SEJARAH HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL

HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL KE-27

https://cgtrend.blogspot.com/
Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus *


Cgtrend.blogspot.com: Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.


Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa negara kita telah berhasil mengembangkan jiwa Iptek yang inovatif yang kemudian menghasilkan produk inovasi nasional yang membanggakan sampai ranah internasional. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran seluruh komponen bangsa terhadap pengembangan iptek dan inovasi dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan.


Sahabat #Cgtrend, Dua puluh tujuh tahun berlalu sejak penerbangan perdana N 250 tersebut, semangat dan jiwa kebangkitan teknologi terus dan akan terus dihidupkan pada bidang-bidang yang merupakan ranah iptek dan inovasi. Untuk itu setiap tahun pada saat peringatan Hakteknas, ditetapkan tema dan sub tema yang relevan dengan tuntutan masyarakat saat itu, terkait dengan pencapaian Bangsa Indonesia dalam bidang iptek serta inovasi-inovasi yang telah dihasilkan.


Peringatan Hakteknas ke-27 ini mengangkat tema Riset Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi. Tema ini sejalan dengan pesan Presiden RI yakni, riset harus mampu menjawab persoalan kedaulatan pangan dan energi.


SEJARAH SINGKAT

Penerbangan perdana pesawat N-250 pada tanggal 10 Agustus Tahun 1995 merupakan kulminasi dari upaya panjang sejumlah ilmuwan Indonesia untuk menjadikan bangsa ini sebagai bangsa terhormat di mata dunia.


Dengan cara bermitra dan berkerjasama dengan perusahaan CASA Spanyol, ahli-ahli Indonesia berkreasi dan berinovasi untuk membuat produk baru dengan merancang bangun dan memproduksi pesawat CN-235 yang berkapasitas 35 orang penumpang.


Pesawat N-250 adalah pesawat komuter turboprop rancangan asli IPTN (sekarang PT. Dirgantara Indonesia). Pesawat ini menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.


Keberhasilan komunitas iptek menerbangkan pesawat N-250, dan untuk lebih menyemangati masyarakat agar terus menghasilkan, mengembangkan, dan memajukan hasil teknologi dalam negeri, pada tanggal 6 Oktober 1995 Presiden Republik Indonesia menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) melalui Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995. ***

Posting Komentar untuk "SEJARAH HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL"