HARI HUTAN SEDUNIA 2022: TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

cgtrend.blogspot.com: Hari Hutan sedunia dirayakan atau diperingati di seluruh dunia setiap tahun jatuh pada pada tanggal 21 Maret dengan tujuan mengingatkan masyarakat akan pentingnya hutan dan banyak manfaat yang kita peroleh dari hutan tersebut. Perayaan ini merupakan acara tahunan yang diperingati setiap tahun secara Internasional terutama memaknai tiga aspek kunci dari kehutanan, perlindungan, produksi dan rekreasi. Kegiatan maupun event acara ini berasal dari cara yang terencana dengan baik untuk memberikan dukungan dalam berkontribusi terhadap kesadaran publik tentang pentingnya hutan dengan mempromosikan tema pilihan terbaik untuk kehidupan yang lebih baik dan masa depan bukan sekedar kata ataupun ucapan.


Hari Hutan Internasional atau Hari Kehutanan Dunia telah diperingati / dirayakan di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 21 Maret di tingkat internasional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai, signifikansi dan kontribusi hutan untuk menyeimbangkan siklus kehidupan di bumi.






https://cgtrend.blogspot.com/
Gambar: Logo Hari Hutan Sedunia


HARI HUTAN SEDUNIA 2022

Hari Hutan SeDunia 2022 dalam bahasa Inggris International Day of Forests akan dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 21 Maret, pada hari Senin.


SEJARAH HARI HUTAN SEDUNIA

Hari hutan seDunia didirikan pada tahun 1971 di Majelis Umum ke-23 Konfederasi Pertanian Eropa. Dan diputuskan untuk dirayakan sebagai perayaan acara tahunan pada tanggal 21 Maret oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB.


Hari Kehutanan Sedunia ditetapkan dalam Konferensi Negara-negara anggota Organisasi Pangan dan Pertanian dengan memberikan suara untuk menetapkannya. Acara ini berasal dari cara yang terencana dengan baik untuk memberikan dukungan dalam berkontribusi terhadap kesadaran publik Internasional tentang pentingnya hutan.


Hari Hutan Internasional pertama kali didirikan pada tahun 2012 pada tanggal 28 November untuk diperingati pada tanggal 21 Maret setiap tahun dengan keputusan Majelis Umum PBB dengan menyatukan dua peringatan internasional; Hari Kehutanan Dunia dan Hari Hutan.


Seperti cabang pertanian lainnya, kehutanan juga merupakan bidang penting yang membutuhkan perhatian publik. Sangat penting bagi masyarakat umum untuk memahami nilai hutan dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai sumber bahan baku, sumber pekerjaan lokal serta sumber pendapatan nasional.


Hutan memainkan peran besar dalam mengumpulkan dan melepaskan air di bumi dan menjaga keseimbangan habitat flora dan fauna. Hutan adalah keindahan alam di bumi yang sangat perlu untuk dilestarikan agar semuanya seimbang.


MENGAPA HARI HUTAN SEDUNIA DIPERINGATI

Hutan adalah bagian yang sangat penting dari kehidupan di Bumi. Alam, Bumi, Air termasuk Hutan selalu memenuhi tuntutan manusia dengan menyediakan bayangan, tempat tinggal, penyegaran termasuk udara bersih dan air. Di dunia modern yang berkembang populasi global meningkatkan permintaan produk hutan sehingga hutan berada pada risiko besar deforestasi dan degradasi.


Hutan berarti komunitas hidup kompleks dari pohon-pohon yang menyediakan rumah dan tempat berlindung bagi sejumlah besar hewan dan tanah di bawahnya mendiami beragam invertebrata, jamur dan bakteri yang memainkan peran penting dalam menyeimbangkan siklus nutrisi di tanah dan hutan.


Perayaan hari kehutanan sedunia memberikan peluang besar bagi semua orang untuk belajar lebih banyak tentang kontribusi mereka dalam menjaga kesejahteraan orang. Selama perayaan ini, orang-orang berbagi pandangan dan gagasan mereka dengan bekerja bersama untuk menggabungkan hutan ke dalam strategi perubahan iklim di masa depan.


Menurut sumber daya telah dicatat bahwa ada kerugian tahunan sekitar 13 juta hektar atau 32 juta hektar hutan oleh masyarakat. Hilangnya hutan meningkatkan hilangnya spesies hewan penghuni ke hutan juga erosi pencemaran air dll. Deforestasi menyeimbangkan keseimbangan iklim alami yang mengarah ke pemanasan global dengan meningkatkan CO2 dan menurunkan persentase O2 di seluruh dunia.


Hampir 30% dari total lahan di seluruh dunia ditempati oleh hutan yang mengandung lebih dari 60.000 spesies pohon yang pada akhirnya merupakan sumber makanan, bahan bakar, pakan ternak, minyak atsiri, resin, lateks, gusi, obat-obatan, serat, air, kayu untuk populasi sekitar 1,6 miliar orang termiskin di dunia.


BAGAIMANA HARI HUTAN SEDUNIA DISELENGGARAKAN

Hari kehutanan sedunia dirayakan setiap tahun dengan mengunjungi hutan setempat untuk mempelajari lebih lanjut tentang kontribusi hutan terhadap kesejahteraan manusia. Negara-negara yang kaya hutan (menempati hampir 2/3 dari total luas hutan) termasuk Indonesia, Kanada, Federasi Rusia, Brasil, Amerika Serikat, Australia, Peru, India dan Cina.


Hampir sepertiga dari semua hutan dianggap sebagai hutan primer di mana tidak ada aktivitas manusia yang terlihat dan proses ekologisnya seimbang. Sekitar enam juta hektar hutan hilang karena deforestasi setiap tahun.


Selama perayaan acara kampanye penanaman pohon didorong di antara orang-orang biasa melalui banyak kegiatan. Orang-orang adalah target utama kampanye ini untuk mengetahui tentang ketidakseimbangan serius produksi pangan dan ledakan populasi dari hari ke hari termasuk kontribusi hutan dalam kehidupan mereka. Mereka termotivasi menuju perkebunan di daerah terdekat serta menghentikan deforestasi.


TEMA HARI HUTAN SEDUNIA

Tema-tema peringatan hari hutan sedunia

TAHUN
TEMA
2015 Hutan Iklim Perubahan - tema umum
2016 Hutan dan air.
2017 Hutan & Energi.
2018 Hutan dan Kota Berkelanjutan.
2019 Hutan dan Pendidikan.
2020 Hutan dan Keanekaragaman Hayati (dalam Bahasa Inggris: Forests and Biodiversity)
2021 Restorasi hutan: Jalan menuju pemulihan dan kesejahteraan
2022 Forests and sustainable production and consumption - Hutan, Produksi, serta Konsumsi yang Berkelanjutan
2023


Baca:


UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI HUTAN SEDUNIA

Berikut merupakan contoh-contoh dari kumpulan ucapan selamat yang dapat digunakan untuk mengucapakan selamat hari hutan se dunia. Adapaun ucapan-ucapannya berupa kata bijak / mutiara sebagai berikut.


cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati hari kehutanan. Hari ini adalah hari untuk merayakan hutan sebagai keajaiban lingkungan. Perayaan ini juga merupakan hari untuk mengingat bahwa hutan bukan hanya tempat yang indah, tetapi juga penting untuk kelangsungan hidup kita di planet ini.


Selamat Memperingati Hari Kehutanan, Langit tanpa awan adalah padang rumput tanpa bunga, laut tanpa layar.


Selamat Memperingati Hari Hutan Internasional. Pengelolaan Hutan Berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri


Selamat Memperingati Hari Hutan Internasional 2022. Happy International Day of Forests 2022. Bijak dan bertindaklah untuk lestarikan Bumi, Lestarikan Alam, Lestarikan Hutan Dunia.


Selamat Memperingati Hari Kehutanan Dunia 21 Maret 2022. Tidak ada yang memiliki lebih banyak motivasi dengan tantangan besar daripada ahli rimba. Dia diabaikan ketika dia benar, tetapi dieksekusi ketika dia salah.


Selamat Memperingati Hari Hutan Internasional 21 Maret 2022. Diantara semua ilmu pengetahuan, tidak ada yang kurang maju selama seratus tahun terakhir daripada pendidikan yang diajarkan oleh hutan.


Selamat Hari Hutan Dunia 2022. Udara, Air juga Hutan adalah Tanda kuasa Tuhan yang dikaruniai melalui setiap jengkal tanah di dunia, membuka setiap gumpalan, dan menghancurkan keseluruhannya.


Selamat Hari Hutan Internasional dan Selamat Hari Air Sedunia 2022. Anda mungkin tidak tahu bahwa hari ini adalah Hari Hutan Internasional, hari untuk merayakan dan berjanji untuk melindungi hutan kita serta menjaga bumi ini demi kelangsungan hidup berkelanjutan.


Selamat Hari Hutan dan Kehutanan Sedunia 2022, Jadikan Matahari, Bumi dan Hutan tetap indah dengan menjaga alam bumi ini termasuk air, hutan serta seisi bumi.


Selamat Hari Hutan Dunia 2022 21 Maret, Pengetahuan butuh pendidikan untuk Aksi butuh Niat dan motivasi dari diri sendiri.


Selamat Hari Hutan Internasional. Hutan tidak hanya menyediakan habitat, mata pencaharian, dan udara bersih, hutan jiga penting untuk melawan perubahan iklim.



KESIMPULAN HARI HUTAN SEDUNIA 2022: TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

Mungkin hari hutan dunia belum begitu dikenal oleh banyak khalayak, melalui tulisan cgtrend.blogspot.com mengenai tanggal, sejarah, tema dan ucapan selamat memperingati hari kehutanan ini semoga memberikan sedikit ulasan juga wawasan dalam mempromosikan peringatan tersebut. Semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "HARI HUTAN SEDUNIA 2022: TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI"