7 FAKTA UNIK YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG HARI SANTRI 22 OKTOBER

CGTREND: Jatuh pada tanggal 22 Oktober, Indonesia merayakan atau memperingati satu hari bersejarah resolusi Jihad yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy'ari dan secara resmi mengumumkan tradisi satu hari untuk merayakan hari penting kaum santri dan kiai pasca hari pahlawan.


1. Santri adalah sebutan bagi orang-orang yang ikut kiai dan setuju dengan pemikiran serta turut dalam perjuangan kaum santri. Menurut KH Mustofa Bisri (Gus Mus) mengatakan bahwa definisi Santri adalah murid kiai yang dididik dengan kasih sayang untuk menjadi mukmin yang kuat dimana mereka tidak goyah imannya oleh pergaulan, kepentingan, dan adanya perbedaan.


2. Sebelum peristiwa sejarah 10 November 1945 dimana terjadi peperangan besar di Surabaya, terdapat Seruan berupa resolusi perang berisikan perintah kepada umat Islam untuk jihad melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan yang diserukan kepada pemuda kaum santri dan kiai oleh KH Hasjim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945. Sejarah dari peristiwa ini yang mampu mengobarkan semangat perjuangan masyarakat Jawa Timur khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU) dalam merebut, membangun dan mempertahankan NKRI.


3. Resolusi Jihad adalah amanat berupa pokok-pokok kaidah tentang kewajiban umat Islam dalam jihad mempertahankan tanah air dan bangsanya yang disampaikan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy'ari, dalam rapat PBNU yang dipimpin KH Abdul Wahab Hasbullah, dimana ini menetapkan satu keputusan dalam bentuk resolusi yang diberi nama “Resolusi Jihad Fii Sabilillah”, yang isinya sebagai berikut:
Berperang menolak dan melawan pendjadjah itoe Fardloe ‘ain (jang haroes dikerdjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempoean, anak-anak, bersendjata ataoe tidak) bagi jang berada dalam djarak lingkaran 94 km dari tempat masoek dan kedoedoekan moesoeh. Bagi orang-orang jang berada di loear djarak lingkaran tadi, kewadjiban itu djadi fardloe kifajah (jang tjoekoep, kalaoe dikerdjakan sebagian sadja)…


7 FAKTA UNIK YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG HARI SANTRI 22 OKTOBER
Gambar Resmi logo tema hari Santri 2019 kemenag RI


7 FAKTA UNIK YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG HARI SANTRI 22 OKTOBER
Gambar Resmi logo tema hari Santri 2019 RMI-NU



4. Sejak dibacakan tanggal 22 Oktober 1945, Resolusi Jihad mampu membakar semangat seluruh lapisan rakyat hingga pemimpin di Jawa Timur terutama di Surabaya, sehingga dengan tegas mereka berani menolak kehadiran Sekutu yang sudah mendapat ijin dari pemerintah pusat di Jakarta.



5. Presiden Joko Widodo Melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang hari santri, menetapkan Hari santri Indonesia dalam daftar hari pentinga Nasional bukan merupakan hari libur yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015.



6. Sejak penetapan Hari Santri 2015, secara Nasional bangsa Indonesia merayakan milad atau Hari Santri Nasional (HSN) tiap tahun yang jatuh pada 22 Oktober. Umumnya dalam menyambut Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) sejak petama penetapan kemudian di tahun selanjutnya yaitu 2016, 2017, 2018, 2019 dan seterusnya Pemerintah mengadakan sayembara logo dengan tema HSN menyesuaikan isu yang berkembang.



7. Jatuh pada tanggal 22 Oktober, Indonesia merayakan atau memperingati satu hari bersejarah resolusi Jihad yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy'ari dan secara resmi mengumumkan tradisi satu hari untuk merayakan hari penting kaum santri dan kiai pasca hari pahlawan dimana tema tahun 2019 untuk perayaan Hari Santri 22 Oktober 2019 adalah "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia."

Baca:


Demikian tentang 7 fakta-fakta yang perlu Anda ketahui tentang Peringatan Hari Santri Nasional 2019 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Akhir kata dalam pembahasan ini cgtrend.blogspot.com mengucapkan Selamat Milad dan Selamat Merayakan Hari Santri Nasional semoga Santri-santri jaman Now siap menjadi pengisi dari beberapa pos kekuatan yang kosong untuk jadikan Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih mandiri, berdedikasi bahkan mampu berperan aktif dalam perdamaian Nasional juga dunia, Aamiin!!



Daftar Pustaka :

Definisi Santri Menurut Gus Mus. Hari Santri 2018. NU Online diakses 12 Oktober 2019

Logo Hari Santri 2019 dan Term of Reference (TOR) Hari Santri 2019. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI diakses 12 Oktober 2019

Posting Komentar untuk "7 FAKTA UNIK YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG HARI SANTRI 22 OKTOBER"