HARI MUSEUM NASIONAL DI INDONESIA - TANGGAL DAN TUJUAN MUSEUM & SOLIDERITAS

Pertama kali dalam sejarah diselenggarakan Pendeklarasian Hari Museum Indonesia dilakukan di Malang, 26 Mei 2015, yang menetapkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional di Indonesia. Tanggal tersebut dipilih berdasarkan Penyelenggaraan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama pada tanggal 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta. cgtrend.blogspot.com - Pada Acara Musyawarah ini melahirkan 10 resolusi permuseuman Indonesia, diantaranya.
  1. Resolusi tentang perlunya undang-undang tentang permuseuman.
  2. Resolusi pembentukan Badan Musyawarah Museum Indonesia.
  3. Resolusi pembentukan National Committee of ICOM.
  4. Resolusi mengenai desakan agar terutama Pemerintah meningkatkan pemberian bantuan kepada museum-museum yang telah ada.
  5. Resolusi penambahan jumlah museum.
  6. Resolusi agar diadakan Musyawarah Museum Seluruh Indonesia II pada tahun 1965 di Jakarta.
  7. Resolusi tentang pembinaa dan pendidikan macam-macam tenaga museum, melalui kursus-kursus aplikasi, upgrading-courses dan menyokong pikiran pendirian suatu akademi dinas di bidang museologi.
  8. Resolusi agar museologi masuk dalam kurikulum universitas.
  9. Resolusi agar museum secara aktif berfungsi untuk kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan agama.
  10. Resolusi agar museum dijadikan alat penggalang persahabatan bangsa-bangsa serta membantu perkembangan kebudayaan dunia.



Untuk meningkatkan kesadaran akan fakta bahwa, Museum adalah sarana penting pertukaran budaya, pengayaan budaya dan pengembangan saling pengertian, kerjasama dan perdamaian antar masyarakat Nasional maka perlu solideritas sehingga diselenggarakan Pendeklarasian Hari Museum Indonesia.


Hari Museum Nasional di Indonesia 2020 menyerukan alasan dengan tujuan yang signifikan dengan mengangkat tema “Museum Dan Solidaritas”, sebagai pengingat kita bersama juga museum melalui program publiknya dapat meningkatkan kepekaan, kesadaran dan kepedulian masyarakat.


Selain tema Nasional untuk Hari Museum Indonesia, hari ini juga mempromosikan penguatan Solidaritas dan Gotong Royong untuk kemajuan museum Indonesia di masa Pandemi covid-19. Selain itu banyak hal yang harus Anda ketahui tentang hari ini. Pada topic Nasional, cgtrend menyajikan kepada Anda tanggal, dan tujuan Hari Museum Nasional di Indonesia 2020 yang mendorong kita bersama untuk mencintai Museum dengan meningkatkan kesadaran tentang Peran penting Museum sebagai alat penggalang persahabatan bangsa-bangsa serta membantu perkembangan kebudayaan dunia.

https://cgtrend.blogspot.com/


TANGGAL HARI MUSEUM NASIONAL DI INDONESIA

Hari Museum Nasional di Indonesia pertama kali dalam sejarah diselenggarakan Pendeklarasian Hari Museum Indonesia dilakukan di Malang, 26 Mei 2015, yang menetapkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional di Indonesia. Berbeda dengan Perayaan Hari Museum Internasional yang jatuh pada tanggal 18 Mei meskipun memiliki tujuan sama yakni, menjdaikan Museum sebagai sarana penting pertukaran budaya, pengayaan budaya dan pengembangan saling pengertian, kerjasama dan perdamaian antar masyarakat dunia.


TUJUAN DAN TEMA HARI MUSEUM NASIONAL DI INDONESIA

Tema hari Museum tahun 2020 adalah “Museum Dan Solidaritas”, dengan tujuan sebagai pengingat bangsa Indonesia termasuk tokoh, dan pemerhati museum untuk dapat meningkatkan kepekaan, kesadaran dan kepedulian masyarakat. Bentuk kepedulian khususnya ditengah pandemi Covid-19 dan PSBB, insan permuseuman Indonesia mesti membantu pemerintah mensosialisasikan protokol kesehatan di masyarakat sebagai gerakan resolusi agar museum secara aktif berfungsi untuk kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan agama.


Cgtrend Hari Nasional lainnya



Merayakan Hari Museum Nasional di Indonesia diharapkan mempu meningkatkan pengetahuan keragaman budaya dan mengenal jenis musemum Nasional. Selain itu, Anda dapat mempelajari lebih lanjut topic tentang Solideritas dan Museum serta bagaimana pengaruhnya terhadap alat penggalang persahabatan bangsa-bangsa serta membantu perkembangan kebudayaan dunia pada informasi cgtrend.blogspot.com berikutnya

Posting Komentar untuk "HARI MUSEUM NASIONAL DI INDONESIA - TANGGAL DAN TUJUAN MUSEUM & SOLIDERITAS"