HIKMAH PERAYAAN IDUL ADHA

Idul Adha selalu jatuh pada 10 Dzulhijjah sedangkan Idul Fitri selalu jatuh pada 1 Syawal dalam penanggalan Hijriyah. Tahun ini, Idul Adha atau hari raya lebaran haji di Indonesia akan jatuh bertepatan pada 29 Juni 2023.


Masyarakat sejumlah kota atau desa di setiap pelosok Nusantara juga dunia akan menyambut hari Idul Adha dalam berbagai macam perayaan.


Dengan dirayakannya lebaran Idul Adha menjadi suatu wujud ungkapan rasa syukur dan penghormatan umat Muslim, khususnya mencontoh ketaqwaan Nabi Ibrahim A.S. dimana dalam sejarah mengatakan Ibrahim bersedia untuk mengurbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.


Mengutip dari berbagai sumber, substansi Idul Adha atau umumnya disebut dengan lebarah haji atau hari raya kurban dititikberatkan pada bagaimana umat Muslim menyegarkan lagi memori untuk selalu meneladani ketaqwaan Nabi Ibrahim A.S. Dengan begitu, perayaan Idul Adha akan terasa manfaatnya oleh umat Islam itu sendiri. Mereka bisa memacu lagi berbagai amalan ibadah yang lebih berkualitas dan sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya.


Melalui perayaan Idul Adha, setidaknya hal tersebut terwujud beberapa hikmah berkurban sebagai mana tulisan cgtrend.blogspot.com berikut :


1. Merayakan Idul Adha mendorong orang untuk Meneladani Pengurbanan Nabi Ibrahim dan putranya. Hakikat qurban idul adha adalah bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah.


2. Hari Raya Idul Adha untuk Memahami Tujuan Hidup. Filosofi berkurban adalah sebagai bukti kepasrahan dan keihlasan untuk menjalankan perintah Allah. Momen berkurban dapat mengajarkan pada anak juga diri kita sendiri untuk percaya dan memahami tujuan hidup beribadah pada Allah.


3. Tujuan Peduli dan berbagi. Menurut tradisi, orang yang membeli hewan kurban mendapatkan sepertiga daging dan sepertiga lainnya diberikan kepada keluarga dan sanak saudara. Karena hakekat dari Idul Adha adalah kasih sayang, berbagi berkah, dan mensyukuri nikmat-Nya, sepertiga yang terakhir biasanya dibagi-bagikan kepada orang miskin dan mereka yang membutuhkan.


4. Memahami Ikhlas dalam segala cobaan hidup sehari-hari. Hari raya Idul Adha memiliki makna mengajarkan sikap ikhlas ketika kita menghadapi berbagai cobaan apapun bentuknya. Hal itu dicerminkan dalam sikap Nabi Ismail yang ikhlas untuk disembelih oleh ayahnya sendiri jika hal itu merupakan perintah Allah SWT.

https://cgtrend.blogspot.com/



5. Meningkatkan Kualitas diri dengan Taqwa. hikmah dari segala peistiwa qurban tidak lain tidak bukan adalah untuk memperoleh ridha Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah. Namun, tidak sekadar ibadah, kita harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah. Kalau tidak, apa yang kita kerjakan dan menurut kita ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas. Inilah hakikat dari peristiwa qurban dalam idul adha.



Demikian Topik Hari Perayaan idul Adha untuk hikmah dan hakikat lebaran haji sebagai informasi pengunjung blog di cgtrend.blogspot.com semoga bermanfaat!!!

Posting Komentar untuk "HIKMAH PERAYAAN IDUL ADHA"