yang berbangsa Irak’.



Kata hijrah, misalnya, menjadi hijriah, yakni ‘nama tarikh Islam yang didasarkan pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. Berdasarkan uraian singkat kemdikbud, dapat kita simpulkan bahwa penggunaan kata hijrah yang mengacu ke penanggalan yang didasarkan pada berpindahnya Nabi Muhammad saw. dari Mekah ke Madinah tidak tepat. Bentuk yang tepat untuk itu adalah hijriah. Jadi, kalimat contoh seharusnya Tahun baru Hijriah jatuh pada tanggal 30 Juli 2022 Masehi dan Tahun 1443 Hijriah akan kita tinggalkan.

Dari pengertian singkat 1 Muharram 1444 Hijriah untuk tahun baru Islam pada masa 2022- 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.


Sejumlah daerah di Indonesia bahkan telah mempersiapkan kegiatan acara Muharram. Bahkan di Cirebon memiliki tradisi tersendiri dalam memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram atau 1 Suro yang juga merupakan Hari Jadi Kota Cirebon. Selain Cirebon banyak pula daerah-daerah memperingati malam pergantian Tahun Baru Islam ini dengan beragam kegiatan seperti pawai obor, dll.


Ragam kegiatan acara mengangkat sambutan Tahun Baru Islam 1 Muharram juga umumnya digelar pengajian, tabligh akbar, shalawatan hingga mendengarkan isi teks ceramah dari penceramah atau pemuka Agama. Meskipun tidak dianjurkan dalam Islam, kegiatan ini telah membudaya turun temurun dan tentunya terdapat perbedaan pendapat mengenai aktivitas keagamaan ini.


Inilah Indahnya ajaran agama Islam, yang mengajarkan sikap saling menghormati sehingga tidak menimbulkan perpecahan meskipun terdapat pendapat yang berbeda.


Ceramah memperingati Tahun baru Islam umumnya akan mengangat tema sejarah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW, para sahabat, dan pengikut berhijrah dari kota Mekkah ke Madinah hingga keutamaan tentang amalan-amalan di bulan suci Muharram seperti berpuasa.


Selain budaya kegiatan acara menyambut Muharram sebagai awal tarikh Islam, terdapat pula budaya lain yang sering dilakukan baik di Indonesia maupun warga negara Dunia ialah mengucapkan selamat merayakan tahun baru.


Ucapan tahun baru sekali lagi tidak ada anjuran dalam ajaran agama Islam namun ini hanyalah kebiasaan harapan dalam menyambut pergantian tahun di malam akhir Dzulhijjah dan awal Muaharram. Ucapan-ucapan singkat untuk doa keselamatan dengan kata-kata bijaksana pantun, puisi biasanya disampaikan pada hari baru di tahun Islam tersebut. Kata kata ucapan selamat memperingati 1 Muharram sebagai doa dan harapan kepada teman, pacar, sanak saudara, rekan kerja, relasi bisnis bahkan mantan terindah bahkan menerima kata-kata mutiara bertema peringatan tahun baru Islam.


Peringatan tahun baru Islam 2022/ 2023 di 1 Muharram 1444 Hijriah tentu perayaannya berbeda dengan tahun baru masehi apalagi kata-kata ucapan selamat yang menyertainya. kata-kata islami selamat memperingati 1 Muharram tarikh 1442 Hijriah umumnya berisi teks sejarah singkat sebagai momentum mengingatkan hakekat dari pergantian tahun baru ditandai dengan berakhirnya bulan Dzulhijjah dalam kalender Islam.


Sejarah yang dimaksud termasuk alasan atau asal usul terjadinya peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw yang kemudian ditetapkan sebagai tarikh Islam.


SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 2022/ 2023, 1 MUHARRAM 1444 HIJRIAH

Kata-kata mutiara indah ucapan selamat merayakan atau memperingati

cgtrend mengucapkan selamat memperingati hari bersejarah untuk peristiwa hijrah dan selamat merayakan tahun baru bersama keluarga tercinta. Hanya kepadamu ya Allah yang kami sembah, dan kepadamu sendirilah kami minta bantuan, untuk semua urusan dunia dan semuanya. Semoga iman Anda kepada-Nya selalu memberi Anda kedamaian, ketakwaan dan kemakmuran. Selamat Tahun Baru Hijriah!

Pada hari suci bulan Muharram, semoga Allah memberkati Anda dengan kesehatan, kekayaan, kedamaian dan kebahagiaan!

Semoga semua pujian dan terima kasih kepada Allah untuk siapa milik semua yang ada di surga dan di bumi. Semoga Muharram tahun ini kita selalu diberkati.
https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar ucapan untuk kata-kata tahun baru islam 2022 1 Muharram 1444 H


Semoga Allah SWT melimpahkan rahmatnya pada umat Islam dan semua negara Islam. Selamat tahun baru Hijriah. 1444 Tarikh Islam.


Mari kita juga ingat bulan Muharram. Mari kita ingat bulan Muharram al-Haram, bulan yang layak dihormati, dan amalan-amalan puasa Ashura, dan juga mengingat kesalahan dan dosa kita dengan sedih. Mari kita ingat peritiwa pengobanan di hari hijrah. Mari kita kirim salam dan shalawat kepada kepada Utusan Allah dan keluarganya.


Semoga Anda dan keluarga Anda merayakan peringatan Tahun Baru penuh kedamaian, kebahagiaan, dan kelimpahan semua. Semoga Allah memberkati Anda sepanjang tahun baru. Muharram penuh berkah!

Akhir setiap tahun sebenarnya adalah awal untuk yang baru. Lalu, mari kita ambil kesempatan untuk permulaan yang baru ini dan tanyakan pada diri kita lagi pertanyaan yang disebutkan di atas. Ingat: bahwa pada akhir tahun yang berlalu, sama sekali tidak pantas bagi seorang beriman untuk melupakan diri mereka dan tujuan penciptaan mereka serta menunjukkan sikap dan perilaku yang melanggar hukum yang sama sekali tidak sesuai dengan nilai-nilai ajara agama kita. Semoga tahunmu menyenangkan!

Semoga damai dan berkah dari Allah SWT menyertai Anda tahun ini dan selalu! Selamat Tahun Baru, 1442 Hijriah. Pesanku selalu ingat saya dalam doa-doa Anda.


Doa menyambut bulan suci Muharram Doa Akhir dan Doa Awal Tahun Islam


Berikut lafadz doa awal tahun baru :

Dalam Bahasa Arab

https://cgtrend.blogspot.com/


Artinya:

Allah SWT berselawat ke atas penghulu kami Muhammad SAW, ahli keluarga dan sahabat-sahabat baginda dan kesejahteraan ke atas mereka.


Wahai Tuhan, apa yang telah aku lakukan dalam tahun ini daripada perkara-perkara yang Engkau tegah daripada aku melakukannya dan aku belum bertaubat daripadanya. Sedangkan Engkau tidak redha dan tidak melupakannya. Dan aku telah melakukannya di dalam keadaan di mana Engkau berupaya untuk menghukumku, tetapi Engkau mengilhamkanku dengan taubat selepas keberanianku melakukan dosa-dosa itu semuanya. Sesungguhnya aku memohon keampunanMu, maka ampunilah aku. Dan tidaklah aku melakukan yang demikian daripada apa yang Engkau redhainya dan Engkau menjanjikanku dengan pahala atas yang sedemikian itu. Maka aku memohon kepadaMu.


Wahai Tuhan! Wahai yang Maha Pemurah! Wahai Yang Maha Agung dan wahai Yang Maha Mulia agar Engkau menerima taubat itu dariku dan janganlah Engkau menghampakan harapanku kepadaMu Wahai Yang Maha Pemurah. Dan Allah berselawat ke atas penghulu kami Muhammad, ke atas ahli keluarga dan sahabat-sahabatnya dan mengurniakan kesejahteraan ke atas mereka.


Berikut lafadz doa akhir tahun menyambut Muharram:

Dalam Bahasa Arab
https://cgtrend.blogspot.com/


Artinya:

Allah SWT berselawat ke atas penghulu kami Muhammad SAW, ahli keluarga dan sahabat-sahabat baginda dan kesejahteraan ke atas mereka.


Wahai Tuhan, Engkaulah yang kekal abadi, yang qadim. yang awal dan ke atas kelebihanMu yang besar dan kemurahanMu yang melimpah dan ini adalah tahun baru yang telah muncul di hadapan kami. Kami memohon pemeliharaan dariMu di sepanjang tahun ini dari syaitan dan pembantu-pembantunya dan tentera-tenteranya dan juga pertolongan terhadap diri yang diperintahkan melakukan kejahatan dan usaha yang mendekatkanku kepadaMu Wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia.


Wahai Tuhan Yang Maha pengasih dari mereka yang mengasihi dan Allah berselawat ke atas penghulu kami Muhammad. Nabi yang ummi dan ke atas ahli keluarga dan sahabat-sahabatnya dan kesejahteraan ke atas mereka.




Tapi bagaimanapun cara setiap komunitas merayakannya, inti dari festival atau hari peringatan tahun baru Islam 2022/ 2023, ini adalah pengorbanan dan gagasan untuk menyerahkan sesuatu yang sangat Anda sayangi sebagaiman peritiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Akhir kata dari cgtrend.blogspot.com Pada intinya, setiap Muslim akan fokus pada hal itu di tengah semua inspirasi dan semangat 1444 Hijriyah.

Posting Komentar untuk "KATA-KATA UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 2022/ 2023, 1 MUHARRAM 1444 HIJRIAH"