Dirgahayu Korps Polisi Wanita Ke-74 Tahun

https://cgtrend.blogspot.com/
Korps Polisi Wanita atau disingkat (Polwan)


Cgtrend: Pembentukan Korps Polisi Wanita dirintis dan dipelopori oleh enam Wanita Indonesia dari Minang yang ikut serta dalam pendidikan kepolisian guna menangani masalah kejahatan yang melibatkan anak-anak dan wanita dengan alasan kurang pantas seorang laki-laki memeriksa atau menggeledah tersangka wanita yang bukan muhrimnya, dan di khawatirkan adanya perlakuan kurang terhormat terhadap tersangka wanita selama dalam tahanan. Untuk itu pada tahun 1948 Organisasi Wanita dan Wanita Islam mengajukan permohonan kepada Pemerintah dan Jawatan Kepolisian Negara untuk mengikut sertakan wanita dalam pendidikan kepolisian guna menangani masalah tersebut.


Terdapat enam orang wanita Indonesia yang ikut serta dalam pendidikan kepolisian pada saat itu. Mereka adalah Nelly Pauna Situmorang, Mariana Saanin Mufti, Jasmaniar Husein, Rosmalina Pramono, Dahniar Sukoco, dan Rosnalia Taher.


Keenam Wanita inilah kemudian dikenal sebagai perintis terbentuknya Polwan.


Sebagai realisasi pembentukan Polwan dikeluarkan Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian Nomor Pol.11/SK/MK/64 tanggal 14 Februari 1964, lahirlah Korps Khusus Polisi Wanita. Meskipun Polwan disyahkan pada tanggal 14 Februari 1964, tetapi Hari Polwan ditetapkan tanggal 1 September. Penetapan ini atas dasar latar belakang sejarah awal wanita Indonesia yang ikut serta dalam pendidikan Inspektur Polisi di Sekolah Polisi Negara Bukittinggi pada 1 September 1948.


Untuk mengingat keperintisan para Wanita Indonesia dalam pendidikan Inspektur Kepolisian, Cgtrend.blogspot.com mengucapkan Dirgahayu ke 74 tahun Korps Polisi Wanita.

Posting Komentar untuk "Dirgahayu Korps Polisi Wanita Ke-74 Tahun"