MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF

Ringkasan Bab 2 Menyampaikan Pidato Persuasif Kelas 9 SMP/MTs. cgtrend.blogspot.com, Pidato persuasif adalah jenis pidato yang disampaikan dengan tujuan mempengaruhi pendengarnya, sehingga tertarik dengan apa yang disampaikan. Seperti pidato kemerdekaan yang mengobarkan semangat kemerdekaan.

https://cgtrend.blogspot.com/

Tujuan Pidato Persuasif

Berikut merupakan tujuan dari disampaikan dan disusunnya pidato persuasif ini.
  1. Mempunyai topik yang telah dikuasai sehingga mampu menguraikannya.
  2. Menambah kecakapan dalam berpidato.
  3. Memiliki tujuan dari apa yang disampaikan.
  4. Menambah pengetahuan baru.
  5. Mempunyai topik yang terjalin dari hubungan yang harmonis.



Ciri-ciri Pidato Persuasif

Adapun ciri yang terdapat pada pidato persuasif, adalah sebagai berikut.
  1. Pidato mempunyai permasalahan pokok yang memiliki kriteria dari yang disampaikan dan memiliki pesan utama atau inti di dalam pidato yang disampaikan supaya para audiens yang mendengarkan dapat melakukannya dan dapat menerima apa yang disampaikan.
  2. Keahlian untuk menyampaikan bahwa didalam pidatonya memiliki ciri sebagai pembujuk atau juga sebagai penasehat untuk para pendengarnya.
  3. Mempunyai hubungan yang baik yang juga terdapat dalam kriteria supaya pendengar ingin bersedia dan mereka merasakan nyaman meski dalam waktu singkat bahkan dalam waktu panjang.
  4. Pidato cenderung memiliki ciri khas supaya bisa melakukan sesuatu dengan kedekatan atau keakraban yang telah tercipta.



Jenis Pidato Persuasif

Pidato persuasif ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang akan kami uraikan sebagai berikut.
  1. Pidato persuasif dengan tujuan berdasarkan kebaikan.
  2. Pidato persuasif jenis pidato yang informatif maksudnya yang memberikan informasi.
  3. Pidato persuasif jenis pidato yang memebrikan keyakinan pada pendengar.
  4. Pidato deskriptif salah satu jenis pidato yang menggambarkan sebuah keadaan.
  5. Pidato rekreatif jenis pidato yang memeberikan hiburan kepada pendengarnya.



Struktur Pidato Persuasif

Adapun struktur dari pidato persuasif yang baik dan benar adalah sebagai berikut.
  1. Salam pembukaan : Ini disampaikan pada awal pidato, hendaknya salam pembuka ini mencakup semua aspek keyakinan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.
  2. Pendahuluan : Menyampaikan hal yang mencakup isi pidato secara singkat, seperti memberikan gamabaran apa saja yang akan disampaikan pada pidato tersebut.
  3. Isi pidato : Bagian tempat untuk menyampaikan tujuan dan maksud kepada para pendengar pidato.
  4. Penutup : Hal ini sebagai bagian untuk menyampaikan kesimpulan dari pidato yang telah diberikan, dan permohonan maaf serta ucapan terima kasih dan salam penutup.



Isi Pidato Persuasif

Isi pidato persuasif hendaknya dengan merujuk secara keseluruhan mengenai pidato persuasif yang disampaikan secara khusus maka sudah jelas bahwa isi dari pidato ini harus menarik serta memiliki manfaat yang besar untuk pendengarnya.


Dengan demikian bertujuan supaya bisa membuat audiens atau bisa disampaikan juga semua yang menjadi unsur yang dinilai penting dalam pidato tersebut, sehingga dapat membujuk dan membuat masyarakat berbuat dengan bisa melakukan sesuatu yang baik dan memiliki nilai guna.


Contoh Pidato Persuasif

Setelah mengetahui pengertian, ciri, jenis, tujuan dan isi dari pidato persuasif singkat, dengan tujuan untuk mendapat pemahaman yang lebih lagi cgtrend.blogspot.com berikan juga contoh pidato persuasif tentang Covid 19 sebagai berikut.


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Puji dan juga syukur kita panjatkan pada Illahi Robbi yang telah memberi rahmat serta hidayahNya pada kita semua, sehingga kita dapat merasakan nikmatNya yang begitu banyak. Bapa dan ibu serta saudara yang saya hormati. Dalam kesempatan ini saya akan membahas tentnag pidato tentang wabah virus corona yang sedang marak belakangan ini.


Hadirin yang saya hormati


Virus yang diduga berasal dari china, wuhan ini. Meresahkan warga dunia karena, virus ini sangat cepat menyebar keseluruh dunia. PBB dan WHO, semua negara bergerak maupun berpikir cepat untuk menangani warganya yang sedang berada dichina. Namun karena keadaan china seperti itu, mereka melakukan isolasi daerah wuhan, guna menghindari virus tersebut menyebar.


Hadirin yang saya hormati


Diduga virus corona berasal dari pasar ikan swalayan yang berada di wuhan. Berasal dari hewan kelelawar dan ular, namun masih banyak pro kontra tentang ini, semisal dari indonesia daerah minahasa. Banyak masyarakatnya yang masih mengonsumsi ular namun belum/ tidak ada yang kena virus corona, ataupun bisa faktor lainya seperti cara masak orang china dan minahasa berbeda dalam matangya dan lain-lain. Juga bisa virus tersebut bukan berasal dari kedua hewan tersebut.


Hadirin yang saya hormati


Marilah kita menjaga kesehatan diri masing-masing, karena kita tidak tau virus tersebut lebih jelasnya bagaimana, masih banyak seputar isu dan berita belum pasti. Dari itu kita hanya bisa menjaga kesehatan, olahraga yang sehat, intinya segala hal yang menghindari dari penyakit yang membahayakan.


Hadirin yang saya hormati


Kiranya cukup sekian saja yang bias saya sampaikan. Saya ucapkan banyak terima kasih atas semua perhatian. Jika terdapat banyak tutur kata yang kurang berkenan di hati, maka saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya


Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Penulis cgtrend.blogspot.com


CARA MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF (PERSUASI)

Persuasi atau persuasif berarti mengajak, membujuk, atau menyuruh. Nah, sesuai dengan arti katanya, teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Ada tiga cara memersuasi khalayak melalui pidato persuasif adalah ETIKA, EMOSI, DAN LOGIKA.
  1. ETIKA. Etika adalah cara memersuasi yang bertitik tolok pada adab kesopan santunan yang berlaku di masyarakat.
  2. EMOSI. Emosi adalah cara memersuasi yang bertitik tolok pada kesatuan perasaan yang terjadi di antara orator dan pemirsa.
  3. LOGIKA. Logika merupakan cara memersuasi yang bertitik tolok pada nalar dan cara berpikir yang obyektif.


Baca:


RINGKASAN

Pidato persuasif adalah salah satu pidato yang digunakan untuk menyampaikan saran, ajakan, atau bujukan kepada masyarakat atau lawan bicara utnuk menyetujui suatu gagasan yang ditawarkan atau melakukan suatu tindakan secara sukarela.


Topic terkait pidato persuasi, terdapat tiga cara yang dapat digunakan untuk memersuasi khalayak melalui pidato persuasi. Ketiga cara tersebut adalah etika, emosi, dan logika. Demikianlah ringkasan atau kesimpulan Bab 2 Menyampaikan Pidato Persuasif Kelas 9 SMP/MTs pada artikel cgtrend.blogspot.com, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF"