TEMA PERINGATAN HARI BIDAN NASIONAL TAHUN 2020 DAN HUT KE-69 IBI

CGTREND: Berdasarkan informasi dari situs resmi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk Pedoman Hari Bidan Nasional Tahun 2020 dan HUT Ke-69 IBI mengangkat tema "Saatnya Bidan Dan Perempuan Bersatu, Bergerak Bersama Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak menuju Indonesia Maju." Tema ini diangkat sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-69 IBI dan Hari Bidan Sedunia Tahun 2020 dimulai bulan Mei - Agustus 2020.


Sebagaimana diketahui bahwa dalam catatan sejarah Nasional, Hari Bidan dan lahirnya organisasi Bidan, dengan nama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) terbentuk Pada tanggal 24 Juni 1951, yang artinya di tahun kita akan memperingati Hari Bidan Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) IBI Ke-69 Tahun 2020.


Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Hari Bidan Nasional (HBN) memang tidak terpisahkan sebagaimana perjalanan sejarah peran penting profesi kebidanan. Menurut Ikatan Bidan Indonesia atau IBI, Bidan merupakan seorang wanita yang lulus pendidikan kebidanan yang diakui oleh pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Indonesia, serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk register, tersertifikasi dan secara sah mendapat lisensi untuk membuka praktek kebidanan.


Di tengah masyarakat, seorang Bidan yang kompeten layak dijadikan sebagai pahlawan, terutama bagi Ibu yang melahirkan, karena tanggungjawab dan keahliannya dalam membantu setiap persalinan, membantu saat Ibu sedang dalam proses menyusui, membantu pemulihan Ibu pasca melahirkan, hingga Program Keluarga Berencana.


Dedikasi, tekad, dan semangat persatuan dan kesatuan para guru yang dimiliki secara historis tersebut perlu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan sejalan dengan tekad dan semangat era global untuk masa depan bangsa. IBI yang seluruh anggotanya terdiri dari wanita telah tergabung dengan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) pada tahun 1951 hingga saat ini IBI tetap aktif mendukung program-program KOWANI bersama organisasi wanita lainnya dalam meningkatkan derajat kaum wanita Indonesia. Selain itu sesuai dengan Undang-Undang RI No.8 tahun 1985, tentang organisasi kemasyarakatan maka IBI dengan nomor 133 terdaftar sebagai salah satu Lembaga Sosial Masyarakat di Indonesia. Begitu juga dalam Komisi Nasional Kedudukan Wanita di Indonesia (KNKWI) atau National Commission on the Status of Women (NCSW). IBI merupakan salah satu anggota pendukungnya.

https://cgtrend.blogspot.com/

Di tingkat internasional, sebagai anggota International Confederation of Midwives (ICM) sejak 1956 IBI selalu aktif mengikuti kegiatan organisasi tersebut terutama kongres ICM maupun kongres ICM Regional Asia Pasific (Aspac). Pada Kongres ICM ke 30 di Praha, melalui bidding IBI berhasil ditetapkan menjadi tempat penyelenggaraan kongres ICM ke-32 dan akan diselenggarakan di Bali tahun 2020. Pada Kongres ICM ke-31 bulan Juni 2017 di Toronto Canada, Dr. Emi Nurjasmi, MKes Ketua Umum PPIBI 2013-2018 terpilih sebagai Koordinator ICM Asia Pasific.


Baca:



Dalam Surat edaran Nomor: 1857/E/PPIBI/I/2020 TENTANG PERINGATAN HUT KE – 69 IKATAN BIDAN INDONESIA (IBI) DAN HARI BIDAN SEDUNIA (IDM) TAHUN 2020 tersebut mengatakan bagwa Tema Hari Bidan Nasional sejalan dengan tema The International Year of Midwife 2020 (IDM) tahun 2020: Midwives with women: celebrate, demonstrate, mobilise, unite – our time is NOW!.


Akhir kata dalam tulisan cgtrend.blogspot.com menyampaikan ucapan Selamat Hari Bidan Nasional dan Selamat Dirgahayu IBI yang ke 69 24 Juni 2020, TERIMA KASIH Bidan-Bidan di Indonesia!

Posting Komentar untuk "TEMA PERINGATAN HARI BIDAN NASIONAL TAHUN 2020 DAN HUT KE-69 IBI"