HARI SANTRI 2022, 2023, DAN 2024

Hari Santri Nasional (HSN) akan diperingati pada 22 Oktober 2022 dimana Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mengusung tema besar Santri "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" cgtrend.blogspot.com - Hari Santri Nasional (HSN) adalah hari peringatan bersejarah untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama. Cerita singkat, Pada tanggal 22 Oktober 1945, KH Hasjim Asy’ari menyerukan perintah kepada umat Islam untuk berperang melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia Pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Sekutu yang dimaksud di sini ialah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang. Inilah yang menjadi latar belakang sejarah penetapan Hari Santri yang diperingati tanggal 22 Oktober setiap tahunnya.


Tahun ini tema besar peringatan Hari Santri 22 Oktober tahun 2022 adalah Santri "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" dengan logo "santri itu bukan yang dipajang orang yang mengenakan peci dan jilbab, tapi lebih ke arah value (nilai)." Nilai tersebut tentu berkaitan dengan temanya yang berelasi dengan santri.


https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar ucapan hari Santri Indonesia Skala Nasional tahun 2022, 22 Oktober




Tahun Tanggal Hari Hari Nasional
2020 22 Oktober 2020 Kamis Hari Santri di Indonesia
2021 22 Oktober 2021 Jumat Hari Santri di Indonesia
2022 22 Oktober 2022 Sabtu Hari Santri di Indonesia
2023 22 Oktober 2023 Minggu Hari Santri di Indonesia
2024 22 Oktober 2024 Selasa Hari Santri di Indonesia



Sejarah Hari Santri

Hari santri sebenarnya tidak hanya merujuk pada komunitas tertentu, tetapi merujuk mereka yang dalam tubuhnya mengalir darah Merah Putih dan tarikan napas kehidupannya terpancar kalimat La ilaha illa Allah. Penetapan ini dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yag ditandantangani pada 15 Oktober 2015 di Mesjid Istiqlal Jakarta.


Penetapan Hari Santri Nasional ini dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan oleh para ulama. Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945.


Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi kemerdekaan. Sekutu ini maksudnya adalah Inggris sebagai pemenang perang dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang.


Perjuangan para Pahlawan Nasional, KH Hasyim Asy’ari, KH Ahmad Dahlan, dan Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto dalam menciptakan organisasi Islam sangat berperan penting dalam perjalanan bangsa. Mereka merupakan tokoh yang memiliki komitmen Islam dan komitmen kebangsaan yang luar biasa. Hal inilah yang menjadi latar belakan alasan hari Santri Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 Oktober.




Dalam menyambut bulan oktober untuk Hari Sanri Nasional tahun ini, Keluarga besar cgtrend.blogspot.com mengucapkan Selamat memperingati Hari Santri, Santriwan dan santriwati Sehat jadikan Indonesia Kuat!

1 komentar untuk "HARI SANTRI 2022, 2023, DAN 2024"

  1. MAS Gak ada perlombaan hari santri , agar para santri buka hanya mahir dalam kitab tapi juga teknologi

    BalasHapus