WHATSAPP BISNIS: MEMBUAT DAN MENYIAPKAN AKUN BISNIS - PANDUAN WA

cgtrend.blogspot.com, Jakarta: WhatsApp telah mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan layanan bisnis (WhatsApp Bisnis) untuk membuat akun bisnis. Dengan akun ini, Anda, pemilik bisnis, dapat membuat halaman bisnis untuk bisnis Anda, menambahkan informasi tentang bisnis Anda termasuk jam aktivitas, alamat, dan kategori, pesan otomatis, dan analisis.


Sayangnya WhatsApp hanya meluncurkan aplikasi ini di beberapa negara, namun tampaknya aplikasi ini sekarang tersedia di banyak negara. Inilah sebabnya mengapa ctrend menyiapkan tulisan untuk membuat panduan WA bagi Anda bagaimana cara membuat akun bisnis melalui WhatsApp Business.


Begini, untuk dicatat bahwa ini bukan aplikasi dari WhatsApp (WA).



Jadi sudahkah Anda siap dengan panduan dibawah laman Trending Topic?




APA ITU WHATSAPP BISNIS?

Sebelum cgtrend bahas tentang cara membuat akun bisnis, penting untuk mengetahui seperti apa akun bisnis WhatsApp. Kalo sudah faham, nanti baru biasa putusin apakah Anda perlu mendownload dan menginstal aplikasi pada perangkat Anda.


Akun whatsApp bisnis adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu pemilik usaha kecil berkomunikasi dengan pelanggan mereka, merespons lebih cepat pesan, mendapatkan informasi analitis dan banyak lagi. Aplikasi ini sangat mirip dengan aplikasi biasa yang mungkin sudah diketahui.


Anda bahkan sudah dapat mendownload aplikasi untuk perangkat Android. Dalam penggunaan saat ini, Anda juga dapat menggunakan komputer Anda melalui WhatsApp Web juga.


FITUR WA (WHATSAPP) UNTUK BISNIS

Beberapa fitur-fitur yang ditawarkan WhatsApp Bisnis adalah:

1. Profil bisnis dengan informasi tentang bisnis, telepon, alamat, situs web, email dan lainnya.

Statistik mencakup berapa banyak pesan yang dikirim, berapa banyak pesan yang diterima dan berapa banyak pesan yang dibaca oleh pelanggan.

2. Pesan otomatis seperti pesan ucapan, pesan balasan otomatis.

3. Menandai pelanggan untuk mempermudah mengetahui apa itu pelanggan dan apakah itu hanya pelanggan yang berminat, dll.




TAHAP VERIFIKASI

Selain itu, ada 3 tingkat verifikasi akun bisnis:
  • Terverifikasi - WhatsApp memverifikasi bahwa merek tepercaya dan resmi adalah pemilik akun ini. Akun yang diverifikasi memiliki markup hijau di profil.
  • Disetujui - WhatsApp telah mengkonfirmasi bahwa nomor telepon akun tersebut kompatibel dengan nomor telepon bisnis. Akun yang disetujui memiliki markup abu-abu di profil.
  • Akun bisnis - WhatsApp tidak menyetujui atau memverifikasi akun, tetapi itu adalah akun bisnis. Akun bisnis memiliki tag tanda tanya abu-abu di profil.



Informasi ini dapat dilihat oleh pelanggan segera setelah ia memasuki akun bisnis merek atau bisnis.


PERSYARATAN PENDAFTARAN WA BISNIS

Untuk mendowload aplikasi WhatsApp Bisnis, Anda harus memastikan bahwa persyaratan sistem Anda memenuhi persyaratan aplikasi. Ini adalah persyaratan:


HP Android

  • Versi sistem operasi adalah 2.3.3 atau lebih baru.
  • Perangkat Anda mampu menerima panggilan telepon atau pesan SMS.
  • Persyaratan ini adalah persyaratan aplikasi standar, jadi jika Anda menginstal Android, tidak ada masalah menginstal aplikasi untuk bisnis.

WHATSAPP BISNIS: MEMBUAT DAN MENYIAPKAN AKUN BISNIS - PANDUAN WA


HP iOS

  • Versi sistem operasi adalah 8 atau lebih baru.
  • Perangkat Anda mampu menerima panggilan telepon atau pesan SMS.
  • Windows Phone
  • Versi sistem operasinya adalah 8.1 atau lebih baru.
  • Perangkat Anda mampu menerima panggilan telepon atau pesan SMS.



DOWNLOAD DAN INSTAL APLIKASI

Langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi ke perangkat seluler Anda. Tetapi sebelum Anda mengunduh aplikasi untuk bisnis, Anda perlu mengetahui beberapa hal:
  • Jika Anda memiliki akun WhatsApp standar, Anda dapat mentransfer semua riwayat panggilan / obrolan ke akun WhatsApp Business. cgtrend menyarankan Anda membuat cadangan.
  • Anda tidak akan dapat mentransfer riwayat panggilan / obrolan Anda kembali ke akun WhatsApp biasa setelah Anda memutuskan untuk berhenti menggunakan akun bisnis.
  • Kedua aplikasi (WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business) dapat digunakan pada ponsel yang sama asalkan mereka memiliki 2 nomor telepon berbeda. Anda tidak dapat menggunakan nomor telepon yang sama untuk keduanya.



Setelah Anda memutuskan untuk mengunduh, mendownload dan menginstal aplikasi, Anda harus melakukan hal berikut:


Download untuk perangkat hp Android dan iOS

  • Download aplikasi WhatsApp Bisnis melalui Google Play untuk perangkat Android atau melalui AppStore untuk hp iOS iPhone.
  • Verifikasi nomor telepon Anda yang ingin digunakan untuk berbicara dengan pelanggan.
  • Kembalikan riwayat panggilan jika diinginkan.
  • Menambahkan nama ke bisnis Anda (langkah ini, Anda tidak dapat mengubah nama bisnis Anda setelah mengaturnya).
  • Bangun halaman bisnis (langkah berikutnya).



SIAPKAN HALAMAN BISNIS ANDA

Sekarang bagian pengaturan halaman bisnis tetap ada.


Untuk memulai pengaturan halaman bisnis, Anda harus mengklik tombol menu (ikon 3 poin) di atas> kemudian klik Pengaturan> kemudian klik pada Pengaturan Bisnis> dan kemudian klik pada Profil.


Sekarang Anda berada di halaman bisnis Anda, di mana informasi bisnis Anda perlu diperbarui. Untuk mengedit, klik ikon pensil.
  • Gambar profil - Gambar harus dari bisnis Anda, logo direkomendasikan. Ukuran terkecil adalah 192 piksel kali 192 piksel.
  • Lokasi - di sini Anda harus menentukan alamat bisnis Anda, Anda juga dapat menggunakan peta yang ada.
  • Kategori - Pilih kategori yang tepat untuk bisnis Anda.
  • Deskripsi Bisnis - Ini adalah deskripsi bisnis Anda, disarankan untuk menentukan deskripsi yang ditemukan di situs Anda atau di halaman Facebook.
  • Jam kerja - Anda dapat memperbarui jam bisnis Anda.
  • E-mail - Email tempat pelanggan dapat menghubungi Anda, kami sarankan menggunakan email bisnis.
  • Situs web - Tambahkan situs web Anda di sini. Disarankan untuk menambahkan tautan ke jejaring sosial Anda seperti halaman Facebook Anda, halaman Instagram, dll.
  • Kemudian, periksa apakah semuanya normal dan benar. Kemudian klik tombol "Simpan".



SIAPKAN PESAN OTOMATIS

Menggunakan WhatsApp Business Anda dapat mengatur pesan otomatis untuk pelanggan Anda.


Untuk memulai pengaturan halaman bisnis, klik tombol menu (ikon 3) di bagian atas > lalu klik Pengaturan > lalu klik Pengaturan Bisnis > dan kemudian lanjutkan ke bagian "Alat Pesan". Di mana Anda dapat mengedit pesan-pesan ini.
  • Pesan Jauh - Pesan otomatis dapat diatur segera setelah Anda tidak tersedia atau di luar kantor. Anda juga dapat menjadwalkan pesan-pesan ini secara otomatis pada waktu-waktu tertentu, misalnya ketika bisnis Anda ditutup.
  • Pesan Ucapan - Anda dapat mengatur pemberitahuan untuk ditampilkan kepada pelanggan ketika mereka pertama kali menelepon atau setelah 14 hari tidak aktif.
  • Balasan Cepat - Anda dapat membuat pesan yang telah ditentukan sebelumnya dan membuat pintasan keyboard agar menghemat waktu untuk mengirim pesan.



APA ITU WHATSAPP API BISNIS?

API WhatsApp Bisnis adalah layanan yang memungkinkan antarmuka sistem eksternal ke akun WhatsApp bisnis Anda. Sistem ini dapat menawarkan solusi tambahan yang menjadikan penggunaan WhatsApp lebih efisien. Misalnya, akan memungkinkan untuk terhubung dari beberapa komputer pada nomor telepon yang sama tanpa menggunakan WhatsApp Web (di mana semuanya lebih terbatas).


Pada saat ini, layanan ini tidak tersedia di banyak lokasi di seluruh dunia, dan cgtrend akan membuat diposting jika terdapat perubahan.


BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN AKUN WHATSAPP BISNIS RESMI?

Akun Bisnis WhatsApp dapat didaftarkan sebagai akun bisnis resmi atau akun bisnis biasa. Akun bisnis resmi diberikan dalam beberapa kasus di mana WhatsApp mengakui bahwa ini adalah akun riil bisnis dan ada berbagai faktor.


Anda tidak dapat mengajukan permohonan untuk akun formal atau bahkan membayar untuk itu - itu tidak akan berhasil. Perubahan dibuat hanya sesuai dengan keputusan perusahaan.


KESIMPULAN WHATSAPP BISNIS: MEMBUAT DAN MENYIAPKAN AKUN BISNIS - PANDUAN WA ANDA

Itu saja pada Topic membuat dan mengatur akun WhatsApp bisnis. cgtrend sangat merekomendasikan menggunakan telepon khusus untuk bisnis dan tidak menggunakan telepon pribadi Anda - yang terbaik adalah menghindari pencampuran teman dan keluarga dengan pelanggan bisnis.


Langkah selanjutnya adalah berkorespondensi dengan pelanggan Anda, Anda juga dapat menandai mereka dan mendapatkan informasi statistik tentang mereka. Demikianlah panduan dengan topic WhatsApp (WA) di cgtrend.blogspot.com, semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "WHATSAPP BISNIS: MEMBUAT DAN MENYIAPKAN AKUN BISNIS - PANDUAN WA"