16 HARI ANTI-KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN

Sejarah Lahirnya Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan. komnasperempuan.go.id, cgtrend.blogspot.com - Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16 Days of Activism Against Gender Violence) merupakan kampanye internasional untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. Sebagai institusi nasional hak asasi manusia di Indonesia, Komnas Perempuan menjadi inisiator kegiatan ini di Indonesia. Salah satu mandat Komnas Perempuan adalah meningkatkan kesadaran publik bahwa hak-hak perempuan adalah hak asasi manusia. Oleh karena itu kekerasan terhadap perempuan adalah pelanggaran hak asasi manusia.

Baca: 20 UCAPAN, PESAN, DAN KATA HARI WANITA 2023


Dalam melaksanakan mandat tersebut, Komnas Perempuan setiap tahun melakukan kegiatan 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16HAKTP) setiap tanggal 25 November sampai 10 Desember.


Sejarah kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16 Days of Activism Against Gender Violence) pada awalnya merupakan kampanye internasional untuk mendorong upaya – upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. Aktivitas ini sendiri pertama kali digagas oleh Women’s Global Leadership Institute pada tahun 1991 yang disponsori oleh Center for Women’s Global Leadership.

https://cgtrend.blogspot.com/


APA SAJA 16 HARI ITU?

16 Hari gerakan Menentang Kekerasan Berbasis Gender adalah kampanye internasional yang berlangsung setiap tahun dari 25 November (Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan) hingga 10 Desember (Hari Hak Asasi Manusia Sedunia). 16 Hari adalah kesempatan untuk bersatu dengan mitra di seluruh dunia dan merenungkan apa yang masing-masing dapat kita lakukan di komunitas kita sendiri dan dalam kehidupan kita sendiri untuk menghilangkan kekerasan tidak proporsional yang dihadapi oleh perempuan, dan anak perempuan.


Hari-hari Peringatan dalam kurun waktu 25 November - 10 Desember

  1. 25 November (Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan)
  2. 1 Desember (Hari AIDS Sedunia)
  3. 2 Desember (Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan)
  4. 3 Desember (Hari Internasional bagi Penyandang Cacat)
  5. 5 Desember (Hari Internasional bagi Sukarelawan)
  6. 6 Desember (Hari Tidak Ada Toleransi bagi Kekerasan terhadap Perempuan)
  7. 10 Desember (Hari Hak Asasi Manusia / HAM Internasional)




Baca: 30 KATA/KUTIPAN INSPIRASI TENTANG IBU DARI ANAK PEREMPUAN



APAKAH KEKERASAN BERBASIS GENDER ITU?

Kekerasan berbasis gender adalah kekerasan yang dilakukan terhadap seseorang berdasarkan identitas gender, ekspresi gender atau persepsi gendernya. Setiap hari, perempuan, dan anak perempuan terus menghadapi tingkat krisis kekerasan. Lebih dari separuh wanita Indonesia telah menjadi korban dari setidaknya satu tindak kekerasan fisik atau seksual sejak usia 16 tahun. Perempuan penyandang disabilitas hampir dua kali lebih mungkin mengalami pelecehan seksual dibandingkan perempuan tanpa disabilitas dalam 12 bulan terakhir.


Mari Menjadi Bagian dari Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (25 November - 10 Desember) 2020 bersama mendukung mandat Komnas Perempuan Republik Indonesia


APAKAH TEMA KAMPANYE 16 HARI ANTI-KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN SKALA NASIONAL?



Tema Nasional

Tahun 2020, Komnas Perempuan Republik Indonesia mengangkat tema “Gerak Bersama: Jangan Tunda lagi, Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual”

Hastags Kampanye

Tahun 2020, Komnas Perempuan Republik Indonesia mengkampanyekan hastags yang digunakan untuk mendukung pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual adalah: " #GerakBersama #SahkanRUUPKS #JanganTundaLagi "



Baca: KATA UCAPAN HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL



KESIMPULAN TOPIC 16 HARI ANTI-KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN TAHUN 2020

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16 Days of Activism Against Gender Violence) merupakan kampanye internasional untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. Sebagai institusi nasional hak asasi manusia di Indonesia, Komnas Perempuan menjadi inisiator kegiatan ini di Indonesia. Aktivitas ini sendiri pertama kali digagas oleh Women’s Global Leadership Institute tahun 1991 yang disponsori oleh Center for Women’s Global Leadership. Setiap tahunnya, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 November yang merupakan Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan hingga tanggal 10 Desember yang merupakan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional.


Bersama Komnas Perempuan mari jadikan Sejarah Lahirnya Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan sebagai inpirasi dan motivasi dalam ikut bergabung untuk menjadi bagian kampanye komnasperempuan.go.id, Jika Anda tertarik bergabung silahkan kunjungi situs resmi https://www.komnasperempuan.go.id/pages-16-hari-anti-kekerasan-terhadap-perempuan Demikianlah Topic tentang Perempuan di cgtrend.blogspot.com hari ini, semoga bermanfaat!!!!

Posting Komentar untuk "16 HARI ANTI-KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN"