NIAT PUASA SUNNAH HARI ASYURA DAN TASU'A BULAN MUHARRAM

CGTREND: Tanggal dan niat puasa sunnah hari Asyura dan Tasyu'a bulan Muharram 2022/ 1444H. Apabila Kamu bertanya "bagaimanakah bacaan niat puasa di bulan Muharram?" berikut lafaz niat puasa di bulan Muharram dalam arti niat puasa sunnah hari Asyura dan Tasyu'a adalah jatuh pada setiap 9 dan 10 Muharram dimana topic ini sebagai panduan referensi buat sahabat umat Islam Indonesia. Untuk diketahui bahwa bulan pertama tahun baru Hijriah adalah bulan Muharram dari dua belas bulan kalender Islam.


Selain menyambut malam pergantian tahun, terdapat satu amalan yang sangat dianjurkan bagi kita melaksanakannnya pada bulan Muharram. Amalan ini disebut Puasa Hari Asyura. di Tahun ini Sunat itu insyaAllah jatuh pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 Masehi. Diriwayatkan daripada Ibnu Abbas r.a katanya: Rasulullah SAW. bersabda, artinya:

Berpuasalah kamu pada hari `Asyura’ dan buatlah perbedaan padanya (dari) orang Yahudi (dengan) berpuasa sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya.



TANGGAL DAN NIAT PUASA SUNNAH HARI ASYURA DAN TASYUA BULAN MUHARRAM

Berikut adalah tangal puasa sunnah bulan Muharram pada hari Tasu’a dan Hari Asyura tahun 2022-2023 bersamaan dengan tahun 1444 Hijriah.


Diantara kelebihan, keistimewaan dan keutamaan berpuasa sunnah Hari Asyura seperti diriwayatkan oleh Qatadah yang artinya:
Dari Abu Qatadah -radhiyallahu ‘anhu-, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari ‘Asyura. Beliau menjawab, “(Puasa tersebut) Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu”. (HR. Muslim)



Senin : 8 Agustus 2022

    Puasa Sunnah 9 Muharam (Tasu’a)


Selasa : 9 Agustus 2022

    Puasa Sunnah 10 Muharam (Asyura)


Rabu : 10 Agustus 2022

    Puasa Sunnah 11 Muharam


Niat Puasa Sunnah Hari Asyura / Tasu’a Bulan Muharram

Berikut adalah niat puasa Sunnah Hari Tasu’a dan Hari Asyura dalam bulan Muharram.

1. Niat puasa Hari Kesembilan Muharam (Hari Tasu’a)

https://cgtrend.blogspot.com/


2. Niat puasa Hari Kesepuluh Muharam (Hari Asyura)

https://cgtrend.blogspot.com/




Baca:


Puasa Sunnah 9 Muharram

Para ahli alim ulama (dalam Al-Majmu’ Syahr Muhadzab, 6/383)menyebutkan bahawa hikmah disunatkan berpuasa pada hari Tasu`a’ (sembilan Muharram) itu adalah bertujuan untuk :
  • tujuan pertama: menyelisihi orang yang yahudi, yang hanya melaksanakan puasa di tanggal 10 saja. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma.
  • tujuan kedua: untuk mengiringi puasa hari asyura dengan puasa di hari sebelumnya. Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang puasa di hari jumat saja.
  • tujuan ketiga: Sebagai sikap kehati-hatian dalam menentukan kapan puasa asyura, karena ketidak jelasan munculnya hilal dan kemungkinan adanya kesalahan dalam penentuan hilal Muharam. Sehingga bisa jadi tanggal 9 dalam perhitungan manusia, sejatinya merupakan tanggal 10 Muharam yang sebenarnya.



Selamat berpuasa Sunnah Hari Asyura dan Hari Tasu’a di Bulan Muharram 1444 H. cgtrend.blogspot.com mengucapkan doa serta harapan Semoga amalan kita diterima oleh Allah SWT. semoga semoga topic Niat Puasa Sunnah Hari Asyura Dan Tasu’a bermanfaat buat kita semua.

Posting Komentar untuk "NIAT PUASA SUNNAH HARI ASYURA DAN TASU'A BULAN MUHARRAM"