PERAYAAN HARI VALENTINE

Hari Raya Valentine yaitu Hari Kasih Sayang, jatuh pada tiap-tiap hari cinta 14 Februari.



cgtrend.blogspot.com, - Hari Raya Valentine yaitu Hari Kasih Sayang, jatuh pada tiap-tiap hari cinta 14 Februari. Pada hari itu banyak terdapat tradisi yang menjadikan kita merayakan hari yang penting itu. Terutama para pasangan baik itu kekasih, teman, maupun keluarga pada umumnya.


Dalam cerita sejarah digambarkan bahwa Santo Valentine adalah seorang imam yang melayani pada abad ke-3 dibawah pemerintahan Kaisar Claudius II di Roma.


St Valentine adalah pelindung orang-orang yang sedang jatuh cinta.


Dan karena itulah di banyak negara tanggal 14 Februari (tanggal yang dia diduga dibunuh pada 269 M) adalah hari kasih sayang.


Asal-usul Santo Valentinus sebenarnya tidak ada hubungannya dengan ajaran Katolik. Tetapi dari zaman Romawi sebelum munculnya Kristen.


Valentine berasal dari perayaan tahunan pedesaan Lupercalia kuno, yang dilakukan pada tanggal 15 Februari untuk mensucikan Roma, memberikan kesehatan dan kesuburan.


Acara perayaan ini juga untuk menghormati Faunus, dewa bertanduk untuk hutan, dataran dan ladang.


Pada tahun 494 M, Paus Gelasius I, mengeluarkan pesan yang melarang umat Kristen ikut serta dalam perayaan itu.


Dengan larangan tersebut, maka jalan keluarnya adalah memajukannya satu hari dan menugaskan Valentine untuk melindungi orang-orang yang sedang jatuh cinta.


Simbol perwujudan cinta dilambangkan dengan Cupid. Cupid diidentikkan dengan dewa cinta, Cupid dikenal pula dengan nama Eros atau Amor.


Cupid atau Amor adalah dewa dalam mitologi Yunani. Eros digambarkan sebagai anak kecil bertubuh sintal dan bersayap putih, sambil memegang busur dan anak panah. Cupid siap menembakkan anak panah pada seseorang yang akan jatuh cinta.

https://cgtrend.blogspot.com/




Berbagai gambaran simbolis tersebut memiliki nilai yang tinggi dengan latar belakang filosofis yang sangat mendalam.


Dari latar belakang cerita ini dalam budaya pop, Cupid menjadi perlambang cinta romantis dan umumnya dipakai sebagai ikon untuk memaknai tiap-tiap hari cinta 14 Februari di perayaan Valentine.

Posting Komentar untuk "PERAYAAN HARI VALENTINE"