PERINGATAN HARI BHAKTI ADHYAKSA (HBA) KE-60 TAHUN 2020 - TERUS BERGERAK DAN BERKARYA KEJAKSAAN NASIONAL

Hari Ulang Tahun Kejaksaan Republik Indonesia cgtrend.blogspot.com Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 yang jatuh pada 22 Juli 2020 atau HUT Kejaksaan RI mengangkat tema "Terus Bergerak dan Berkarya." Kejaksaan Republik Indonesia adalah lembaga pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara secara merdeka terutama pelaksanaan tugas dan kewenangan di bidang penuntutan dan melaksanakan tugas dan kewenangan di bidang penyidikan dan penuntutan perkara tindak pidana korupsi dan Pelanggaran HAM berat serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang.


Dalam catatan sejarah Nasional, kejaksaan menjadi departemen yang terpisah (mandiri) melalui rapat kabinet 22 Juli 1960 yang tertuang dalam Surat Keputusan Presiden RI 1 Agustus 1960 Nomor 204/1960, yang kemudian disahkan menjadi UU Nomor 15 Tahun 1961 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kejaksaan Republik Indonesia. Yang kemudian tanggal 22 Juli inilah yang menjadi latar belakang penetapan yang diperingati sebagai Hari Bhakti Adhyaksa, pengabdian atau Bhakti yang dilakukan oleh insan Adhyaksa, yaitu para anggota Kejaksaan Republik Indonesia.


Terus Bergerak dan Berkarya diangkat menjadi tema dalam Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 yang jatuh pada 22 Juli 2020 atau HUT Kejaksaan RI (22 Juli 1960 - 22 Juli 2020).

Gambar logo pemenang lomba peringatan nasional hari bhakti adhyaksa kejaksaan RI ke 60 dari tema Terus bergerak  & berkarya 2020 


Melalui proses pengalaman dan pembelajaran telah ditempuh Kejaksaan RI sepanjang 60 tahun usianya. Sejarah Kejaksaan di Nusantara sendiri jauh lebih panjang. Selain sebagai Mahapatih Kerajaan Majapahit, Gajah Mada juga dikenal sebagai adhyaksa.


Riwayat kejaksaan di Nusantara diperkirakan jauh melewati usia Kejaksaan Republik Indonesia (RI) sendiri. Kata jaksa pada masa kini merujuk pada kata dhyaksa dari bahasa Sansekerta pada era kerajaan sebelum kolonialisme menguasai Nusantara.



Baca:




Dirgahayu Kejaksaan Republik Indonesia dan selamat memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke 60 yang jatuh pada 22 Juli 2020 sebagai ucapan selamat cgtrend.blogspot.com semoga Kejaksaan Nasional terus bergerak, berkarya, dan merdeka dalam pelaksanaan tugas dan kewenangan di bidang penuntutan dan melaksanakan tugas dan kewenangan di bidang penyidikan dan penuntutan perkara tindak pidana korupsi dan Pelanggaran HAM berat serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang menuju Indonesia maju.

Posting Komentar untuk "PERINGATAN HARI BHAKTI ADHYAKSA (HBA) KE-60 TAHUN 2020 - TERUS BERGERAK DAN BERKARYA KEJAKSAAN NASIONAL"