TEMA HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA FOKUS PADA PROMOSI KESEHATAN MENTAL UNTUK PENCEGAHAN BUNUH DIRI

CGTREND: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober adalah hari untuk pendidikan kesehatan mental global, kesadaran dan advokasi terhadap stigma sosial. Dalam catatan sejarah Internasional, Peringatan ini pertama kali dirayakan pada tahun 1992 atas prakarsa Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental, sebuah organisasi kesehatan mental global dengan anggota dan kontak di lebih dari 150 negara.


Menurut catatan sejarah Internasional, sejak 1992, Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental telah menetapkan Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pada 10 Oktober, dengan tujuan "untuk meningkatkan kesadaran global akan masalah kesehatan mental dan untuk merangsang advokasi". Tahun ini temanya adalah Pencegahan Bunuh Diri ( Suicide Prevention ).


Tema Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun 2019 10 Oktober sangatlah penting bagi seluruh negara Internasional maupun Indonesia, sebagaimana data dari WHO mengatakan bahwa Setiap 40 detik dalam sehari-hari, seseorang kehilangan nyawanya karena bunuh diri. Permasalahan yang juga telah menjadi isu Nasional tentang skala bunuh diri di seluruh dunia termasuk Indonesia dan peran penting kita masing-masing terutama keluarga dengan cara terbaik untuk mencegahnya. Sebagaimana kutipan ( quote ) Presiden Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental dan Profesor di Departemen Kesehatan Mental Fakultas Kedokteran di Universitas Buenos Aires, Alberto Trimboli,
Bunuh diri adalah masalah kesehatan masyarakat global yang patut mendapat perhatian semua pelaku di bidang kesehatan mental, termasuk organisasi ilmiah dan profesional, organisasi untuk pengguna kesehatan mental dan mereka adalah keluarga, dan universitas (dunia pendidikan).


Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diselenggarakan oleh Federasi Dunia untuk Kesehatan Jiwa. Hari tahun ini didukung oleh WHO, Asosiasi Internasional untuk Pencegahan Bunuh Diri, dan United for Global Mental Health


Tujuan dari tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober tahun 2019 adalah untuk mendukung kesehatan jiwa juga meningkatkan kesehatan mental yang positif juga kesadaran akan masalah kesehatan mental sebagai pencegahan dan memobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan mental sehingga pelaku bunuh diri dapat berkurang diharapkan tidak ada.


TEMA HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA FOKUS PADA PROMOSI KESEHATAN MENTAL UNTUK PENCEGAHAN BUNUH DIRI
Gambar logo bertema Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia 2019 ( Dok. WFMH )



Baca:


BAGAIMANA CARA MEMPROMOSIKAN PENGETAHUAN KESEHATAN MENTAL UNTUK PENCEGAHAN BUNUH DIRI ?
Untuk mendukung serta langkah-langkah pencegahan bunuh diri, cgtrend.blogspot memiliki 10 cara untuk meningkatkan kesehatan mental yang positif sebagai pendidikan kesehatan mental global, dan kesadaran mengurangi tingkat stress, adapun cara-caranya:
  1. Bicaralah tentang perasaan Anda - Memberitahu seseorang bahwa Anda sedih dapat menghilangkan kesedihan itu dan berbagi suka cita akan menambah lebih banyak sukacita. Manusia sering mendambakan kedekatan dengan orang lain dan berbagi perasaan bisa membantu.
  2. Tetap aktif - Olahraga menjaga otak dan tubuh tetap sehat dan dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda. Penelitian tentang depresi dan kecemasan menunjukkan bahwa olahraga memiliki manfaat fisik dan psikologis.
  3. Makan dengan baik - apa yang kita makan memiliki dampak besar pada apa yang kita rasakan, baik secara mental maupun fisik. Otak Anda membutuhkan nutrisi untuk tetap sehat, jenis makanan tertentu mengandung komponen penting untuk kesehatan mental yang baik. Ingat apa yang baik untuk Anda secara fisik baik untuk Anda secara mental.
  4. Hindari alkohol - Alkohol adalah depresan, kita minum alkohol untuk mengubah suasana hati kita. Minum banyak dapat membahayakan otak dan menyebabkan depresi. Jangka pendek mungkin membuat Anda merasa lebih baik tetapi ketika minuman habis, Anda merasa lebih buruk dan lebih mungkin untuk mendapatkan tindakan bunuh diri. Itu menjadi lingkaran setan.
  5. Tetap berkomunikasi - Tidak ada yang lebih baik daripada mengejar ketinggalan dengan teman dan keluarga, cobalah untuk menginvestasikan waktu Anda pada orang yang Anda sayangi. Beri mereka panggilan atau obrolan dengan mereka secara online. Berkomunikasi lebih banyak, percakapan dapat menyelesaikan sebagian besar masalah.
  6. Dapatkan bantuan / saran - Meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan itu adalah cara untuk tetap kuat, membantu menciptakan budaya di mana meminta bantuan didorong. Selain keluarga dan teman, ada layanan lokal yang siap membantu Anda, ingat setiap orang membutuhkan sedikit bantuan dari waktu ke waktu.
  7. Luangkan waktu untuk Anda - Perubahan kecepatan baik untuk kesehatan mental Anda. Ini bisa sesederhana lima menit untuk diri sendiri di akhir pekan, atau hanya mencoba sesuatu yang baru. Hanya 4 menit  40 detik saja bisa menghilangkan stres Anda. Lingkungan baru dapat mengalihkan perhatian Anda dari seberapa buruk perasaan Anda dan membuat Anda fokus pada sesuatu yang lain. Memiliki sedikit waktu yang egois, Anda pantas mendapatkannya.
  8. Lakukan hal-hal yang Anda kuasai - Jika itu membuat Anda merasa bahagia dan Anda menikmati melakukannya, maka luangkan waktu untuk kegiatan ini bahkan jika itu hanya untuk meningkatkan harga diri Anda. Menikmati diri sendiri dapat membantu mengalahkan stres, memikirkan sesuatu yang Anda sukai sekarang atau yang Anda sukai di masa lalu
  9. Penerimaan diri - Bagi banyak orang penerimaan diri sulit didapat pada hari yang baik, tetapi ketika Anda mengalami hari yang buruk penerimaan diri Anda hancur, normal untuk merasa seperti ini. Belajarlah untuk menerima bahwa Anda unik, bekerja berdasarkan kekuatan Anda dan bersikap baik pada diri sendiri. Merasa baik tentang diri Anda akan meningkatkan kepercayaan diri Anda, bangga dengan siapa Anda.
  10. Peduli orang lain - Merawat orang lain adalah apa yang membuat hubungan lebih dekat.


Posting Komentar untuk "TEMA HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA FOKUS PADA PROMOSI KESEHATAN MENTAL UNTUK PENCEGAHAN BUNUH DIRI"