CARA MENGURANGI KONSUMSI PLASTIK ANDA

Kurangi konsumsi plastik Anda dan kurangi dampaknya terhadap lingkungan. Selamat Hari lingkungan Hidup sedunia cgtrend.blogspot.com - Permasalahan plastik di bumi ini adalah kenyataan. Ingat saja, pulau sampah plastik yang mengapung di Samudra Pasifik kini berukuran 1,6 juta km2. Jika kita ingin menyelamatkan bumi ini, waktunya telah tiba bagi kita masing-masing untuk bertindak.


Ada sekitar 500 juta ton plastik diproduksi setiap tahun di seluruh dunia. Pada tahun 2020, kita akan menghasilkan 900% lebih banyak plastik daripada tahun 1980. Pada tahun 2050, lautan dapat mengandung lebih banyak plastik daripada ikan.


Plastik sekarang menjadi masalah serius bagi bumi ini dan berada di tangan kita untuk membalikkan situasi ini.


Plastik telah menjadi elemen konstan dalam hidup kita. Contohnya ada di mana-mana: kemasan produk, bahan kosmetik, tekstil, ponsel, dll. Bahkan ada di dalam permen karet yang mungkin sedang Anda kunyah sekarang! Kemahahadirannya sedemikian rupa sehingga banyak yang akan menemukan fakta bahwa menyerahkannya pada tugas yang sulit. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi plastik tidak hanya membutuhkan perubahan kebiasaan, tetapi juga perubahan pola pikir. lalu bagaimana langkah tepat untuk mengurangi permasalahan sampah platik? berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dari panduan cgtrend.blogspot.com

https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar photo tumpukan plastik


Kurangi konsumsi plastik Anda dan kurangi dampaknya terhadap lingkungan

Permasalahan plastik di bumi ini adalah kenyataan. Ingat saja, pulau sampah plastik yang mengapung di Samudra Pasifik kini berukuran 1,6 juta km2. Jika kita ingin menyelamatkan bumi ini, waktunya telah tiba bagi kita masing-masing untuk bertindak.


PLASTIK, MASALAH GLOBAL

Fakta bahwa plastik sekarang menjadi masalah serius bagi planet ini dibuktikan oleh fakta bahwa semakin banyak pemerintah yang mengusulkan langkah-langkah untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Faktanya, pada 2021 Eropa akan melarang penjualan plastik sekali pakai seperti sedotan minum, peralatan makan, atau cotton bud di dalam perbatasannya. Untuk menempatkan besarnya masalah ke dalam konteks, mari kita tinjau beberapa data objektif:
  • Setiap tahun, 500 miliar botol plastik diproduksi di seluruh dunia. *
  • Pada tahun 2020 kita akan menghasilkan lebih dari 500 juta ton plastik, 900% lebih banyak dari pada tahun 1980. *
  • Plastik di lautan sudah lebih dari 150 juta ton sampah. **
  • Pada tahun 2050, mereka bisa mengandung lebih banyak plastik daripada ikan. ***
  • Setiap tahun, sekitar delapan juta ton plastik berakhir di laut dan samudra kita. *



Sementara untuk topic plastik sekali pakai, yang menyumbang setengah dari plastik yang kami gunakan setiap tahun, mereka memiliki masa manfaat rata-rata 12 hingga 15 menit, namun dapat memakan waktu hingga 500 tahun untuk menghilang, menurut Life Out Of Plastic (LOOP). Plastik hidup lebih lama dari kita dan akan hidup lebih lama dari anak-anak kita. Kabar baiknya, sebagai konsumen, ada di tangan kita untuk membalikkan keadaan ini. Kita memiliki kekuatan untuk membuat produsen mengubah cara mereka berproduksi. Bagaimana? Dengan mengubah cara kita mengonsumsi.


TIPS UNTUK MENGURANGI KONSUMSI PLASTIK ANDA

Meminimalkan konsumsi plastik jauh lebih sederhana dari yang terlihat. Berikut beberapa tip yang dapat mengubah hidup Anda dan kehidupan bumi ini:


1) Hindari plastik sekali pakai seperti sedotan

Plastik sekali pakai, seperti piring dan peralatan makan yang terbuat dari bahan ini, membuat hidup kita lebih mudah, tetapi sangat membahayakan planet ini. Jenis produk ini memiliki alternatif yang layak dan ada kebutuhan mendesak untuk memilihnya.

2) Jika Anda pergi berbelanja, ingatlah untuk membawa tas kain

Kita pergi ke supermarket setidaknya sekali seminggu untuk mengisi lemari es kita. Jika setiap kali kita pergi kita menggunakan tas yang dapat digunakan kembali (kain, tali atau anyaman), kesehatan bumi kita akan meningkat. Mulai sekarang ingatlah untuk mengambil milik Anda saat meninggalkan rumah.

3) Daur ulang permen karet ... Ini juga terbuat dari plastik!

Kebanyakan permen karet yang beredar di pasaran mengandung plastik. Cobalah untuk mengurangi permen karet dan membuangnya ke dalam wadah daur ulang yang benar. Atau Anda juga dapat memilih permen karet alami dan organik.

4) Beli lebih banyak makanan alami dan lebih sedikit produk kemasan!

Wadah sekali pakai membanjiri supermarket (baki polistiren, botol PET, wadah plastik, dll.). Tetapi ada alternatif: semakin banyak perusahaan menawarkan kemungkinan untuk membeli dalam jumlah besar.

5) Ganti Tupperware plastik untuk wadah kaca atau baja

Jika Anda makan di tempat kerja, wadah Tupperware adalah bagian dari hari Anda. cgtrend menyarankan Anda mengubah rutinitas dan memilih wadah kaca atau stainless steel. Bumi atau planet ini tidak hanya akan menghargainya, tetapi juga kesehatan Anda karena beberapa wadah plastik ini dapat melepaskan zat berbahaya.

6) Saat nongkrong mencuci gunakan pasak kayu bukan yang plastik

Bahkan tindakan terkecil pun dapat memberikan dampak positif yang besar bagi bumi kita. Contohnya, sesuatu yang rutin seperti nongkrong mencuci baju bisa menjadi tindakan luar biasa jika kita berganti dari plastik menjadi pasak kayu.

7) Buat orang di sekitar Anda sadar akan pentingnya mengurangi konsumsi plastik

Jika, selain mengurangi konsumsi plastik, Anda berhasil membuat keluarga, teman, dan rekan kerja Anda melakukan hal yang sama dengan memberi contoh, dampak tindakan Anda untuk kebaikan bumi ini akan meningkat secara eksponensial.

8) Perhatikan dan masukkan sampah plastik Anda ke wadah daur ulang yang benar

Gaya hidup kita terkadang menghalangi kita untuk memperhatikan detail. Oleh karena itu, dalam hal mendaur ulang sampah plastik dapat berakhir di wadah yang salah. Sebelum membuang limbah Anda, pikirkan ke mana setiap barang harus dibuang.

9) Hindari penggunaan kosmetik yang menggunakan mikro-plastik, beli sikat yang dapat terurai secara hayati, dan kenakan kain alami

Pasar saat ini menawarkan serangkaian produk alternatif bebas plastik dan opsinya semakin meningkat. Dari lipstik bebas plastik mikro atau sikat yang terbuat dari kayu hingga kaos yang terbuat dari bahan alami.

10) Pilih untuk menggunakan kembali dan berikan beberapa kemasan tujuan baru

Jika Anda tidak punya pilihan selain membeli botol plastik atau wadah plastik di supermarket, gunakan kembali daripada membuangnya. Sebuah botol dapat diisi sebanyak yang Anda suka dan wadah dapat digunakan untuk menyimpan makanan lain.


Jadi itulah sepuluh tindakan sederhana untuk mengurangi penggunaan plastik yang dapat Anda lakukan dari panduan cgtrend.blogspot.com semoga bermanfaat! Cintai lingkungan Anda, Cintai Bumi, karena cinta itu akan menyelamatkan planet ini dari kerusakan yang makin parah!


Disclaimers cgtrend.blogspot.com :
  • * Sumber data: Greenpeace.
  • ** Sumber data: European Parliament.
  • *** Sumber data: The World Economic Forum.

Posting Komentar untuk "CARA MENGURANGI KONSUMSI PLASTIK ANDA"