BACAAN NIAT PUASA SUNNAH BULAN DZULHIJJAH JELANG HARI RAYA IDUL ADHA 2022

Sambut Hari raya Idul Adha 2022 untuk 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah selain ucapan di cgtrend.blogspot.com - Jelang Hari raya Idul Adha 2022 yang jatuh pada tanggal 9 Juli 2022, tentu banyak persiapan yang mesti dilakukan mulai dari ucapan Idul Adha hingga melaksanakan amalan sunnah jelang hari idul Qurban atau lebaran haji di tahun 2022. Salah satu amalan sunnah jelang hari idul Adha adalah melaksanakan Puasa Sunah Bulan Dzulhijjah.


Baca: SELAMAT IDUL ADHA! INILAH SEJARAH QURBAN DI HARAI RAYA LEBARAN HAJI

Puasa Sunah Bulan Dzulhijjah merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam, dimana puasa sunnah yang dimaksud adalah puasa sunnah Tarwiyah dan puasa sunnah Arafah.


Puasa sunnah Tarwiyah dan puasa sunnah Arafah merupakan puasa yang dilaksanakan 8 dan 9 Bulan Dzulhijjah Jelang Adha 2022 yang jatuh pada tanggal 9 Juli 2022 untuk 10 Dzulhijjah 1443 H.


Apabila mengacu pada 10 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada tanggal 9 Juli 2022, maka 9 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada tanggal 8 Juli 2022 dan 8 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada tanggal 7 Juli 2022, artinya hanya tinggal 2 hari lagi kita mempersiapkan segala amalan jelang Hari raya Idul Adha tahun ini.


Dikarenakan amalan-amalan ini dilaksanakan setahun sekali pada Bulan Dzulhijjah. Jelang Idul Adha 2022, masihkah Anda hafal bacaan niat puasa untuk hari Tarwiyah dan hari Arafah jelang hari raya Qurban atau lebaran haji?

Baca: UCAPAN HAPPY EID AL ADHA - KATA-KATA SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA TERBARU


Apabila Anda lupa dengan tata cara atau bagaimana niatnya dalam cgtrending sambut bulan Dzulhijjah jelang hari raya IdulAdha 2022, berikut topic kata ucapan bacaan Idul Adha 1443 H dirangkum cgtrend.blogspot.com dari berbagai sumber bacaan niat puasa jelang hari raya Idul Adha 1443 H/ 2022 (Hari Tarwiyah & Hari Arafah):

https://cgtrend.blogspot.com/

NIAT

Untuk niat bacaan puasa sunnah Hari Tarwiyah jatuh pada tanggal 7 Juli 2022 atau 8 Dzulhijjah jelang Hari raya Idul Adha 2022 adalah.

Puasa Tarwiyah

نويت صوم التروية سنة لله تعالى


Bacaan latinnya: "Nawaitu shauma al tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala"


Artinya: "Saya niat berpuasa sunah Tarwiyah karena Allah ta’ala."


Untuk niat bacaan puasa sunnah Hari Arafah jatuh pada tanggal 8 Juli 2022 atau 9 Dzulhijjah jelang Hari raya Idul Adha 2022 adalah.

Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى


Bacaan latinnya: "Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘ala."


Artinya: “Aku berniat puasa sunah Arafah esok hari karena Allah SWT.”


Adapun tata cara niat-niat diatas dianjurkan untuk di ucap pada malam hari atau ketika makan sahur, kemudian dilanjutkan dengan berpuasa hingga waktu berbuka.


BACAAN BERBUKA

Saat Anda akan mengakhiri puasa Anda di bulan Dzulhijjah untuk untuk hari Tarwiyah dan hari Arafah jelang hari raya Qurban atau lebaran haji, Anda bisa menggunakan doa buka puasa berikut ini:


الَّلهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ


Bacaan latinnya: "Allahumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu."


Artinya: "Ya Allah, untuk Mu aku berpuasa dan dengan rizki Mu aku berbuka."





Adapun tata cara bacaan niat diatas dianjurkan untuk di ucap pada Saat Anda akan mengakhiri puasa Anda di bulan Dzulhijjah, kemudian dilanjutkan dengan menyantap makanan berbuka. Demikian tulisan panduan bacaan tentang cgtrend niat puasa Sunnah bulan Zulhijjah menjelang atau sambut Hari raya Idul Adha 2022 untuk 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah, akhir kata penulis cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat melaksanakan shalat Ied, Selamat berbagi dan berkurban dan Selamat merayakan Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 untuk hari raya 2022, 9 Juli.

Posting Komentar untuk "BACAAN NIAT PUASA SUNNAH BULAN DZULHIJJAH JELANG HARI RAYA IDUL ADHA 2022"