HARI AYAH

CGTREND: Hari Ayah adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ayah dalam keluarganya, baik untuk istri, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.


Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan berterimakasih kepada ayah atas tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memberi nafkah keluarga, melindungi anak, dan urusan kepemimpinan rumah tangga lainnya.


Di Indonesia hari ayah dirayakan pada tanggal 12 November dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.


Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara dunia lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men's Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November.




SEJARAH


Hari Ayah di Amerika Serikat dirayakan pertama kali pada tahun 1910, Sejarah ini bermula dari seorang anak perempuan bernama Sonora Smart Dodd  yang hanya tinggal bersama dengan Ayahnya yang membesarkannya sejak kecil dikarenakan ibunya yang telah meninggal dunia. Semenjak kecil, Smart Dodd bersama dengan kelima saudaranya dibesarkan seorang diri oleh sang Ayah.


Pada tahun 1908, sebuah gereja di Virginia Barat mensponsori acara pertama hari bangsa secara eksplisit untuk menghormati para ayah, khotbah hari Minggu untuk mengenang 362 orang yang telah tewas dalam ledakan Desember sebelumnya di tambang Fairmont Coal Company di Monongah, tetapi itu adalah peringatan hari ayah satu kali dan bukan hari libur nasional. Pada tahun 1924, seluruh negara bagian di Amerika Serikat menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur.[2] Pada tahun 1914, Presiden Calvin Coolidge mendesak pemerintah negara bagian untuk merayakan Hari Ayah meskipun belum ditetapkan sebagai hari libur nasional.



HARI AYAH BERBAGAI NEGARA

INDONESIA

Hari Ayah di Indonesia dirayakan secara nasional pada tanggal 12 November. Tanggal ini dideklarasi oleh PPIP (Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi) di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah. Selain di Solo, deklarasi serupa juga dihelat oleh PPIP di Maumere, Flores, NTT.


Hari ayah lahir dengan tujuan menghormati dan menghargai figur ayah yang sangat penting di dalam keluarga, dalam membentuk karakter hidup keluarga. Pasca deklarasi, PPIP mengirimkan piagam deklarasi hari ayah dan buku ‘Kenangan Buat Ayah’ kepada Presiden RI waktu itu Susilo Bambang Yudhoyono serta 4 bupati di penjuru Indonesia (Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote).

HARI AYAH
Gambar kata-kata bijak tema ucapan hari ayah 2019

MALAYSIA

Hari Ayah atau disebut lelaki yang bergelar bapa, papa, abah, baba, daddy telah berasimilasi dengan kultur Malaysia, dan dirayakan setiap hari Minggu ketiga bulan Juni. Di Malaysia, para bapa dianggap sebagai pahlawan atas anak-anak mereka.


Baca:


TANGGAL PERAYAAN DI BERBAGAI NEGARA

KALENDER MASEHI
Definisi Contoh Tanggal Negara
6 Januari
Serbia ("Paterice")*
23 Februari
Rusia (Defender of the Fatherland Day)*
19 Maret
Andorra (Dia del Pare), Bolivia, Honduras, Italia (Festa del Papà), Liechtenstein, Makau (Dia do Pai), Portugal (Dia do Pai), Spanyol (Día del Padre, Dia del Pare, Día do Pai)
8 Mei
Korea Selatan (Parents' Day)
Pekan ke tiga bulan Mei 19 Mei 2019 Tonga
Hari Kenaikan 13 Mei Jerman
Pekan Pertama bulan Juni 6 Juni Lithuania
5 Juni (Hari Konstitusi)
Denmark
Pekan ke dua bulan Juni 13 Juni Austria, Belgia
Pekan ke tiga bulan Juni 20 Juni 2019
19 Juni 2020
17 Juni 2021
Antigua dan Barbuda, Argentina, Bahama, Bangladesh, Barbados, Belize, Bulgaria, Kanada, Chili, Republik Rakyat Tiongkok**, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Siprus, Republik Czech, Ekuador, Ethiopia, Prancis, Ghana, Yunani, Guyana, Hong Kong, Hungaria, India, Irlandia, Jamaika, Jepang, Malaysia, Malta, Mauritius, Meksiko, Myanmar, Belanda, Pakistan, Panama, Paraguay, Peru, Filipina, Puerto Riko, Saint Vincent and the Grenadines, Singapura, Slowakia, Afrika Selatan, Sri Lanka, Switzerland, Trinidad dan Tobago, Turki, Ukraina, Britania Raya, Amerika Serikat, Venezuela, Zimbabwe
17 Juni
El Salvador, Guatemala
21 Juni
Mesir, Lebanon, Yordania, Suriah, Uganda
23 Juni
Nikaragua, Polandia
Pekan ke empat bulan Juni 30 Juni 2019 Haiti
Pekan ke dua bulan Juli 14 juli 2019 Uruguay
Pekan ke empat bulan Juli 28 juli 2019 Republik Dominika
Pekan ke dua bulan Agustus 11 Agustus 2019 Brasil, Samoa
8 Agustus
Taiwan
Pekan pertama bulan September 1 September 2019 Australia, Fiji, Selandia Baru, Papua Nugini
Kushe Aunshi – Bwaako Mukh Herne Din बुवाको मुख हेर्ने दिन (कुशे औंशी) 30 Agustus 2019 Nepal
Pekan pertama bulan Oktober 6 Oktober 2019 Luxembourg
12 November
Indonesia
Pekan ke dua bulan November 10 November 2019 Estonia, Finlandia, Islandia, Norwegia, Swedia
5 Desember
Thailand
26 Desember
Bulgaria
KALENDER ISLAM
13 Rajab 20 Maret 2019 Iran, Pakistan

Posting Komentar untuk "HARI AYAH"