HARI IBU 2019: MENGAPA DIRAYAKAN PADA TANGGAL YANG BERBEDA?

CGTREND: Peringatan Hari Ibu (PHI). Menurut sejarah, Awalnya hari libur Amerika, Hari Ibu telah menjadi sangat populer di berbagai negara di seluruh dunia.

Di banyak negara di dunia seperti Brasil, Venezuela, Vietnam, Uruguay, Bhutan, Kroasia, Kuba, Belgia dan Kanada, Hari Ibu dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei.

Sedangkan Indonesia merayakan Hari Ibu (dalam Bahasa Inggris: Mother's Day) pada 22 Desember yang ditetapkan sebagai perayaan Nasional artinya Minggu keempat di akhir tahun.

Hari Ibu adalah tanggal internasional yang menghormati ibu dan pengaruh ibu dalam masyarakat.

Gambar: Kata-kata mutiara untuk ucapan selamat hari ibu


Awalnya hari libur AS, Hari Ibu telah menjadi sangat populer di berbagai negara di seluruh dunia.

Banyak yang mengatakan keberhasilannya sebagian besar didorong secara komersial, dengan bisnis di seluruh dunia mengambil inspirasi dari Amerika Serikat, dan berkembang dengan penjualan ekstra bunga dan hadiah.

Tetapi mengapa itu dirayakan pada tanggal yang berbeda di berbagai negara?



INDONESIA

Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan sedunia karena ini dirayakan pada 22 Desember, yang juga termasuk hari ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Di Indonesia, perayaan pertama kali dimulai atau Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.


AMERIKA SERIKAT

Amerika Serikat merayakan Hari Ibu pada hari Minggu kedua bulan Mei.

Itu dimulai pada tahun 1908 ketika Anna Jarvis, pendiri liburan, mengadakan peringatan untuk ibunya di St Andrews Chruch di Virginia.

Ibu Jarvis selalu menyatakan keinginan untuk menetapkan tanggal seperti itu, dan setelah kematian ibunya, Jarvis memulai gerakan untuk memperingati.

Ini pertama kali dinyatakan sebagai hari libur oleh negara bagian Virginia Barat pada tahun 1910 dengan negara-negara lain segera menyusul.

Pada tahun 1914, Presiden Woodrow Wilson menandatangani undang-undang yang mengakui Hari Ibu Jarvis sebagai hari libur nasional.

Negara-negara lain, termasuk Brasil, Venezuela, Vietnam, Uruguay, Bhutan, Kroasia, Kuba, Belgia dan Kanada, juga merayakan pada hari kedua jika Mei.


KERAJAAN INGGRIS

Orang-orang di Inggris merayakan "Mothering Sunday" pada hari Minggu Prapaskah keempat, perayaan keagamaan dalam kalender Kristen yang dimulai pada Rabu Abu dan berakhir enam minggu kemudian pada Sabtu Suci.

Sejarawan percaya itu berevolusi dari praktik Kristen mengunjungi ibu pada abad ke-16 di masa Prapaskah.

Tanggalnya berubah setiap tahun karena dikaitkan dengan Paskah, dan Paskah bervariasi tergantung pada kalender lunar.

Di Inggris perayaan telah berkembang dan hari ini tidak begitu dekat dengan gereja dan itu telah menjadi, terutama, hari keluarga.


Jadi itulah tentang Hari ibu 2019: Mengapa dirayakan pada tanggal yang berbeda semoga bermanfaat.

Akhir kata crgtrend mengucapkan selamat hari ibu Internasional tahun 2019 untuk seluruh ibu-ibu sedunia khususnya emak / ibu/ mama / mami/ mertua dan seluruh wanita Nasional Indonesia!!

Posting Komentar untuk "HARI IBU 2019: MENGAPA DIRAYAKAN PADA TANGGAL YANG BERBEDA?"