HARI PALANG MERAH INDONESIA 2020: INFORMASI, TANGGAL, SEJARAH, TEMA

Hari Palang Merah Indonesia 2020 diperingati setiap 17 September sebagai ulang tahun Organisasi kemanusiaan PMI, cgtrend.blogspot.com - Berikut topic informasi, tenggal, sejarah dan tema dalam rangka menyambut HUT Palang Merah Indonesia ke 75


Silahkan download atau unduh materi HUT Palang Merah Indonesia ke 75, berupa Surat-Edaran Peringatan HUT PMI 75, Twibbon HUT PMI 75, Desain Peringatan HUT PMI 75, Banner HUT PMI, Panduan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Se Indonesia, Spanduk Hari Palang Merah Indonesia 2020, Baloho HUT PMI 75, Video Promosi selebrasi hari Palang Merah, pada situs resmi Palang Merah Indonesia (PMI) di http://pustakapmi.id/2020/09/01/dokumen/see-hut-pmi-75-tahun/
https://cgtrend.blogspot.com/


INFORMASI

Hari Palang Merah Indonesia 2020 diperingati setiap 17 September sebagai ulang tahun Organisasi kemanusiaan PMI, cgtrend.blogspot.com - Palang Merah Indonesia adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. - Wikipedia


Dalam arti adalah bahwa Palang Merah merupakan suatu perhimpunan yang anggotanya memberikan pertolongan secara sukarela kepada setiap manusia yang sedang menderita tanpa membeda–bedakan bangsa, golongan, agama dan politik.


Semua kegiatan bidang sosial kemanusiaan PMI dilandasi oleh 7 prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Ketujuh prinsip ini disahkan dalam Konferensi Internasional Palang Merah ke XX di Wina tahun 1965. Sebagai informasi cgtrend bahwa ketujuh prinsip ini juga disahkan dalam Munas XIV Palang Merah Indonesia di Jakarta pada tahun 1986.


TANGGAL

Setiap tanggal 17 September, Hari Palang Merah Indonesia (PMI) secara Nasional. Tanggal ini ditetapkan berdasarkan latar belakang sejarah 17 September 1945, PMI terbentuk. Tahun ini dalam rangka menyambut HUT Palang Merah Indonesia ke 75 (17 September 1945 - 17 September 2020) akan mengangakat tema nasional "Solidaritas Untuk Kemanusiaan"


SEJARAH

Hari Palang Merah Indonesia 2020 diperingati setiap 17 September sebagai ulang tahun Organisasi kemanusiaan PMI, cgtrend.blogspot.com - Berdirinya Palang Merah di Indonesia sebetulnya sudah dimulai sebelum Perang Dunia II, tepatnya 12 Oktober 1873.Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indiƫ (NERKAI) yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang.


Perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) diawali 1932. Kegiatan tersebut dipelopori Dr. R. C. L. Senduk dan Dr. Bahder Djohan dengan membuat rancangan pembentukan PMI. Rancangan tersebut mendapat dukungan luas terutama dari kalangan terpelajar Indonesia, dan diajukan ke dalam Sidang Konferensi Narkei pada 1940, akan tetapi ditolak mentah-mentah.


Rancangan tersebut disimpan menunggu saat yang tepat. Seperti tak kenal menyerah pada saat pendudukan Jepang mereka kembali mencoba untuk membentuk Badan Palang Merah Nasional, namun sekali lagi upaya itu mendapat halangan dari Pemerintah Tentara Jepang sehingga untuk yang kedua kalinya rancangan tersebut kembali disimpan. Proses pembentukan PMI dimulai 3 September 1945 saat itu Presiden Soekarno memerintahkan Dr. Boentaran (Menkes RI Kabinet I) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.


Dibantu Panitia lima orang terdiri atas Dr. R. Mochtar sebagai Ketua, Dr. Bahder Djohan sebagai Penulis dan tiga anggota panitia yaitu Dr. R. M. Djoehana Wiradikarta, Dr. Marzuki, Dr. Sitanala, mempersiapkan terbentuknya Perhimpunan Palang Merah Indonesia. Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari Palang Merah Indonesia (PMI).


TEMA HARI PALANG MERAH INDONESIA 2020

17 September Tahun 2020, "Solidaritas Untuk Kemanusiaan" menjadi tema dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia ke 75. Ini melanjutkan tema hari palang merah Indonesia 2019, yaitu Kebersamaan dalam Kemanusiaan "Kita tangguh Indonesia Maju"






Selamat Hari Palang Merah Indonesia 2020! semoga topic dengan tema PMI ini memberikan wawasan informasi bagi pelajar maupun semua orang sehingga terinspirasi untuk ikut dalam gerakan solideritas kemanusiaan dan bergabung sebagai sukarelawan baik di Palang Merah Remaja ataupun Palang Merah Indonesia!

Posting Komentar untuk "HARI PALANG MERAH INDONESIA 2020: INFORMASI, TANGGAL, SEJARAH, TEMA"