MARHABAN YA SYAHRU RABIUL AWAL, INILAH KEUTAMAAN DAN SEJARAH BULAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

CGTREND: Maulid Nabi Muhammad SAW adalah perayaan atau peringatan hari kelahiran Rasulullah Muhammad yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Hijriah dalam kalender Islam. Bulan Rabiul Awal merupakan bulan ke bulan ke-3 tahun Hijriah, dibeberapa negara yang berpenduduk Islam, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei darussalam, menyebutnya dengan berbagai nama seperti Bulan Maulid, Bulan Mulud, Bulan Maulidur rasul, dan Bulan Mawlid.


Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab memiliki arti hari lahir (sejarah hidup Rasul). Adapun Perayaan Maulid Nabi adalah tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.


Dalam catatan sejarah, Hari bulan Maulid Nabi Muhammad SAW Pertama kali dirayakan kaum Muslimin atas perintah Sultan Shalahuddin al-Ayyubi dari Dinasti Mamalik yang berkebangsaan Kurdi itu. Dengan tujuan dan maksud untuk mengobarkan semangat kaum Muslimin, agar menang dalam Perang Salib (crusade), maka ia memerintahkan membuat peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut, enam abad setelah Rasulullah wafat. Peristiwa Maulid dalam sejarah inilah kemudian hingga kini masih dirayakan dalam berbagai bentuk, walaupun Dinasti Sa'ud melarangnya di Saudi Arabia.


Meskipun sejarah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW di bulan dalam bahasa Arab Syahrul Rabiul Awal menyambut Maulid Nabi masih banyak terdapat perbedaan pendapat para ahli, ulama dan filosof Islam dalam merayakan peringatan hari Maulid Nabi Muhammad SAW hingga saat ini, namun bagi umat muslim yang meyakini diperbolehkannya memperingati bulan maulid Nabi 12 rabiul Awal tentu memiliki catatan tersendiri mengenai perayaan ini terutama dalam hal keutamaan, sejarah dan keistimewaan bulan maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2019/ 1441 Hijriah.


Berikut beberapa keutamaan bulan maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah/ 2019, sebagai ucapan selamat datang / ahlan wa sahlan / Marhaban Ya Sahru Rabiul Awal dari cgtrend.blogspot.com semoga kita dapat mengambil hikmah dalam segi positif.







KEUTAMAAN BULAN RABIUL AWAL MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang sangat dimuliakan kaum muslimin di seluruh dunia, salah satu keistimewaan bulan Rabiul Awal tersebut karena merupakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam pengertian singkat, Bulan RabiulAwal adalah bulan penuh berkah bulan dimana Rasulullah SAW dilahirkan.


Rasulullah SAW lahir pada Senin, 12 Rabiul awal di tahun gajah dan 17 di bulan yang sama merupakan hari ketika peristiwa Rasulullah hijrah dari Kota Mekkah menuju Kota Madinah dan pada 12 Rabiul Awwal pula wafatnya Rasulullah SAW. Dari cerita singkat ini, artinya banyak sekali kejadian bersejarah Islam yang terjadi pada bulan ini, oleh karenanya sangat penting bagi kita mengetahui keutamaan-keutamaan dan keistimewaan yang terdapat pada bulan ke-3 tahun Hijriah Rabiul Awal.


Adapun beberapa keistimewaan dan keutamaan tersebut yang cgtrend.blogspot.com rangkum dari berbagai sumber diantaranya:

1. BULAN ISTIMEWA DILAHIRKANNYA PEMIMPIN RAHMATAN LIL ALAMIN

Seorang pemimpin yang adil, bijaksana pembawa keselamatan Rahmatan lil’alamin atau rahmat bagi seluruh alam semesta dilahirkan pada bulan ini, beliau adalah baginda Nabi Muhammad SAW. Nabi SAW lahir pada Senin, 12 Rabiul awal di tahun gajah. Yang kini peringati sebagai Bulan Maulidur rasul atau hari Mawlid Nabi Muhammad SAW.


Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, yang artinya, “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk menjadi rahmat bagi alam semesta.” (QS. Al-Anbiya : 107)


2. BULAN LAHIR DAN WAFATNYA RASULULLAH SALLALLAHU 'ALAIHI WA SALLAM

Dua peritiwa sejarah besar dalam Islam tentang lahir dan wafatnya Rasulullah SAW terjadi pada bulan Rabiul Awal tepatnya pada tangga 12 Rabiul Awwal.


3. BULAN DISUNNAHKAN UNTUK MEMPERBANYAK SHALAWAT KEPADA NABI SAW


Di bulan Rabiul awal atau bulan maulud, para kaum muslim biasanya memperbanyak membaca shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW (Shallallahu ‘alaihi wa sallam). Hal ini bertujuan supaya kehidupan kita baik di dunia ataupun diakhirat mendapatkan syafa’at dan berkah dari Rasulullah SAW. Aamin


Sebagaimana dalam sebuah Hadits mengatakan, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya, “ Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR. Muslim, Abu daud, Tirmidzi dan Nasa’i)


4. BULAN UNTUK MENINGKATKAN RASA CINTA KITA KEPADA RASULULLAH SAW

Dibulan ini, menjadikan kita untuk meningkatkan keteguhan kita kepada Rasulullah SAW. Karena apabila kita menanamkan cinta kepada Nabi SAW maka kita akan menjalankan segala apa yang diperintahkan dan menjauhi segala yang dilarang. Menanamkan cinta kepada Nabi SAW haruslah melebihi cintanya kepada segala yang ia punya termasuk cinta kepada keluarganya sendiri.


Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam bersabda, yang artinya, “Tidak sempurna iman salah satu diantara kamu sehingga aku lebih dicintai olehnya dari pada anaknya, orang tua nya dan seluruh manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim)


MARHABAN YA SYAHRU RABIUL AWAL, INILAH KEUTAMAAN DAN SEJARAH BULAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW
Gambar kata-kata mutiara tema ucapan selamat maulid Nabi Muhammad SAW



HIKMAH MARHABAN YAA SYAHRUL RABIUL AWAL, INILAH KEUTAMAAN DAN SEJARAH BULAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Memperingati maulid Nabi Muhammad berarti kita menghormati dan mengagungkan namanya. Orang yang menanamkan cintanya pada Nabi SAW, dan kemudian menjalankan segala apa yang diperintahnya maka Rasul akan mengajak bersamanya berkumpul dengan orang-orang yang shaleh, beserta orang-orang yang mati syahid dijalan Allah serta orang-orang yang jujur.


Selain kita mendapat rahmatnya, kita pula dapat mempererat tali silaturahim kepada sesama umat muslim lainnya di Indonesi maupun dunia. Saling mengingatkan pada kebaikan dan sama-sama menginginkan akan indahnya surga bersama Rasulullah SAW.


Nabi Muhammad SAW diutus Allah SWT untuk memperbaiki akhlak masyarakat Jahiliyah dahulu. Mereka sesat karena menyembah benda-benda yang berwujud dan menganggap benda-benda tersebut sebagai Tuhan mereka. Maka Rasulullah SAW diutus untuk mengajak kita kepada kebenaran, kebaikan dan jalan yang lurus. Keimanan dengan memperkenalkan Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang harus disembah. Memohon pertolongan hanya kepadaNya dan bersandar atas hidupnya pada Allah SWT. Semoga kita semua merupakan bagian dari umat yang menerima syafaat Nabi Muhammad SAW, Aamiin.



Demikian Trending Topic keutamaan dan sejatah bulan Maulid nabi untuk mengucapkan Mahaban Ya Syahru Rabiul Awal, semoga bermanfaat! akhir kata cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati hari Maulid Nabi 2019 12 Rabiul Awal 1441 H

Posting Komentar untuk "MARHABAN YA SYAHRU RABIUL AWAL, INILAH KEUTAMAAN DAN SEJARAH BULAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW"