LUPUS: YUK KENALI PENYAKIT AUTOIMUN YANG MELEMAHKAN INI

CGTREND: LUPUS. Lupus adalah penyakit autoimun sistemik di mana sistem kekebalan tubuh mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Lupus mempengaruhi hampir setiap sistem dalam tubuh, dari sistem pencernaan hingga kulit. Penyakit ini memiliki prognosis yang tidak dapat diprediksi, sering kali mengalami remisi untuk periode waktu yang lama dan mengalami flare-up acak untuk periode waktu yang tidak ditentukan.


Para ahli kesehatan berpendapat, bahwa pengertian lupus adalah kelaian yang kronik pada imunitas tubuh. Kekebalan tubuh pada manusia berfungsi untuk menyerang benda asing, bakteri/ kuman, virus penyebab penyakit. Umumnya penderita lupus sistem kekebalan tubuhnya ( imun ) mengalami kelainan. Tubuh tidak bisa membedakan benda asing yang harus dimusnahkan dengan jaringan tubuh yang bermanfaat untuk hidup. Akibatnya terjadi kerusakan organ tubuh (paru-paru, darah, kulit, ginjal, otak, jantung, dll). Kerusakan organ vital pada penderita Lupus disebut Odapus semakin lemah dan sakit. 




PENYEBAB

Apa Penyebab Lupus?
Sementara penelitian terbaru menunjukkan lupus mungkin genetik, penyebab pastinya masih belum diketahui. Faktor lingkungan seperti sinar matahari dapat memperburuk kondisi tersebut, serta obat-obatan tertentu.




JENIS-JENIS

Ada lima jenis utama lupus:

Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

SLE adalah jenis lupus yang paling umum. Gejala biasanya muncul antara usia 15 dan 45 dan mempengaruhi hampir setiap sistem dalam tubuh.

Dicoid Lupus

Dicoid Lupus terutama mempengaruhi kulit. Jenis lupus ini menghasilkan ruam luas di wajah, leher, dan telinga.

Drug Induced Lupus

Penyakit Lupus ini dipicu karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Cutaneous lupus erythematosus

Cutaneous lupus erythematosus disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Jenis lupus ini menghasilkan luka terbuka pada kulit.

Lupus neonatal

Lupus neonatal hadir saat lahir. Gejala utama dari jenis lupus ini adalah ruam yang menyebar luas pada kulit bayi.



LUPUS: YUK KENALI PENYAKIT AUTOIMUN YANG MELEMAHKAN INI



GEJALA

Gejala gejala Lupus diantaranya:
  • KelelahanRuam dan Iritasi Kulit
  • Ruam Berbentuk Kupu-kupu di Wajah
  • Demam
  • Nyeri sendi
  • Sakit dada
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Hilang ingatan
  • Kebingungan
  • Mata kering
  • Masalah kemih
  • Sakit perut





CARA MENGETAHUI GEJALA PENYAKIT LUPUS

Karena gejalanya yang luas, bisa sangat sulit untuk mendiagnosis lupus. Kondisi ini sering salah didiagnosis sebagai kondisi lain yang menunjukkan gejala yang sama. Pengujian awal untuk lupus meliputi panel darah ginjal dan hati untuk menilai fungsi organ dan tingkat sedimentasi eritrosit. Tingkat ini akan berada di luar kisaran normal pada pasien lupus. Pencitraan diagnostik, seperti rontgen dada dan ekokardiogram dapat memeriksa peradangan paru-paru dan masalah katup jantung.



CARA MENGOBATI PENYAKIT LUPUS

Meskipun tidak ada obat untuk penyakit lupus, gangguan kondisi ini dapat dikelola dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup. Menghindari narkoba dan alkohol dapat membantu pasien menghindari flare-up. Jika tidak diobati, penyakit lupus dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa termasuk gagal ginjal, penyakit kardiovaskular, radang paru-paru atau stroke.


Oleh sebab itu sangat penting bagi kita terutama wanita dalam usia produktif untuk mengenali lebih dalam informasi penyakit Autoimun yang dapat melemahkan tubuh dalam hal ini dari jenis penyakit Lupus dari para pakar kesehatan Anda, sebagai langkah pencegahan sebelum penyakit datang. Ingat Menjaga lebih baik daripada mengobati, demikian cgtrend.blogspot.com tentang Topic Autoimun untuk gangguan Lupus semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "LUPUS: YUK KENALI PENYAKIT AUTOIMUN YANG MELEMAHKAN INI"