RAMADHAN 2022/1443 H : APA ITU TUJUAN DARI PUASA

cgtrend.blogspot.com: Dalam Kalender Hijriyah 1443 sebentar lagi umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadhan, ini berarti puasa sebulan penuh yang wajib dilaksanakan oleh sebagian besar 1,4 miliar Muslim di dunia.


Puasa selama bulan suci adalah salah satu dari lima rukun Islam, ini juga mencakup pengertian doa dan amal didalamnya. Untuk berpuasa, umat Islam tidak makan, minum, merokok, dan melakukan aktivitas hubungan suami istri sejak subuh hingga matahari terbenam.


Umat ​​Islam mengikuti kalender Hijriah, yang berarti Penentuan Awal Ramadhan dengan cara melihat bulan berdasarkan Hisab dan rukyat setiap tahun.


Walaupun Puasa adalah bagian dari rukun Islam dan wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim namun puasa bukanlah syarat mutlak karena harus memenuhi syarat wajib puasa. Anak-anak umumnya tidak berpartisipasi sampai mereka mencapai pubertas, dan ada pengecualian untuk orang-orang yang tidak dapat berpuasa karena penyakit, usia atau kehamilan.


Ramadhan: Ketika puasa mencegah 'sakit secara emosional' dari kesehatan umat Muslim

https://cgtrend.blogspot.com/


Bagi umat Islam, masalah kesehatan bisa menghalangi puasa Ramadhan, sehingga kita akan sulit melaksanakan salah satu dari lima rukun Islam. Yang cgtrend maksud disini adalah bagi mereka yang menghadapi penyakit kronis selama bulan suci Islam.


Semua ini mungkin terdengar menyedihkan bagi non-Muslim, tetapi bagi umat Islam, Ramadhan adalah bulan penuh rahmat bertujuan untuk menumbuhkan spiritual hingga makan malam (berbuka dan sahur) bersama keluarga. Itu berakhir dengan festival tiga hari yang disebut atau diucapan Hari raya Idul Fitri.


Sebagai pembelajaran awal tentang tujuan puasa atau nuansa perubahan perilaku yang diadopsi Muslim selama bulan suci mari simak ulasan cgtrend.blogspot.com berikut:



Apa yang diperingati Ramadhan?

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al Qur'an diturunkan sebagai pedoman bagi umat manusia dan termasuk kriteria antara benar dan salah.


Apa tujuan spiritual dari tidak makan di siang hari?

Tujuan spiritual puasa adalah penyerahan, penyerahan kepada otoritas yang lebih tinggi, yang merupakan pencipta (Allah SWT).


Tidak makan itu penting karena, sebagai manusia, berapa kali kita mengarahkan tangan kita ke mulut? Banyak. Ini adalah tubuh fisik yang kita beri makan sepanjang hari, tetapi dengan tidak makan kita memperhatikan rasa lapar dan haus, dan itu membuat Anda sadar akan mereka yang tidak bisa berbuka puasa karena mereka lapar semua. Singkat nya, itu membuat kita sangat berterima kasih juga bersyukur atas apa yang kita miliki.


Kita bukanlah makhluk fisik secara eksklusif. Kita adalah makhluk spiritual yang bertempat di wadah fisik. Tubuh fisik memiliki nyawanya dan kita memiliki kewajiban untuk itu, tetapi itu akan ditinggalkan. Kita tidak bisa membiarkan tubuh fisik ini mendominasi narasi.



Apakah Yang Harus dilakukakn Saat puasa Ramadhan ketika tidak makan?

Cara terbaik yang bisa saya jelaskan Ramadhan adalah bertindak seolah-olah kita berdiri di depan Allah SWT 24 jam sehari. Bagaimana Anda akan bertindak? Anda berusaha menyempurnakan hubungan Anda dengan cara yang nyata dan praktis.
  • Jika kita tidak makan juga harus tidak berbicara tentang orang (ghibah);
  • Jika kita tidak makan juga harus tidak berbohong;
  • Jika kita tidak makan juga harus tidak memberitakan kebencian
Ini artinya bukan hanya tidak makan.


Mungkin Anda bisa bersembunyi mengambil makanan dan minuman untuk diri Anda dan terus memakannya. Justru ini memaknai bahwa Anda telah melewatkan inti dari berpuasa dibulan suci Ramadhan.


Karena dalam melaksanakan ibadah puasa bukan sekedar ucapam selamat melaksanakannya, tetapi satu-satunya hal yang penting adalah niat Anda, apa yang terjadi di hati Anda. Dan satu-satunya yang melihat itu adalah pencipta Anda (Allah SWT).

Baca: Bulan Puasa 2021-2022 | Bacaan Niat dan Berbuka Puasa Ramadhan 1443 Hijriyah

Ingat: "kita adalah makhluk spiritual yang bertempat di wadah fisik ... kita tidak bisa membiarkan tubuh fisik ini mendominasi narasi."

Saat bulan suci Ramadhan berarti ketika Al-Qur'an didahulukan dari semua kegiatan lainnya. Ini adalah waktu bagi seorang praktisi tidak harus ahli karena bisa siapa saja untuk memfokuskan sebanyak mungkin melalui kata-kata dan perbuatan pada komunikasi antara pencipta dan ciptaan. Ini adalah waktu untuk bersabar dan menghasilkan. Ini adalah kesempatan untuk berdiskusi selama sebulan dengan sang pencipta. Inilah hakikat dari puasa yang sebenarnya, sangat pribadi.


Bagaimana Bacaan Niat Untuk Berpuasa Yang Benar?

Untuk detail mengenai lafaz dari bacaan-bacaan bulan puasa, Anda dapat membaca: SAMBUT RAMADHAN 2022/1443 H : SAMPAIKAN KATA DAN UCAPAN UNTUK BERBUKA, SAHUR HINGGA BACAAN NIAT BERPUASA RAMADHAN YANG BENAR




Selain puasa, tradisi apa yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan?

Ada doa, tadarusan Al-Qur'an dan Shalat Tarawih berjemaah. Kita membaca seluruh Al-Quran dari depan ke belakang dalam pengaturan itu selama bulan ini.


Tentu ketika melaksanakan ibadah puasa akan banyak sekali godaan-godaan yang akan menghampiri entah itu melalui teman, rekan kerja maupun orang lingkungan sekitar. Memang akan berat dilalui bagi orang yang minim niat dan doa atau keikhlasan dalam melaksanakan kewajiba berpuasa ini. Namun akan mudah apabila niat Anda cukup kuat dan komitmen Anda cukup kuat, Anda melangkah melaluinya. Pada akhirnya ada hadiah dan hari perayaan nanti (Lebaran Idul Fitri).


Bagaimana non-Muslim bisa mempertimbangkan teman dan kolega Muslim mereka selama empat minggu Berpuasa?

Bagi orang non-Muslim yang sadar akan sangat membantu untuk tidak terlalu menekankan fakta bahwa orang Muslim sedang berpuasa. Lanjutkan seperti yang Anda lakukan. Kita di sini bukan untuk ditampung, kita di sini untuk mengakomodasi perintah Allah SWT atas kita (umat Islam), dan itu adalah untuk menanggung apa pun yang terjadi di sekitar kita. Kita tidak meminta siapa pun untuk berubah atas nama kiat. Jika Anda tahu seseorang sedang berpuasa, Anda tidak akan ingin melakukan hal-hal yang akan mengganggu mereka. Tetapi tanggung jawab ada pada orang percaya.


Jadi itulah topic ramadhan 2022 / 1443 H tentang Apa itu tujuan dari berpuasa di bulan suci sebagai referensi tulisan cgtrend.blogspot.com Wallahu A'lam Bishawab, Semoga Bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "RAMADHAN 2022/1443 H : APA ITU TUJUAN DARI PUASA"