DOA ISRA MIRAJ BESERTA AMALAN DAN ZIKIR YANG PERLU DIKETAHUI

Sebagaimana diketahui bahwa umat muslim sangat dianjurkan meneladani peristiwa Isra Miraj dengan beragam cara, salah satunya ialah menyambutnya dengan lebih banyak doa beserta amalan dan zikir yang mendatangkan kepatutan.
Doa Isra Miraj beserta Amalan dan Zikir Yang perlu Diketahui. /



Cgtrend.blogspot.com - Sebagaimana diketahui bahwa umat muslim sangat dianjurkan meneladani peristiwa Isra Miraj dengan beragam cara, salah satunya ialah menyambutnya dengan lebih banyak doa beserta amalan dan zikir yang mendatangkan kepatutan. Peristiwa Isra' Mi'raj merupakan salah satu peristiwa suci dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad shallallaahu "alaihi wa sallam dan terjadi di malam hari.


Peristiwa malam Isra" Mi"raj ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Quran surah berikut ini:


سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ


Arab-Latin: Subhaanalladzii asraa bi"abdihi lailan minal masjidil haraami ilal masjidil aqshalladzii baarakna haulahu linuriyahu min ayaatinaa, innahu huwassamii"ul bashiir.


Artinya: "Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkati sekelilingnya supaya Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sungguh Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Isra: 1)


Secara bahasa, Isra" berasal dari kata Saro yang manfaatnya perjalanan di malam hari. Sementara secara istilah, Isra" adalah perjalanan Rasulullah shallallahu "alaihi wa sallam bersama Jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Palestina). Mi"raj secara bahasa merupakan peralatan untuk naik. Sementara secara istilah, Mi"raj bermakna tangga khusus yang digunakan oleh Nabi Muhammad Saw untuk naik dari bumi menuju ke atas langit.


Sebenarnya ada beberapa hadits dan pendapat yang menjelaskan waktu terjadinya Isra' Mi"raj, tetapi dari ayat 1 Al-Quran surah Al-Isra di atas sudah cukup jelas bahwa peristiwa tersebut terjadi di malam hari.


Doa Malam Isra" Mi"raj


Sebenarnya ada banyak doa-doa malam Isra" Mi"raj yang bisa dibaca dan dizikirkan, berikut uraiannya:


1. Ketika memasuki bulan Rajab, Rasulullah mencontohkan untuk membaca doa berikut:


اَللّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِّغْنَا رَمَضَان


Allahumma barik lana fi Rajab wa Sha'ban wa ballighna Ramadan ((HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).


Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."


2. Pada siang dan malam Isra" Mi"raj,


Dianjurkan untuk menghidupkan malam tersebut dengan menjadikan lebih banyak ibadah, amalan dan doa kepada Allah. Doa yang dianjurkan dibaca pada malam dan siang Isra Miraj: Allohumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa "amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta'lamu khoo-inatal a'yuni wa maa tukhfish shuduuru. Manfaatnya "Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati."


3. Doa Sayyidina Ali bin Abi Thalib,


Untuk seorang khalifah yang sangat patuh dan taat akan perintah Allah dan Rasul-Nya, dia juga sangat memuliakan bulan ini dengan membaca doa malam pertama bulan Rajab yaitu:


اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَصَابِيْحِ الْحِكْمَةِ، وَمَوَالِي النِّعْمَةِ، وَمَعَادِنِ الْعِصْمَةِ، وَاعْصِمْنِيْ بِهِمْ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ، وَلَا تَأْخُذْنِيْ عَلَى غِرَّةٍ، وَلَا عَلَى غَفْلَةٍ، وَلَا تَجْعَلْ عَوَاقِبَ أَمْرِيْ حَسْرَةً وَنَدَامَةً، وَارْضَ عَنِّيْ؛ فَإِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِلظَّالِمِيْنَ، وَأَنَا مِنَ الظَّالِمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا لَا يَضُرُّكَ، وَأَعْطِنِيْ مَا لَا يَنْفَعُكَ، فَإِنَّكَ الْوَاسِعَةُ رَحْمَتُهُ، الْبَدِيْعَةُ حِكْمَتُهُ، فَأَعْطِنِي السَّعَةَ وَالدَّعَةَ، وَالْأَمْنَ وَالصِّحَّةَ، وَالشُّكْرَ وَالْمُعَافَاةَ وَالتَّقْوَى، وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ وَالصِّدْقَ عَلَيَّ وَعَلَى أَوْلِيَائِكَ، وَأَعْطِنِي الْيُسْرَ، وَلَا تَجْعَلْ مَعَهُ الْعُسْرَ، وَاعْمُمْ بِذٰلِكَ أَهْلِيْ وَوَلَدِيْ وَإِخْوَانِيْ فِيْكَ، وَمَنْ وَلَدَنِيْ، مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَات


Artinya: "Ya Allah, limpahkan rahmat ta'dzim kepada Muhammad dan keluarganya yang menjadi pelita-pelita hikmah, pemilik kenikmatan, sumber perlindungan. Jagalah kami sebab (keberkahan) mereka-dari keburukan. Dan jangan engkau ambil kami dalam kondisi tertipu, tidak pula dalam keadaan lupa.


Jangan jadikan akhir urusan kami sebagai penyesalan. Ridhailah kami. Sesungguhnya ampunan-Mu bagi orang-orang yang zalim, dan aku bagian orang yang zalim itu.


Ya Allah, ampunilah aku atas dosa yang tidak pernah bisa membahayakan-Mu, berilah aku sesuatu yang memang tak ada manfaatnya sama sekali untuk-Mu. Sesungguhnya Engkau itu maha luas rahmat-Nya. Hikmahnya yang sangat indah.


Berikan kami kelapangan dan ketenteraman, keamanan dan kesehatan, serta rasa syukur, selamat sentosa dan ketakwaan. Berikan kesabaran dan kejujuran kepada kami dan orang-orang yang Engkau cintai. Berikan kami pula kemudahan yang tidak ada kesulitannya sama sekali. Semoga itu semua juga Engkau berikan bagi keluarga kami, anak kami, saudara-saudara kami seagama. Dan Engkau berikan kepada orang tua yang telah melahirkan kami, dari muslimin muslimat, mu'minin mu'minat." (saif/saif)

Baca juga : Kumpulan KATA-KATA Isra Miraj Terbaru 2023 - Bijak, Menyentuh Hati

-----

Baca juga artikel baru lainnya di Cgtrend terkait doa harian maupun topik terkini. Kunjungi Cgtrend.blogspot.com, Dengan demikian kamu akan menemukan informasi terkini dari berbagai topik trending tahun ini.

Posting Komentar untuk "DOA ISRA MIRAJ BESERTA AMALAN DAN ZIKIR YANG PERLU DIKETAHUI"