MAULID NABI MUHAMMAD SAW: BACAAN SHOLAWAT NABI BESERTA ARTINYA

Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah yang jatuh pada hari Sabtu 8 Oktober 2022, cgtrend.blogspot.com sebagai sambutan bulan mulia Rabiul Awal, mari bersholawatan. Sholawat yang ditujukan kepada junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, ada baiknya dibaca setiap hari. Nah, sebelum membahasa topic tentang Shalawat Nabi Nabi Muhammad SAW, baik itu dalam bacaan dan terjemahannya. Yuk, ketahui dahulu apa arti dari sholawat itu?

https://cgtrend.blogspot.com/


ARTI SHOLAWAT

Sholawat adalah sebuah sarana untuk menambah iman kita kepada Allah swt dan cinta kita kepada Rasulullah saw. Arti secara umum kata Shalawat (Tulisan Arab: الصلوات ) merupakan bentuk jamak dari kata as-shalât ( الصلاة ) yang berarti berdoa.


Dalam beberapa doa maupun acara pengajian, kamu mungkin pernah mendengar kata-kata "Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Sayyidina Muhammad Rasulullah Allah SWT." Anjuran salam ini tentu memiliki dalil, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran Surat Al-ahzab ayat 56, yang artinya: "Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya. (QS Al-Ahzab 33: 56).


BACAAN SHOLAWAT NABI ARTI BESERTA ARABNYA

Dalam Bahasa Arab:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ


Dalam Bahasa Indonesia:

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barokta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.


Arti:

Ya Allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang Ya Allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim.Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang.


TOPIC MAULID NABI MUHAMMAD SAW: BACAAN SHOLAWAT NABI BESERTA ARTINYA

Kamu tidak perlu menunggu peringatan Hari maulid Nabi Muhammad SAW untuk mengucapkan kata-kata "Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Sayyidina Muhammad Rasulullah Allah SWT, karena ini bisa dilakukan setiap hari. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam hadits mengatakan: “Janganlah kamu menjadikan kuburanku sebagai hari raya, dan bacalah shalawat padaku, sesungguhnya bacaan shalawatmu akan sampai kepadaku, di mana saja kamu berada.” Dari hadits tersebut dapat diartikan bahwa Apabila diucapkan setelah dan sebelum doa sehari-hari, akan menyebabkan doa segera naik ke langit, dan menjadi sebab dari terkabulnya doa. InsyaAllah, Aamiin! selamat bersholawatan, demikian dari cgtrend.blogspot.com semoga bermanfaat!!!

Posting Komentar untuk "MAULID NABI MUHAMMAD SAW: BACAAN SHOLAWAT NABI BESERTA ARTINYA"