SELAMAT HARI BHAKTI ADHYAKSA (HBA) KE 60 DAN HUT IKATAN ADHYAKSA DHARMAKARINI KE 20 TAHUN 2020!

CGTREND - Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 60 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke 20 tahun 2020 merupakan perayaan ulang tahun untuk momentum bersejarah insan kejaksaan republik Indonesia, mari sampaikan ucapan dirgahayu dengan kata-kata selamat atas pengabdian insan dari lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara dalam bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang. Dalam bahasa Sansekerta arti dari Korps Adhyaksa adalah Ikatan Jaksa yang luhur.


Berlatar belakang sejarah Keputusan Kabinet Kerja I pada tanggal 22 Juli 1960 diperkuat dengan Keputusan Presiden No. 204 Tahun 1960 Tanggal 15 Agustus 1960 yang berlaku surut mulai 22 Juli 1960, maka pada tanggal 22 Juli setiap tahun diperingati sebagai hari Kejaksaan Nasional atau yang dikenal dengan Hari Bhakti Adhyaksa.


Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang ke 60 ( 22 Juli 1960 - 22 Juli 2020) dan Hari Ulang tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 20 ( 21 Juli 2000 - 22 Juli 2020 ), di tahun ini kejaksaan republik Indonesia mengangat tema “Terus Bergerak dan Berkarya”. Tema ini memiliki makna dan tujuan dengan pesan utama agar Korps Kejaksaan RI terus berkarya sebagai wujud pengabdian kepada Bangsa Indonesia.


Dalam menyemarakkan peringatan HBA ke 60 dan HUT IAD ke 20 dengan puncak acara kegiatan pada tanggal 22 Juli tahun 2020, seraingaian acara diselenggarakan oleh insan kejaksaan republik Indonesia di seluruh wilayah maupun daerah. Agenda kegiatan peringati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang ke 60 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 20 diantaranya Bhakti (Baca: bakti) sosial, Upacara Penghormatan dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan. harapan penulis cgtrend.blogspot.com semoga kegiatan acara ini bukan sekedar seremonial semata namun lebih kepada pesan kepada lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara dalam bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang ini untuk terus bergerak memulihkan Kepercayaan Masyarakat melalui Konsolidasi, Evaluasi, Intropeksi Diri, Optimalisasi dan Peningkatan Dedikasi menuju Indonesia Maju sebagai pengabdian buat negeri tercinta.


https://cgtrend.blogspot.com/


Bhakti Adhyaksa

Bhakti Adhyaksa merupakan hari lahirnya Kejaksaan RI dimana dalam pengabdian atau bakti Ikatan Jaksa di tahun 2020, 22 Juli telah memasuki usia ke 60 Tahun. Selama 60 tahun pengabdian pada Indonesia dalam melaksanakan kekuasaan negara dalam bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang bukanlah waktu yang singkat, apalagi lahirnya Kejaksaan RI telah mengalami perjalanan sejarah yang panjang. Oleh sebab itu, peringati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) tahun 2020 ini adalah waktu yang tepat bagi Korps Kejaksaan Republik Indonesia untuk Terus Bergerak dan Berkarya melalui Konsolidasi, Evaluasi, Intropeksi Diri, Optimalisasi dan Peningkatan Dedikasi menuju Indonesia Maju.


Adhyaksa Dharmakarini

Bhakti Adhyaksa merupakan hari lahirnya Dharma Wanita Kejaksaan Agung RI. Sejarah lahirnya IAD (Ikatan Adhyaksa Dharmakarini) berlatar belakang dari Rapat Kerja Kejaksaan tahu 2000, dimana ibu-ibu keluarga besar Kejaksaan Agung mengadakan acara Pertemuan Garis Konsultasi dengan para istri kepala kejaksaan tinggi seluruh Indonesia dengan agenda khusus yaitu membahas aspirasi dari daerah-daerah yang intinya mengharapkan adanya organisasi istri di lingkungan kejaksaan yang mandiri guna menunjang tugas suami maupun berperan serta dalam menyumbangkan pemikiran demi persatuan dan kesatuan serta kesejahteraan keluarga besar Adhyaksa.


Dari Pertemuan ini kemudia larih kesepakatan bersama dan secara aklamasi peserta yang hadir menyetujui gagasan untuk berdirinya Adhyaksa Dharmakarini. Pada tanggal 14 Juni 2000, Rapat Kerja Nasional (Rakernas)Adhyaksa Dharmakarini di selenggarakan dengan salah satu keputusannya adalan penetapan tanggal 21 Juli 2000 sebagai hari lahirnya Adhyaksa Dharmakarini.


21 DAN 22 JULI

Pada bulan Juli dapat dikatakan sebagai bulannya Kejaksaan. Dimana pada bulan ini tepatnya tanggal 21 Juli Kejaksaan Republik indonesia merayakan hari lahirnya Dharma Wanita Kejaksaan Agung RI dan sehari setalahnya pada tanggal 21 Juli Kejaksaan Republik indonesia merayakan hari lahirnya Dharma Kejaksaan Agung RI sabagai bhakti untuk negeri.




Hari ini, (22/07/2020) acara puncak Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 60 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke 20 tahun 2020 diselenggarakan, sebagai ucapan terimakasih atas pengabdian insan dari lembaga pemerintah ini, cgtrend.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 60 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke 20 tahun 2020, "Terus Bergerak Dan Berkarya Menuju Indonesia Maju" Dirgahayu Kejaksaan Indonesia!

Posting Komentar untuk "SELAMAT HARI BHAKTI ADHYAKSA (HBA) KE 60 DAN HUT IKATAN ADHYAKSA DHARMAKARINI KE 20 TAHUN 2020!"