TEMA, SLOGAN DAN GAMBAR LOGO HARI KELUARGA 2019 KE-26 NASIONAL

Berdasarkan pedoman pelaksanaan peringatan Hari Keluarga di 2019 adalah mengangkat tagline tema ’Hari Keluarga, Hari Kita Semua’ seperti dirilis situs resmi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) buat panduan serta dasar rujukan bagi seluruh panitia acara penyelenggaraan HARGANAS Tahun 2019.


Penetapan ucapan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang diperingati dimaksudkan sebagai upaya untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam tujuan menghadapi persoalan yang terjadi. Keluarga sebagai soko guru bangsa, keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak. Ini mencakup pengertian dari tema utama sesuai asal usul sejarah Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014, tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas) dalam Bahasa Inggris: National Family Day tahun 2019 lewat kata-kata penuh makna.

Memaknai tujuan peringatan Hari Keluarga Nasional ke 26 tahun 2019 adalah:
  1. Meningkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta, tentang pentingnya penerapan 8 fungsi keluarga (agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan  lingkungan)
  2. Pembentukan karakter sejak dini, untuk mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.
  3. Meningkatkan peran media massa dalam kampanye keluarga kecil, keluarga bahagia.
  4. Menerapkan konsep pendekatan keluarga berkumpul, berinteraksi, berdaya, serta peduli dan berbagi.

Dari makna dari tujuan-tujuan utama peringatan Hari keluarga mengingatkan kembali tentang pentingnya mencintai dalam keluarga dan perencanaan dalam membangun keluarga di dunia. Puncak peringatan Harganas 2019 sendiri akan diselenggarakan di Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada tanggal 6 Juli 2019.


Pada puncak peringatan ini BKKBN juga menyelenggarakan baksos yang secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan reproduksi serta meningkatkan jumlah peserta KB metode jangka panjang. Selain itu, dilakukan upaya meningkatkan koordinasi antara pengelola program KB dalam upaya meningkatkan pelayanan KB di Indonesia.



TEMA, SLOGAN DAN GAMBAR LOGO HARI KELUARGA NASIONAL KE-26 TAHUN 2019


1. Tema utama Hari Keluarga 2019 Ke-26 Nasional:

"Hari Keluarga, Hari Kita Semua"


2. Sub Tema :

  • Keluarga Berkumpul (meluangkan waktu tanpa disibukkan dengan gawai (gadget), televisi, atau alat elektronik lainnya),
  • Keluarga Berinteraksi (meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkrama, serta saling tukar pengalaman dengan komunikasi yang lebih berkualitas),
  • Keluarga Berdaya (keluarga mampu memanfaatkan potensi yang dimilikinya untuk membuat diri dan keluarganya tidak bergantung pada pihak lain) serta,
  • Keluarga Peduli dan Berbagi (keluarga yang mampu dan lebih beruntung mempunyai kepedulian dan keinginan untuk berbagi dan menolong orang lain).


3. Slogan Hari Keluarga 2019 Ke-26 Nasional

Untuk slogan dari HARGANAS ke-26 Tahun 2019 : "Cinta Keluarga Cinta Terencana"


4. Gambar Logo Hari Keluarga 2019 Ke-26 Nasional





Selain gambar penuh arti dari logo-logo Hari Gizi terdapat beberapa logo yang secara resmi bisa dikampanyekan untuk peringatan HGN ke-26 Tahun 2019 seperti contoh konsep pendekatan keluarga berkumpul, berinteraksi, berdaya, serta peduli dan berbagi sedunia.



LAGU TEMA PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL KE-26 TAHUN 2019


Contoh lagu tema kegiatan HARGANAS Tahun 2019 ke-26 yang cocok untuk kumpulan acara memperingati HUT Hari Keluarga adalah Mars Keluarga Berencana ciptaan Mochtar Embut. Kira-kira liriknya seperti ini:

LAGU KELUARGA BERENCANA (KB)

Keluarga berencana sudah waktunya
Janganlah diragukan lagi
Keluarga berencana besar maknanya
Untuk hari depan nan jaya
Putra-putri yang sehat cerdas dan kuat
'kan menjadi harapan Bangsa
Ayah ibu bahagia, Rukun raharja
Rumah tangga tentram sentosa 




Akhir kata cgtrend mengucapkan "Selamat Hari Keluarga Nasional" untuk Cinta Keluarga Cinta Terencana baik di Indonesia maupun sedunia!!

Posting Komentar untuk "TEMA, SLOGAN DAN GAMBAR LOGO HARI KELUARGA 2019 KE-26 NASIONAL"