HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2019 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan atau diperingati secara Internasional termasuk Indonesia setiap tahun jatuh pada pada tanggal 5 Juni bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah Lingkunagan di Bumi. Perayaan ini merupakan acara tahunan yang diperingati setiap tahun telah mulai dirayakan sebagai acara tahunan pada setiap tanggal 5 Juni sejak tahun 1973 dalam rangka meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya lingkungan yang sehat dan hijau dalam kehidupan manusia, untuk menyelesaikan masalah lingkungan dengan menerapkan beberapa tindakan lingkungan yang positif serta membuat masyarakat awam di seluruh dunia sadar bahwa setiap orang bertanggung jawab untuk menyelamatkan lingkungannya demi kehidupan yang lebih baik dan masa depan bukan sekedar kata ataupun ucapan.

Baca : KATA UCAPAN SELAMAT HARI LINGKUNGAN HIDUP TERBARU

Peringatan Hari lingkungan dunia pertama kali didirikan untuk dirayakan setiap tahun dengan menjalankan beberapa kampanye yang efektif oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) dalam konferensi tentang Lingkungan Manusia dimulai dari tanggal 5 hingga 16 Juni di PBB pada tahun 1972. Itu pertama kali dirayakan pada tahun 1973 dengan tema khusus "Only one Earth". Sejak 1974, kampanye perayaan hari lingkungan dunia diselenggarakan di berbagai kota di dunia.




HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2019

Hari lingkungan Sedunia juga dikenal sebagai Hari Lingkungan, atau Hari Ramah Lingkungan. Ini telah menjadi salah satu acara tahunan besar selama bertahun-tahun yang dirayakan di seluruh dunia oleh orang-orang yang bertujuan untuk melindungi Alam yang unik dan memelihara kehidupan pada setiap 5 Juni.

Hari lingkungan hidup dunia 2019 akan dirayakan oleh orang-orang di seluruh dunia pada tanggal 5 Juni, pada hari Rabu.


SEJARAH HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Hari Lingkungan Hidup Sedunia telah mulai dirayakan sebagai acara tahunan pada setiap tanggal 5 Juni sejak tahun 1973 dalam rangka meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya lingkungan yang sehat dan hijau dalam kehidupan manusia, untuk menyelesaikan masalah lingkungan dengan menerapkan beberapa tindakan lingkungan yang positif serta membuat masyarakat awam di seluruh dunia sadar bahwa setiap orang bertanggung jawab untuk menyelamatkan lingkungannya dan tidak hanya seseorang, pemerintah atau organisasi yang bekerja untuk itu.

Hari lingkungan dunia pertama kali didirikan untuk dirayakan setiap tahun dengan menjalankan beberapa kampanye yang efektif oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) dalam konferensi tentang Lingkungan Manusia dimulai dari tanggal 5 hingga 16 Juni di PBB pada tahun 1972. Itu pertama kali dirayakan pada tahun 1973 dengan tema khusus "Only one Earth". Sejak 1974, kampanye perayaan hari lingkungan dunia diselenggarakan di berbagai kota di dunia.

Ini adalah perayaan tahunan besar yang dimulai oleh Majelis Umum PBB untuk melibatkan jutaan orang dari berbagai negara di seluruh dunia serta menarik perhatian organisasi politik dan kesehatan untuk mengimplementasikan beberapa tindakan efektif.

MENGAPA HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA DIPERINGATI

Kampanye perayaan hari lingkungan hidup sedunia dimulai untuk mengatasi masalah lingkungan yang sangat besar seperti pemborosan dan kehilangan makanan, penggundulan hutan, peningkatan pemanasan global dan begitu banyak. Perayaan setiap tahun direncanakan sesuai dengan tema dan slogan khusus tahun ini untuk membawa efektivitas dalam kampanye di seluruh dunia.

Makna dari dirayakan peringatan hari lingkungan hidup sedunia sebagai upaya mendapatkan netralitas karbon, berfokus pada pengelolaan hutan, mengurangi efek rumah kaca, mempromosikan produksi bahan bakar nabati dengan menanam di lahan terdegradasi, menggunakan tenaga air untuk meningkatkan produksi listrik, mendorong masyarakat umum untuk menggunakan pemanas air tenaga surya, energi produksi melalui sumber tenaga surya, mengembangkan sistem drainase baru, mempromosikan terumbu karang dan restorasi mangrove untuk dicegah dari banjir dan erosi termasuk cara-cara pelestarian lingkungan lainnya. Beberapa tujuan kampanye hari lingkungan hidup dunia disebutkan di bawah ini:
  1. Dirayakan untuk menyadarkan masyarakat umum tentang masalah lingkungan.
  2. Dorong orang-orang biasa dari berbagai masyarakat dan komunitas untuk berpartisipasi aktif dalam perayaan tersebut serta menjadi agen aktif dalam mengembangkan langkah-langkah keamanan lingkungan.
  3. Biarkan mereka tahu bahwa masyarakat sangat penting untuk menghambat perubahan negatif terhadap masalah lingkungan.
  4. Dorong orang untuk membuat lingkungan sekitar mereka aman dan bersih untuk menikmati masa depan yang lebih aman, lebih bersih, dan lebih sejahtera.

HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2019 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI


BAGAIMANA LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA DISELENGGARAKAN

Sambut hari peringatan lingkungan hidup sedunia, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 Juni adalah hari merayakan lingkungan, untuk membantu membuat perbedaan bagi mereka yang peduli alam, baik bintang, bumi, air, pemansan global, dll dan hari untuk mempersiapkan masalah air di masa depan.

Program Lingkungan PBB (UNEP, atau Lingkungan PBB) setiap tahun menyelenggarakan acara untuk Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang mendorong kesadaran dan tindakan dunia untuk perlindungan lingkungan. Dirayakan pada tanggal 5 Juni di lebih dari 100 negara. Pada 2019, Cina akan menjadi tuan rumah perayaan Hari Lingkungan Sedunia global dengan tema, 'Polusi Udara'.

Beberapa contoh Acara kegiatan penyelenggaraan untuk memperingati atau merayakan sambut hari Lingkungan Hidup Sedunia. Mulai dari penetapan tema, logo, slogan hingga berbagai kegiatan direncanakan untuk merayakan acara hebat ini di berbagai negara untuk mendorong lebih banyak orang menuju perayaan tersebut. Berbagai saluran berita ambil bagian dengan sangat aktif dalam perayaan untuk meliput berita dan mendistribusikan pesan tentang perayaan di antara masyarakat umum melalui publikasi berita mereka untuk membawa perubahan yang efektif dan positif terhadap lingkungan untuk menyelesaikan semua masalah lingkungan. Beberapa kegiatan tingkat nasional dan internasional termasuk demonstrasi jalanan, penanaman pohon, daur ulang sampah, pembersihan daerah sekitar, parade dan begitu banyak kegiatan untuk menarik perhatian orang terhadap berbagai masalah lingkungan serta membawa perbedaan.

Orang-orang dari semua kelompok umur secara aktif terlibat selama perayaan untuk menyelamatkan planet mereka dalam bentuk asli seperti yang dikaruniai oleh alam. Terutama pemuda modern sangat mengambil bagian dalam perayaan melalui banyak kegiatan seperti kampanye pembersihan, pameran seni, memotivasi orang untuk penanaman pohon, kegiatan tari, sampah daur ulang, festival film, acara komunitas, penulisan esai, kompetisi poster, kampanye media sosial dan masih banyak lagi. Banyak kampanye penyadaran juga dijalankan di sekolah, perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya untuk memotivasi siswa menuju keselamatan lingkungan mereka. Perayaan ini berlangsung di tingkat nasional dan internasional dengan mengorganisir berbagai kegiatan di tempat-tempat umum untuk menyadarkan masyarakat umum tentang penyebab sebenarnya dari degradasi status lingkungan serta memberi tahu mereka langkah-langkah apa yang harus diambil untuk menyelesaikan masalah lingkungan tersebut.



TEMA HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Tema tahun 2019 adalah “Polusi Udara”.

Tema tahun 2018 adalah “Mengalahkan Polusi Plastik”.

Tema tahun 2017 adalah “Menghubungkan Orang dengan Alam”.

Tema tahun 2016 adalah “Toleransi nol untuk perdagangan ilegal satwa liar” (menyoroti perjuangan melawan perdagangan ilegal satwa liar).

Tema tahun 2015 adalah "Satu Dunia, Satu Lingkungan".

Tema tahun 2014 adalah "negara berkembang pulau kecil" atau "SIDS" dan "Angkat suara Anda, bukan permukaan laut".

Tema tahun 2013 adalah “Berpikir. Makan. Simpan. "Dan slogan adalah" Kurangi Jejak Makanan Anda ".

Tema tahun 2012 adalah "Ekonomi Hijau: Apakah itu termasuk Anda?".

Tema tahun 2011 adalah “Hutan: Alam siap melayani Anda”.

Tema tahun 2010 adalah “Banyak Spesies. Satu Planet. Satu Masa Depan”.

Tema tahun 2009 adalah “Planet Anda Membutuhkan Anda - Bersatu untuk Memerangi Perubahan Iklim”.

Tema dan slogan tahun 2008 adalah "CO2, Kick the Habit - Menuju Ekonomi Rendah Karbon".

Tema tahun 2007 adalah "Es yang Mencair - Topik Panas?".

Tema tahun 2006 adalah "Gurun Pasir dan Penggurunan" dan slogan adalah "Jangan Gurun Lahan Kering!"

Tema tahun 2005 adalah "Kota Hijau" dan slogan adalah "Rencana untuk Planet!".

Tema tahun 2004 adalah “Dicari! Lautan dan Lautan "dan slogan adalah" Mati atau Hidup? ".

Tema tahun 2003 adalah "Air" dan semboyan adalah "Dua Miliar Orang Mati untuknya!".

Tema tahun 2002 adalah "Beri Bumi Kesempatan".

Tema tahun 2001 adalah "Terhubung dengan World Wide Web of Life".

Tema tahun 2000 adalah "The Millennium Lingkungan" dan slogan adalah "Waktu untuk Bertindak".

Tema tahun 1999 adalah “Bumi Kita - Masa Depan Kita” dan slogannya adalah “Just Save It!”.

Tema tahun 1998 adalah "Untuk Kehidupan di Bumi dan slogan adalah" Selamatkan Laut Kita ".

Tema tahun 1997 adalah "Untuk Kehidupan di Bumi".

Tema tahun 1996 adalah “Bumi Kita, Habitat Kita, Rumah Kita”.

Tema tahun 1995 adalah "Kita Masyarakat: Bersatu untuk Lingkungan Global".

Tema tahun 1994 adalah "Satu Bumi Satu Keluarga".

Tema tahun 1993 adalah "Kemiskinan dan Lingkungan dan slogan adalah" Memecah Lingkaran Setan ".

Tema tahun 1992 adalah “Hanya Satu Bumi, Peduli, dan Bagikan”.

Tema tahun 1991 adalah “Perubahan Iklim. Kebutuhan akan Kemitraan Global ”.

Tema tahun 1990 adalah “Anak-anak dan Lingkungan”.

Tema tahun 1989 adalah “Pemanasan Global; Peringatan global".

Tema tahun 1988 adalah "Ketika Orang-Orang Mengedepankan Lingkungan, Pembangunan Akan Bertahan".

Tema tahun 1987 adalah "Lingkungan dan Tempat Tinggal: Lebih Dari Satu Atap".

Tema tahun 1986 adalah “Pohon untuk Perdamaian”.

Tema tahun 1985 adalah “Pemuda: Penduduk dan Lingkungan”.

Tema tahun 1984 adalah "Desertifikasi".

Tema tahun 1983 adalah “Mengelola dan Membuang Limbah Berbahaya: Hujan Asam dan Energi”.

Tema tahun 1982 adalah "Sepuluh Tahun Setelah Stockholm (Pembaruan Kepedulian Lingkungan)".

Tema tahun 1981 adalah “Air Tanah; Bahan Kimia Beracun dalam Rantai Makanan Manusia ”.

Tema tahun 1980 adalah “Tantangan Baru untuk Dekade Baru: Pembangunan tanpa Kehancuran”.

Tema tahun 1979 adalah "Hanya Satu Masa Depan untuk Anak-anak Kita dan slogan adalah" Pembangunan tanpa Kehancuran ".

Tema tahun 1978 adalah "Pembangunan tanpa Kehancuran".

Tema tahun 1977 adalah “Kepedulian Lingkungan Lapisan Ozon; Hilangnya Lahan dan Degradasi Tanah ”.

Tema tahun 1976 adalah "Air: Sumber Daya Vital untuk Kehidupan".

Tema tahun 1975 adalah "Pemukiman Manusia".

Tema tahun 1974 adalah "Hanya satu Bumi selama Ekspo '74".

Tema tahun 1973 adalah "Hanya satu Bumi".


KATA BIJAK TENTANG LINGKUNGAN

Beberapa kata-kata mutiara terkenal dikutip dari tokoh-tokoh dunia pada hari lingkungan simak contoh kumpulan dibawah:

"Lingkungan adalah segalanya yang bukan aku". - Albert Einstein

“Allah telah memelihara pohon-pohon ini, menyelamatkan mereka dari kekeringan, penyakit, longsoran salju, dan ribuan badai dan banjir. Tapi dia tidak bisa menyelamatkan mereka dari orang bodoh ”. - John Muir

“Alhamdulillah manusia tidak bisa terbang, dan memboroskan langit seperti halnya bumi”. - Henry David Thoreau

“Jangan pernah ragu bahwa sekelompok kecil warga negara yang penuh perhatian dan berkomitmen dapat mengubah dunia; memang, itu satu-satunya yang pernah ada ”. - Margaret Mead

"Kami tidak akan memiliki masyarakat jika kami merusak lingkungan". - Margaret Mead

"Mengerikan bahwa kita harus melawan pemerintah kita sendiri untuk menyelamatkan lingkungan". - Ansel Adams

“Saya pikir lingkungan harus dimasukkan ke dalam kategori keamanan nasional kita. Pertahanan sumber daya kita sama pentingnya dengan pertahanan di luar negeri. Kalau tidak, apa yang bisa dipertahankan ”? - Robert Redford

“Ikuti kursus di air dan udara yang bagus; dan di masa muda abadi Alam Anda dapat memperbarui diri Anda sendiri. Pergi dengan tenang, sendirian; tidak akan ada bahaya yang menimpa Anda ”. - John Muir

“Burung adalah indikator lingkungan. Jika mereka dalam masalah, kami tahu kami akan segera dalam masalah ". - Roger Tory Peterson

"Dengan mencemari air jernih dengan lendir Anda tidak akan pernah menemukan air minum yang baik". - Aeschylus

"Jika kita tidak mengizinkan bumi untuk menghasilkan keindahan dan kegembiraan, itu pada akhirnya juga tidak akan menghasilkan makanan," - Joseph Wood Krutch

"Mereka mengklaim ibu kita ini, Bumi, untuk penggunaan mereka sendiri, dan memagari tetangga mereka darinya, dan menodai dia dengan bangunan mereka dan sampah mereka". - Duduk Bull

"Konservasi adalah keadaan harmonis antara manusia dan tanah". - Aldo Leopold

“Bagaimanapun, keberlanjutan berarti menjalankan lingkungan global - Earth Inc. - seperti korporasi: dengan akun depresiasi, amortisasi, dan pemeliharaan. Dengan kata lain, menjaga seluruh aset, bukannya merusak modal alam Anda ”. - Maurice Strong

“Harmoni dengan tanah seperti harmoni dengan teman; Anda tidak bisa menghargai tangan kanannya dan memotong kirinya ”. - Aldo Leopold

“Kamu akan mati tetapi karbonnya tidak; karirnya tidak berakhir dengan Anda. Ini akan kembali ke tanah, dan di sana tanaman dapat mengambilnya kembali tepat waktu, mengirimkannya sekali lagi pada siklus kehidupan tanaman dan hewan ”. -Jacob Bronowski

“Orang menyalahkan lingkungan mereka. Hanya ada satu orang yang bisa disalahkan - dan hanya satu - diri mereka sendiri ”. - Robert Collier


"Saya dapat menemukan Tuhan di alam, di hewan, di burung dan lingkungan". - Pat Buckley

"Kita harus kembali ke alam dan dewa alam". - Luther Burbank

"Satu-satunya jalan ke depan, jika kita ingin meningkatkan kualitas lingkungan, adalah dengan melibatkan semua orang". - Richard Rogers

“Perjalanan dengan saya menuju komitmen sejati pada lingkungan kita. Perjalanan bersama saya ke ketenangan meninggalkan kepada anak-anak kita sebuah planet dalam keseimbangan ”. - Paul Tsongas

“Degradasi lingkungan, kelebihan populasi, pengungsi, narkotika, terorisme, gerakan kejahatan dunia, dan kejahatan terorganisir adalah masalah di seluruh dunia yang tidak berhenti di perbatasan negara”. - Warren Christopher

“Saya pikir pemerintah harus memposisikan ulang lingkungan di atas prioritas nasional dan internasional mereka”. - Brian Mulroney

“Kepedulian lingkungan kini tertanam kuat dalam kehidupan publik: dalam pendidikan, kedokteran dan hukum; dalam jurnalisme, sastra, dan seni ”. - Barry Commoner

"Hari Bumi 1970 adalah bukti yang tak terbantahkan bahwa rakyat Amerika memahami ancaman lingkungan dan menginginkan tindakan untuk menyelesaikannya". - Barry Commoner

“Pemerintah harus menetapkan tujuan untuk lingkungan yang bersih tetapi tidak mengamanatkan bagaimana tujuan itu harus dilaksanakan”. - Dixie Lee Ray

“Mengapa sepertinya satu-satunya cara untuk melindungi lingkungan adalah dengan peraturan pemerintah yang berat”? - Gale Norton

"Masalah lingkungan yang paling penting adalah yang jarang disebutkan, dan itu adalah kurangnya etika konservasi dalam budaya kita". - Gaylord Nelson

"Bumi menyediakan cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap orang, tetapi tidak semua keserakahan setiap manusia". - Mahatma Gandhi

“Apa yang kita lakukan pada hutan dunia hanyalah cerminan dari apa yang kita lakukan untuk diri kita sendiri dan satu sama lain”. - Mahatma Gandhi



UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahun untuk menekankan pentingnya partisipasi aktif kita dalam pelestarian lingkungan. Namun, memukul untuk pelestarian lingkungan bukan hanya urusan satu hari. Itu harus ditanamkan dan dipraktikkan setiap hari. Namun, satu hari ditetapkan setiap tahun sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia untuk menginspirasi orang dan pada saat yang sama mendidik mereka mengapa penting untuk melestarikan lingkungan kita. Hari itu dirayakan dengan menanam pohon, merencanakan program kesadaran, dll untuk menciptakan kebisingan tentang pelestarian lingkungan. Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan oleh beberapa orang dengan menanam pohon, memposting pesan, harapan dan kutipan di media sosial, dan menekankan pentingnya berpikir secara bijaksana tentang lingkungan kita.

Tema Hari Lingkungan Sedunia 2019: Polusi Udara
Setiap tahun, hari lingkungan hidup dirayakan di sekitar tema bermakna. Tahun ini, ia mengikuti tema 'Polusi Udara'. Polusi Udara yang kita hasilkan dengan tingkat yang mengkhawatirkan hanya menggali kuburan untuk kita dan untuk generasi mendatang. Hari lingkungan dunia ini, mari kita berjanji untuk menekan polusi yang masuk akal dan mengandalkan produk yang hanya dapat digunakan kembali sebanyak yang kita bisa.

Berikut adalah kutipan, pesan, ucapan selamat memperingati hari lingkungan hidup sedunia 2019 terbaik yang dapat Anda kirimi pesan ke teman dan keluarga Anda.

cgtrend.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati hari Lingkungan. Semua orang mesti ikut serta, Untuk menjadikan lingkungan dunia tempat yang lebih baik. Jangan mengacaukannya. Lingkungan yang baik sulit ditemukan.

Selamat Memperingati Hari Lingkungan. Air menghubungkan lingkungan hidup, ekosistem, hutan dan semua elemen alam baik di bumi juga langit karena alam ini karunia Tuhan yang mesti diletarikan.

Selamat Memperingati Hari Lingkungan Hidup 5 Juni. Ribuan orang hidup tanpa cinta, tidak ada yang tanpa air

Selamat Memperingati Hari Lingkungan Hidup 2019 5 Juni. Dengan ramah lingkungan, kita memberikan kehidupan untuk segalanya. Jadi letarikan Bumi, Lestarikan Alam, Lestarikan Hutan Dunia Lestarikan Air untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Selamat Menyambut Peringatan Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2019. Tidak ada yang memiliki lebih banyak motivasi dengan tantangan besar kecuali Anda ahli Lingkungan. Jangan abaikan ketika limbah mengotori, Jangan menutup mata ketika bumi dan air mulai berselimut polusi.

Selamat Memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional 2019 bagi warga seluruh dunia juga Idonesia. Jika Anda tidak ingin hidrasi mental maka pikirkan konservasi Alam.

Selamat Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019. Embun adalah Tanda kuasa Tuhan yang dikaruniai melalui setiap jengkal tanah di hutan juga dunia, membuka setiap gumpalan, dan menghancurkan keseluruhannya.

Selamat Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 5 Juni, Jadikan Matahari, Bumi Air, dan Cuaca tetap indah dengan menjaga alam bumi ini termasuk air, hutan serta seisi lingkungan bumi.

Selamat Hari Air Internasional dan Selamat Hari Lingkungan Hidup 2019. Hiduplah dengan sehat dengan menghargai hidup sesama termasuk ekosistem bumi ini.

Selamat Hari Lingkungan Hidup dan Selamat Hari Hutan Sedunia 2019. Setetes air bernilai lebih dari sekarung emas untuk orang yang haus

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni. Jutaan orang kita meninggal setiap tahun karena penyakit yang ditularkan melalui udara. Jadi jangan cemari dia dengan polusimu.

Selamat Memperingati Hari Lingkungan Hidup dan Selamat Hari Hutan Internasional 2019. Jagalah agar dunia Anda tetap bersih dan hijau. Rawat pohon, Selamatkan lingkungan !! Kota bersih, Indonesia hijau !!



KESIMPULAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2019 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI

Mungkin hari Lingkungan Hidup sedunia belum begitu dikenal oleh banyak khalayak, melalui tulisan mengenai tanggal, sejarah, tema dan ucapan selamat memperingati hari lingkungan hidup ini semoga memberikan sedikit ulasan juga wawasan dalam mempromosikan peringatan tersebut. Semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2019 : TANGGAL, SEJARAH, TEMA, UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI"