KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA NYEPI

Cgtrend: Kata Mutiara Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2022 untuk sambut Tahun Baru Saka 1944. cgtrend.blogspot.com, - Selamat Hari Raya Nyepi 2022 untuk sambut Tahun Baru Saka 1944 merupakan kata untuk dishare kepada temanmu yang memperingatinya.

https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar kata mutiara untuk ucapan selamat hari raya nyepi 2022 tahun saka 1944


Hari Raya Nyepi untuk sambut Tahun Baru Saka 1944 jatuh pada Kamis, 3 Maret 2022. Tentu akan ada banyak kata dan ucapan untuk dishare kepada temanmu yang beragama Hindu Bali.


Sebagaimana diketahui bahwa Penduduk Pulau Bali secara mayoritas memeluk Agama Hindu. Meskipun, secara minoritas ada yang menganut Agama Islam, Agama Kristen Katolik, Agama Kristen Protestan, Agama Budha, dan Agama Kong Hu Cu. Oleh karenanya, agar perayaan Hari Raya Nyepi dapat berlangsung serempak dan hikmad di seluruh pelosok Bali maka Parisada Hindu Dharma Provinsi Tingkat I Bali menyusun pedoman umum (charter) perayaan Hari Raya Nyepi.


Apabila ditinjau kata “nyepi” tersebut, yaitu berasal dari kata sepi. Kata sepi di sini mengandung arti hening, senyi-senyap, “sipeng”. Hari Nyepi dirayakan pada tanggal 1 bulan ke 10 Saka, atau dengan sebutan lain “Penanggalan Apisan Sasih Kedasa”. Penanggalan Apisan artinya tanggal satu. Sasih artinya sama dengan bulan.


Sasih Kedasa atau Waisaka adalah sasih ke 10 (sepuluh) dalam perhitungan tahun saka yang diawali dengan pelaksanaan hari raya nyepi sebagai renungan suci dalam hal pengendalian diri dan hawa nafsu sedangkan setiap purnama atau purnamaning sasih kedasa ini dilaksanakan upacara Batara Turun Kabeh di Pura Besakih, yang melukiskan semua dewa bersatu untuk memberikan anugerah.


Selain banyaknya piodalan yang dilaksanakan khususnya piodalan purnama kedasa di pura- pura, alangkah istimewanya pada sasih kedasa ini bagi Bali, yang konon pada jaman bahari nusa Bali ketika itu hanya ada gunung di Bali saat sasih kedasa (April) bulan mati (tilem), rah 1, tanggek 1, tahun saka 11 tatkala nusa Bali dan Lombok masih berkeadaan goncang bagai perahu di atas lautan selalu goyang dan oleng maka berkenanlah Bhatara Pasupati menyelamatkan Pulau Bali ini.

Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA WAISAK TERBARU

BERIKUT KATA BIJAK UCAPAN SELAMAT HARI RAYA NYEPI TAHUN BARU SAKA

cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat hari raya nyepi buat keluarga, teman dan umat Hindu di Bali!. Semoga keheningan Nyepi dapat mengantarkan kita semua pada sebuah titik kedamaian lahir batin yang paripurna.


Selamat melaksanakan catur Brata, selamat nyepi jelang anggal 1 bulan ke 10 Saka 1944. Semoga keheningan memberikan kedamaian bagi kita semua.


Dalam kesunyian kan kau dapati makna kehidupan.
Dalam kesepian kan kau rasakan kehadiran-Nya.
Tuhan bersama orang-orang yang selalu ingat akan penciptanya.
Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka yang ke-1942 bagi saudara umat Hindu yang merayakannya.


Hidup begitu bergegas, hati lelah dikepung riuh. Saatnya serahkan hati dalam senyap, utuh, penuh, seluruh, Selamat Nyepi!


Rahajeng semeng semeton sareng sami.
Topic cgtrend mengucapkan Rahajeng Nyanggre Rahina Nyepi, dumogi sami ngemolihang kerahayuan lan kerahajengan.
Selamat Hari Raya Nyepi, semoga kita selalu diberikan keselamatan dan kekuatan.


Sepi dalam keramaian sunyi tak pernah padam selamat menyambut tahun baru saka 1944!

https://cgtrend.blogspot.com/


Selamat menyambut hari Nyepi Caka 1944!

Baca:



Bahasa Bali:
Om Swastiastu
Rahajeng nyanggra rahina Nyepi caka 1944, dumogi prasida ngalaksanayang Catur Brata Penyepian
Om Santi Santi Santi Om


Cgtrend mengucapkan Selamat Tahun Baru Saka Selamat Hari Nyepi 2022 bagi teman-teman yang merayakan. Semoga lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya.


Selamat Hari Raya Nyepi untuk saudara-saudaraku yang merayakan, Tahun Baru Saka 1944. Rahajeng Rahina Nyepi semeton sareng sami, dumogi molihang kerahayuan lan kerahajengan.


Teman di cgtrending Topic mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1944. Semoga kedamaian selalu melindungi langkah di setiap perjalanan hidup. Suksma


Rahajeng Nyanggara Rahina Nyepi Saling Menyayangi, Saling Memaafkan, Hidup dalam Kerukunan umat beragama dan Kedamaian menuju Indonesia Maju. Inilah Ucapan kata selamat hari raya Nyepi Tahun Baru saka 1944 di 3 Maret 2022.

Posting Komentar untuk "KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA NYEPI"