IDUL ADHA

Posts

[INFO]
Assalamualaikum Sobat cgtrend!


Perayaan Hari Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah tahun ini jatuh pada Kamis 29 Juni 2023. Perayaan Hari Idul Adha juga dikenal dengan sebutan Lebaran haji atau Hari raya Kurban.


Hari Idul Adha atau Hari raya Kurban merupakan sebuah hari memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma’il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. Untuk memperingati kejadian ini, hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahun.


Iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah atau 70 hari setelah Idul Fitri. Pada hari Idul adha, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Id bersama-sama di tanah lapang atau di masjid. Setelah salat, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan. Sepertiga daging hewan dikonsumsi oleh keluarga yang berkurban, sementara sisanya disedekahkan atau dibagikan kepada orang lain.


Hari Idul Adha merupakan hari yang dikenal sebagai 70 hari setelah IdulFitri. Dikenal sebagai Hari raya Kurban, Hari Idul qurban dirayakan setiap hari puncak haji yakni 10 Dzulhijjah.


Hari Idul qurban sebenarnya tercatat secara gamblang di dalam alquran Surah Al Hajj ayat 34-35. yang artinya: "Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya.

Posting Komentar untuk "IDUL ADHA"