CAPAIAN PEMBELAJARAN

https://cgtrend.blogspot.com/


Cgtrend.blogspot.com - Capaian Pembalajaran adalah kompetensi yang disusun oleh satuan pendidikan sebagai dasar rancangan pembelajaran yang harus dilalui murid. Pencapaian pembelajaran berarti sama dengan konsep menggambarkan kemampuan untuk mengukur kinerja siswa melalui kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.


Capaian Pembalajaran mempunyai dua pengertian dasar, yakni Capaian dan Pembelajaran. Capaian berarti 'hasil' yang diharapkan kepada peserta didik.


Adapun menurut Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi (Kemendikbudristek), Capaian adalah hasil dari sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi dan harus dilalui peserta didik atau murid, dimulai dari fase Fondasi pada PAUD. Adapun 6 fase (A–F) dilalui pada pendidikan dasar dan menengah, ini meliputi meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C). Adapun kata Pembelajaran berarti proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Capaian Pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun pendidik dalam hal ini guru secara komprehensif dalam bentuk narasi.


Menurut Dikti, (2015: 1), Capaian pembelajaran (CP) adalah suatu ungkapan tujuan pendidikan. Menjelaskan apa saja yang perlu siswa ketahui, pahami, dan kerjakan setelah menyelesaikan proses belajar mengajar di satuan pendidikan.

Baca Juga: DEFINISI, MANFAAT, DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

Oleh karena itu, Capaian pembelajaran di Kurikulum Merdeka sangat penting dijadikan acuan untuk membimbing siswa mencapai hasil yang sesuai harapan dari kegiatan pembelajaran yang terencana. CP juga bisa memandu dalam proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Serta memungkinkan siswa untuk memahami apa yang akan peserta didik capai di akhir pembelajaran.


Di sisi lain, ada beberapa prinsip perumusan atau penyusunan yang mesti dibuat sebagai kompetensi pada capaian pembelajaran. Prinsip capaian pembelajaran mesti Terukur, spesifik dan Fleksibel (sesuai proses dan tahap belajar siswa).


Perumusan capaian pembelajaran dapat terlihat jelas pada perubahan baru yang signifikan dari kompetensi Inti (KI) dan kompetensi Dasar (KD), dimana format dirumuskan dengan penulisan kompetensi yang ingin dicapai serta rentang waktu yang ditargetkan untuk mempelajarinya.

Baca Juga: 2 TUJAUN CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

Bahkan penyusunan Capaian Pembelajaran di Kurikulum Merdeka ditulis dalam metode yang berbeda, di mana pemahaman, sikap atau disposisi terhadap pembelajaran dan pengembangan karakter, serta keterampilan yang terobservasi atau terukur ditulis sebagai suatu rangkaian.


Disamping itu Capaian Pembelajaran menjadi wujud dari tujuan pembelajaran yang telah dibuat dan ditulis pendidik. Lewat alur tujuan pembelajaran, siswa bisa mengetahui, memahami, dan mengerjakan setelah menyelesaikan proses belajar mengajar di satuan pendidikan. Hal ini dikarenakan Alur tujuan pembelajaran (ATP) ditulis dan dirancang dengan tepat sesuai fase meraka.

Baca Juga: CONTOH ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN MAPEL IPS FASE D KURIKULUM MERDEKA

Meski demikian ada beberapa hal yang perlu dipelajari dalam rangka menulis Komponen capaian pembelajaran. Komponen yang dimaksud penulis cgtrend yakni, Rasional mata pelajaran, Tujuan mata pelajaran, Karakteristik mata pelajaran, CP setiap fase. Mulai dari capaian pembelajaran fase Fondasi pada PAUD, hingga fase pada pendidikan dasar dan menengah.

Baca Juga: CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) KKNI

Bacajuga beragam Modul ajar lainnya dengan terus kunjungi Cgtrend.blogspot.com - Di #cgtrendPedia terdapat banyak pembahasan baru baik dari topik materi dunia pendidikan berbeda untuk bahan referensi.

Posting Komentar untuk "CAPAIAN PEMBELAJARAN"