HARI KOPERASI SEDUNIA 2020, 2021, DAN 2022

cgtrend.blogspot.com: Hari Koperasi Sedunia (Inggris: International Co-operative Day) adalah perayaan tahunan gerakan koperasi yang berlangsung pada hari Sabtu pertama Juli sejak 1923. Sejak 1995, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Aliansi Koperasi Internasional telah menetapkan tema untuk perayaan Hari sejarah ini.

"Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong-menolong" -Kata mutiara Muhammad Hatta



Ayo kerjasama dan ajak semua orang berjuang untuk perubahan Iklim karena tidak ada negara yang kebal dari itu. Emisi gas rumah kaca lebih dari 50 persen lebih tinggi dari pada tahun 1990, dan pemanasan global menyebabkan perubahan jangka panjang pada sistem iklim kita yang mengancam konsekuensi yang tidak dapat diubah jika kita tidak bertindak. Koperasi untuk Aksi Iklim dipilih sebagai tema tahun ini untuk mengatasi ini, dan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 13 tentang Aksi Iklim. Perubahan iklim sangat memengaruhi mata pencaharian masyarakat di seluruh dunia, terutama kelompok yang paling tidak beruntung seperti petani skala kecil, wanita, pemuda, masyarakat adat dan etnis minoritas, yang harus menghadapi bencana alam ekstrem dan degradasi sumber daya alam. Tahun ini kita akan fokus pada kontribusi koperasi dalam memerangi perubahan iklim.

https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar kata mutiara sejarah ucapan selamat memperingati hari koperasi tahun 2020

SEJARAH

HARI KOPERASI INTERNASIONAL

Pada 16 Desember 1992, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan dalam resolusi 47/90 "Sabtu pertama Juli 1995 menjadi Hari Koperasi Internasional, menandai peringatan seratus tahun pembentukan Aliansi Koperasi Internasional." Sejak 1995 Hari Koperasi Internasional yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah diperingati bersama-sama dengan Hari Koperasi dunia.


Koperasi di seluruh dunia merayakan hari itu dalam berbagai mode dan setiap tahun lembaga penyelenggara menyepakati tema untuk perayaan tersebut. Tema 2020 adalah Co-operatives for Climate Action yang artinya "Koperasi untuk Aksi Iklim."


HARI KOPERASI NASIONAL

Berbeda dengan sejarah Hari Koperasi Internasional, di Indonesia sendiri merayakan Hari Koperasi Nasional pada tanggal 12 Juli. 12 Juli menjadi Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), menandai peringatan momentum dimulainya pergerakan koperasi di Indonesia yang ditandai dengan Kongres Koperasi I di Tasikmalaya pada 12 Juli 1947.


Sejarah singkat gerakan koperasi bermula pada abad ke-20 yang pada umumnya merupakan hasil dari usaha yang tidak spontan dan tumbuh dari kalangan rakyat, ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak.


Pada tahun 1896 seorang Pamong Praja Patih R.Aria WiriaAtmaja di Purwokerto Ia terdorong oleh keinginannya untuk menolong para pegawai yang makin menderita karena terjerat oleh lintah darat yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi. Maksud Patih tersebut untuk mendirikan koperasi kredit selain pegawai negeri, para petani perlu dibantu karena mereka makin menderita karena tekanan para pengijon. Tetapi Pemerintah Belanda pada waktu itu berpendirian lain. Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian dan Lumbung Desa tidak dijadikan Koperasi tetapi Pemerintah Belanda membentuk lumbung-lumbung desa baru, bank–bank Desa, rumah gadai dan Centrale Kas yang kemudian menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI). Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947, diadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya dan kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. Pada 12 Juli 1951, Moh Hatta mengucapkan pidato radio untuk menyambut Hari koperasi di Indonesia. Pikiran-pikirannya mengenai koperasi sangat menginspirasi rakyat, lalu Mohammad Hatta diangkat sebagai bapak Koperasi Indonesia pada kongkres koperasi di Bandung 17 Juli 1953.




HARI KOPERASI SEDUNIA 2020, 2021, DAN 2022


Tahun Tanggal Hari Hari Perayaan Internasional
2020 4 Juli 2020 Sabtu Hari Koperasi Dunia
2021 3 Juli 2021 Sabtu Hari Koperasi dunia Internasional
2022 2 Juli 2022 Sabtu Hari Koperasi Sedunia



Selamat memperingati Hari Koperasi! Mari bersama membangun koperasi sebagai tonggak ekonomi kerakyatan dunia!! dan ucapan terimakasih dari cgtrend.blogspot.com untuk semua bakti pekerja Koperasi dalam membangun negeri menuju Indonesia Maju.

Posting Komentar untuk "HARI KOPERASI SEDUNIA 2020, 2021, DAN 2022"